alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia
4.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd1c4de96bde62f608b4567/mengenal-angin-muson-angin-yang-mempengaruhi-iklim-di-indonesia

Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia

Selamat malam agan-agan sekalian, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu..


Berhubung akhir-akhir ini langit sudah mulai sering mendung yang berarti mulai memasuki musim hujan, ane tiba -tiba teringat pelajaran geografi semasa SMP dulu emoticon-Betty (S) dan terinspirasi untuk buat thread tentang penyebab terjadinya musim hujan di Indonesia, langsung aja cekidot...


Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia



Tidak terasa tahun 2018 sudah hampir berakhir, kini kita sudah memasuki akhir dari bulan Oktober dimana beberapa daerah di Indonesia mulai memasuki awal musim hujan. Penyebab berubahnya iklim di Indonesia adalah adanya angin muson atau dalam bahasa inggrisnya Monsoon.


Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia


Sebelum kita membahas tentang angin muson kita harus tahu dulu apa itu angin dan bagaimana terjadinya angin. Mengapa angin berhembus kencang dan mengapa pula angin berhempus sepoi-sepoi dan membuat kita merasa nyaman?

 Pada dasarnya Angin adalah berupa udara yang bergerak. Lalu apa penyebab hingga udara bergerak? Udara bergerak karena adanya perbedaan tekanan dari tempat yang satu dengan tempat yang lain. Udara akan bergerak dari udara yang bertekanan tinggi ke tempat udara yang bertekanan rendah.

Lalu ada yang mengatakan bahwa udara bergerak karena adanya rotasi bumi, ya tentu saja karena rotasi bumi juga menjadi penyebab terjadinya perbedaan tekanan udara. Intinya rotasi bumi menyebabkan perbedaan suhu, suhu yang panas (siang) akan menyebabkan tekanan udara rendah, begitu juga sebaliknya. Perbedaan udara dalam skala besar yang sudah melibatkan antar benua dan samudra, yang juga disebabkan oleh perbedaan posisi bumi terhadap matahari.


Angin Muson Barat dan Timur
Yang disebut Angin muson adalah gerakan massa udara yang terjadi karena karena adanya perbedaan tekanan udara yang begitu besar yaitu antara daratan dan lautan, atau bisa dibilang antara benua dan samudra.Kita tahu bahwa Indonesia berada didaerah ekuator, yang diapit oleh benua Asia dan benua Australia, juga diapit oleh 2 samudra besar yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Perbedaan tekanan udara juga dipengaruhi oleh posisi Bumi terhadap matahari, Rotasi bumi dan pergerakan bumi mengelilingi matahari menyebabkan terjadinya perubahan posisi bumi terhadap matahari.
lalu apa hubungannya dengan Angin muson barat dan Timur? tentu saja ada. Perbedaan tekanan udara pada bulan-bulan tertentu membagi angin muson menjadi 2 yaitu angin Muson Barat dan Angin Muson Timur.


Angin Muson Barat bertiup pada  bulan Oktober sampai April ,yaitu pada saat posisi semu matahari di berada  belahan bumi selatan. Posisi inilah yang menyebabkan tekanan udara yang tinggi di Asia dan tekanan udara yang rendah di wilayah  Australia membuat angin bertiup dari benua Asia ke benua Australia. Pada perjalan dari Asia ke Australia Angin melewati samudra Hindia sehingga angin tersebut mengandung banyak uap air yang menyebabkan pada bulan Oktober sampai bulan Maret di Indonesia terjadi musim hujan.

Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia

Angin Muson Timur bertiup pada bulan April sampai Oktober, ketika letak semu matahari di sebelah belahan bumi utara, sehingga menyebabkan tekanan udara wilayah benua Asia menjadi rendah dan tekanan udara wilayah benua Australia menjadi tinggi, hal tersebut menyebabkan angin bertiup dari benua Australia ke Benua Asia. Karena angin tersebut harus melewati daerah gurun yang luas di Benua Australia sehingga Udara sidikit mengandung uap air dan bersifat kering. Hal tersebutlah yang menyebabkan di Indonesia pada bulan-bulan tersebut menjadi musim kemarau. Jika masih ingat maraknya berita tentang ombak besar yang terjadi di perairan selatan Indonesia pada bulan Juli lalu maka yang jadi penyebabnya adalah angin munson timur ini gan. emoticon-Takut (S) 

Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia


Itulah jenis-jenis dari angin muson, yakni angin muson barat dan juga angin muson timur. Hal inilah yang kemudian menjadi jawaban mengapa di Indonesia terjadi dua musim yang sangat beraturan kehadirannya, yakni musim penghujan dan juga musim kemarau. Ternyata kedua musim ini bisa terjadi karena andanya angin muson yang bergantian bertiupnya ini. Untuk lebih mudah mengingatnya, angin muson barat menyebabkan musim hujan dan angin muson timur menyebabkan musim kemarau, barat-hujan, timur-kemarau.


Nah itu dia gan sedikit penjelasan terkait angin muson, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Semoga selalu berhati-hati dan waspada, mengingat musim hujan dapat rawan terjadi bencana banjir maupun longsor, dan jangan terlalu sering mandi hujan gan emoticon-Ngakak (S), biar nggak gampang jatuh sakit.


Sumber: http://www.dearyoti.com/angin-muson-barat-dan-timur/ 


Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia

 

Diubah oleh zildz
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ini juga angin yg bisa bikin rumah tangga hancur Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia
Balasan post kitten.meow
Quote:


Biar jinak anginnya dikerokin dulu....

Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia
Tidak setujuemoticon-Cool
Angin yg bertiup dari Australia ke Asia juga melewati samudra. Mesti nya angin itu membawa air jg, sehingga kondisi sama saja, Muson barat maupun Muson timur sama2 musim penghujan dan kemarau.
ane pernah salah nih pas jawab ujian, terbalik ane bikinnya yg barat yg musim apa, yg timur yg musim apa emoticon-Mewek
Moonsoon inget
Bukan moonton emoticon-Blue Guy Bata (L)
Dulu waktu ane kecil pernah ngerasain siang-siang anginnya kenceng bener-bener kayak di pantai.
Udahg itu berulang-ulang nongolnya.
Padahal di jakarta itu.
Termasuk muson juga bukan ?
emoticon-Bingung
angin muson itu yg gagal muson lihat mantan nikahan bukan ?
Klo pattern angin musiman yg lebih jelas utk wilayah khatulistiwa bisa dilihat ITCZ nya gan. Inter Tropical Convergence Zone
kaya pelajaran dlu sekolah, utk siklus bulan2nya tu apa masih valid Gan.. semenjak pemanasan global musim2nya jadi nga terprediksi..
Balasan post shifting93
Quote:


emoticon-Cool apa betul ya gan, jaman now iklim udah berubah nonpredictable kata orang sono
oktober.. nopember.. desember ber ber ber siapin embeeeerr.... emoticon-Ngakak
Pelajaran jaman SD, ilustrasinya pun masih jadul buku SD emoticon-Ngakak
Kayaknya skrg udah musim hujan yach,,,
Perubahan musim bikin badan gak enak...

Mengenal Angin Muson, Angin Yang Mempengaruhi Iklim Di Indonesia

angin utaraaa emoticon-Kaskus Radio
Gpp bre, biar Indonesia adem terus, gk panas ky liat dia jalan ma nyang laen emoticon-Frown
Numpang medjenk di pejwan gan emoticon-Cool
Yang paling bahaya saat ini angin buatan sizonk...Gan emoticon-Shakehand2
Angin muson baunya kayak remasson
masuk angin gan

sekalian gemboked
Diubah oleh lol87
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di