alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Empat Tahun Jokowi-JK, Jumlah Perkara Hukum yang Ditangani Polri Menurun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd1a41f60e24b065c8b456a/empat-tahun-jokowi-jk-jumlah-perkara-hukum-yang-ditangani-polri-menurun

Empat Tahun Jokowi-JK, Jumlah Perkara Hukum yang Ditangani Polri Menurun

Empat Tahun Jokowi-JK, Jumlah Perkara Hukum yang Ditangani Polri Menurun

JPP JAKARTA - Kesiapsiagaan dan penindakan aparat Polri dalam menjaga keamanan masyarakat dalam empat tahun terakhir semakin meningkat. Ini terbukti dalam menurunnya perkara yang ditangani Koprs Bhayangkara sejak 2014 dari 367.874 menjadi 169.075 pada tahun 2017.

"Proses dari pada bagaimana tercipta rasa aman sampai hari ini adalah berdasarkan dari data yang ada bagaimana pemerintah memperhatikan keamanan masyarakat," ujar Wakil Kepala Polri Komjen Ari Dono Sukmanto.

Demikian disampaikan Ari Dono Sukmanto dalam acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 Edisi 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan tema "Peningkatan Stabilitas Politik dan Keamanan, Penegakan Hukum, dan Tata Kelola", bertempat di Auditorium Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Wakapolri menjelaskan, dukungan pemerintah kepada Polri untuk melayani masyarakat tergambar dalam jumlah personel yang memadai. Jumlah anggota polri pada tahun 2017 mencapai 443.193 atau dalam skala perbandingan 1:750 (1 anggota polisi menjaga 750 warga).

Menuruty Komjen Ari Dono, jumlah personel polisi tersebut tergelar di 34 Polda seluruh Tanah Air, 461 Polres, 4.872 Polsek, Polsektor/Pos Polisi sebanyak 791 yang melayani. Anggota yang ada di lapangan mencapai 44.024 personel.

"Memamg yang belum bisa kami penuhi adalah memenuhi 1 desa, 1 polisi. Namun demikian, dalam tiga tahun terakhir kami membentuk 3 Polda baru. Kemudian ada 2 Polres yang tadinya dipimpin seorang perwira Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) ditingkatkan menjadi Komisaris Besar. Ini sebagai upaya tercapai rasa aman dan tertib di masyarakat," jelas Ari Dono.

Meski demikian, menurut Wakapolri, dalam mengatasi kerbatasan jumlah personel, Polri melakukan berbagai inovasi pelayanan secara online seperti mengurus perkara di wilayah Polsek, proses tilang, SIM Online hingga pembayaran pajak di Samsat Online.  

Polri dalam empat tahun terakhir ini juga terus intens dalam mengamankan hasil pembangunan nasional dengan penindakan mafia pangan, membongkar jaringan penipuan valuta asing senilai US$1,2 miliar, cyber crime, dan  narkoba.

"Kami juga melakukan penanganan dan pengawasan pergerakan dampak pungli di pelabuhan khususnya distribusi barang lewat laut di Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Samarinda," ujar mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Turut hadir dalam FMB 9 kali ini sebagai narasumber antara lain Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menko Polhukam Wiranto, Menteri PANRB Syafruddin, Menhan Ryamizard Ryacudu, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, Menlu Retno Marsudi, Menteri LHK Siti Nurbaya, Jaksa Agung HM Prasetyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BNN Heru Winarko.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).(kwb/jpp)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hukum/32669...-polri-menurun

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Empat Tahun Jokowi-JK, Jumlah Perkara Hukum yang Ditangani Polri Menurun Empat Tahun Jokowi-JK, Layanan Kemenkumham Makin Digital

- Empat Tahun Jokowi-JK, Jumlah Perkara Hukum yang Ditangani Polri Menurun Empat Tahun Jokowi-JK, Kemampuan Pokok Minimum Alutsista TNI Meningkat

- Empat Tahun Jokowi-JK, Jumlah Perkara Hukum yang Ditangani Polri Menurun Empat Tahun JKW-JK: Reformasi Birokrasi Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Lebih Baik



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di