alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Beberapa Fakta Menarik yang Dimiliki Kota Lampung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd18c38de2cf2a2448b4567/beberapa-fakta-menarik-yang-dimiliki-kota-lampung

Beberapa Fakta Menarik yang Dimiliki Kota Lampung

Beberapa Fakta Menarik yang Dimiliki Kota Lampung


Beberapa Fakta Menarik yang Dimiliki Kota Lampung Lampung berada di pesisir Pulau Sumatra. Letaknya yang tak begitu jauh dari kota-kota yang ada di Pulau Jawa membuat Lampung bisa menjadi alternatif destinasi wisata saat liburan tiba. Banyak yang bisa dijelajahi saat berkunjung ke Lampung, salah satunya yaitu pantai. Karena terletak di ujung selatan Pulau Sumatra, tak heran jika Lampung memiliki pantai dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Pemandangan yang masih alami, membuat pantai-pantai yang ada di wilayah Lampung ramai dikunjungi wisatawan berbagai daerah. Sebelum berkunjung, ada baiknya simak Beberapa Fakta Menarik yang Dimiliki Kota Lampung ini antara lain :


1. Lampung merupakan provinsi multietnis dengan 3 besar suku mayoritas, yaitu suku Jawa, Lampung, dan Sunda, dimana Lampung merupakan suku asli di provinsi ini. Selanjutnya ada suku BaliMinangkabau, Sumatra Selatan, dan lain sebagainya.  

2. Dalam sejarah, wilayah Lampung juga pernah dijajah oleh Belanda. Kekayaan alam lada hitam yang dimiliki olehLampung ini menjadi incara koloni Belanda untuk menguasai wilayah ini. Pemuda-pemuda lampung turut serta untuk memerdekakan Provinsi Lampung ini.

3. Provinsi Lampung memiliki Pelabuhan utama bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung. Terdapat pula Bandar Udara Utama yang bernama Raden Intan II.

4. Masyarakat Adat Lampung memiliki Semboyan dalam bahasa Lampung yakni “Sai Bumi Ruwa Jurai” yang artinya satu bumi dua aliran adat budaya. Kata Sang Bumi berasal dari sanga bumi, artinya se-bumi. Sedangkan Ruwa Jurai, artinya dua aliran (kelompok) budaya yang berbeda, yaitu aliran (jurai) masyarakat adat sebatin dan pepadun.

5. Simbol Khas daerah Lampung yaitu SigerSiger biasanya digunakan sebagai mahkota pengantin Lampung, namun bisa juga dipakai untuk acara-acara sakral. Terdapat pula Menara Siger yang menjadi ikon Lampung dan juga menjadi titik nol Sumatra. (Sumber www.kilikili-adventure.com)

Klik Tautan Berikut untuk Artikel selengkapnya.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di