alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bawaslu: Tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet
3.22 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd20f9294786805578b4568/bawaslu-tak-ada-pelanggaran-pemilu-dalam-kasus-hoaks-ratna-sarumpaet

Bawaslu: Tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet

Bawaslu: Tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus penyebaran kabar bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet. Kabar bohong penganiayaan yang dialami Ratna Sarumpaet beberapa waktu lalu dilaporkan ke Bawaslu. Setelah mendengar keterangan ahli dan memeriksa barang bukti, Bawaslu memutuskan bahwa dalam kasus itu tak ada kaitannya dengan Pemilu atau Pilpres 2019.

Komisioner Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, ada tiga pelapor yang menyampaikan laporan soal kasus Ratna ke Bawaslu. Ada tiga nomor registrasi yang tercatat atas laporan ini yaitu 02, 03 dan 04.

"Karena laporannya sama, proses klarifikasinya kan dilakukan bersamaan. Keterangan dari ahli KPU juga kami menindaklanjuti tiga laporan itu. Itu sudah selesai kami periksa pelapornya. Kemudian KPU sudah selesai pemeriksaannya," jelasnya dihubungi wartawan pada Kamis (25/10).

Dalam proses klarifikasi tersebut, Bawaslu juga melibatkan kepolisian dan kejaksaan yang menjadi bagian sentra Gakkumdu.

"Statusnya hari ini sudah dikeluarkan. Jadi sebagaimana keterangan KPU juga bahwa itu kan tidak ada (unsur kampanye), itu bukan kampanye. Jadi memang setelah kami pelajari barang bukti yang disertakan, kemudian mempelajari isi laporan dari pelapor dan juga mendengarkan keterangan dari KPU, memang terbukti tidak ada pelanggaran Pemilu. Jadi peristiwa itu tidak ada kaitannya dengan pelanggaran Pemilu," paparnya.

"Artinya peristiwa perbuatan Ratna Sarumpaet itu kemudian juga konferensi pers yang dilakukan oleh tim kampanye 02 (Prabowo-Sandi) itu setelah kami pelajari juga mengaitkan dengan klarifikasi itu tidak ada, tidak ditemukan pelanggaran Pemilu," lanjut Ratna.

Pada Rabu (24/10) kemarin, tim Bawaslu mendatangi Polda Metro Jaya untuk mengklarifikasi Ratna atas persoalan ini. Namun Ratna batal diklarifikasi karena yang bersangkutan sakit. Ratna Dewi mengatakan walaupun terlapor batal diperiksa, pihaknya tetap bisa mengambil kesimpulan karena sejak awal pihaknya telah mempelajari laporannya.

"Sejak awal itu tidak ditemukan ini melanggar norma mana yang ada dalam UU Pemilu 2017. Kalau kita lihat Pasal 280 (UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu) itu kan jelas perbuatan apa saja yang tidak boleh dilakukan mulai dari ayat 1, 2, dan 3," jelasnya.

"Setelah kami cocokan dengan larangan-larangan kampanye itu, peristiwa yang dilaporkan itu tidak ada yang bisa dikaitkan terhadap Pasal 280 itu pelanggaran kampanye," lanjutnya.

Ratna Dewi mengatakan setelah batal mengklarifikasi Ratna Sarumpaet, pihaknya tak mencoba untuk mengklarifikasi ulang karena batas waktu proses penanganan laporan telah cukup 14 hari. Setelah mengeluarkan keputusan, kasus ini pun dianggap selesai.

"Setahu saya tidak ada (pemeriksaan Ratna Sarumpaet hari ini). Karena kan kemarin batas waktu. Hari ini kan genap 14 hari," pungkasnya.

Sumber Berita : merdeka.com
Halaman 1 dari 2
Bawaslu: Tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet
Bawaslu: Tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet
Bawaslu: Tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet
Bawaslu: Tak ada pelanggaran Pemilu dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet
nah trus poye si sarumpaet jdi dipenjara kan?!
Kalau ngerugiin yang satunya gak apa-apa koq.
masak ga ada,ya harus ada,kalo perlu diada2in
bawaslu emang ga ada gunanya... pelanggaran pemilu juga ga diapa2in...

apalagi yang 'gede' kayak gini...

emoticon-Big Grin
Banyak nastak bakal kecewa emoticon-Ngakak
nastak berduka salah satu nya atas ane yg bilang "harus diada adain" ngakak
licin emg

kasus aktivis 98 lewat
mahar lanyala lewat
kardus 1 T lewat
hoax sarumpaet lewat lg?

---

sakti bgt, siluman macan kampung emoticon-Big Grin

lah sarumpaet mah masuknya ranah hukum pidana penipuan emoticon-Big Grin
ngapah bawaslu latah komentar coba?????
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh re.cozy
Karena dari semula kasus hoax RS ini cuma punya 2 (dua) kemungkinan:
1. Goblog banget
2. Sekongkol jahat.

Sekarang kalau Bawaslu yang punya otoritas untuk menilai, bilang tidak ada pelanggaran, ya berarti tinggal tersisa kemungkinan 1.

payah emoticon-thumbdown:
sayang gorengannya pada ngak laku di bawaslu emoticon-Ngakak
baguslah..
biar urusan fokus di pidana saja
nastak gagal crot. emoticon-Kaskus Banget
Quote:


timses ebong timsesnya koruptor
Bawaslu ini kok isinya dagelan semua ya
Bikin makin semangat peserta pileg Pilpres melanggar aturan saja
Udah sih ... iyain aja
Masa Jokowi lawan kotak kosong ntar ...
Lebih ga lucu lagi ...

Dan akan sangat lucu negri ini kalau masih ada yang mau milih pasangan nomor 2 ...
Yg pasti karir politik sarumpaet udah tamat..
emoticon-Wakaka
Pensiunan di bayar di muka, apa gmn tuh..?
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di