alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd18b3931e2e6d2518b4567/mengenal-gunpla--mainan-robot-yang-tidak-terikat-usia

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

Halo agan sista sekalian, semoga kabar kalian selalu baik ya
emoticon-Menang emoticon-Peluk


Kali ini mimin mau ngebahas mengenai hobi nih gan, salah satunya ya itu mainan. Tiap anak laki-laki, baik muda mau pun yang sudah berumur pasti masih menyukai mainan. Ya, meskipun ada juga perempuan, namun kebanyakan anak laki-laki masih menyukai mainan tanpa peduli umurnya. Salah satunya yaitu Gunpla atau "Gundam Plastic Model" yang memiliki banyak jenis dan model dan selalu menarik perhatian tiap kalangan yang melihatnya. Gunpla merupakan model kit plastik yang pada awalnya diadaptasi dari anime Jepang yang berjudul "Mobile Suit Gundam".

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

Mobile Suit Gundam (1979)


Mobile Suit Gundam  (MSG) merupakan anime yang bertemakan robot, teknologi, dan kehidupan di luar angkasa. Karakter robot yang paling terkenal pada seri ini yaitu RX 78-2 yang dipiloti oleh Amuro Ray, tokoh utama dalam anime ini, dan MS-06 Zaku II berwarna merah yang dipiloti oleh Char Aznable sebagai musuh dari RX 78-2. Anime ini ternyata laris keras gan setelah ditayangkan pertama kali pada tahun 1979. Lalu mulailah Bandai, selaku perusahaan produksi mainan dan hobi, menciptakan Gunpla.pertama pada tahun 1980

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

First Grade RX 78-2 (1980)


Anime Gundam sendiri memiliki banyak seri lho gan, mulai dari Mobile Suit Zeta Gundam sebagai seri setelah MSG, Mobile Suit V Gundam, Mobile Suit Wing Gundam yang merupakan salah satu seri Gundam paling popular. Masuk ke tahun 2000an, anime Gunpla sudah lebih bagus dari segi animasinya gan. Gambar yang lebih halus terlihat pada seri Mobile Suit Gundam Seed dan Seed Destiny yang keduanya merupakan seri yang berkelanjutan. Lalu lanjut pada seri Mobile Suit Gundam 00 yang juga tidak kalah populer pada dekadenya dan terus berlanjut hingga sekarang.

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

HG 1/144 Zaku II High Mobilty Type (Piloted by Ortega)


Untuk Gunpla sendiri memiliki banyak jenis yang dilihat dari ukuran dan kesulitannya lho gan. Hah? Sulit? Betul gan, Gunpla ini harus dirakit dulu hingga menjadi bentuk robotnya. Mulai dari High Grade (HG) dengan skala 1/144. Artinya skala ini merupakan perbandingan dari ukuran asli robotnya, kebayang kan sebesar apa ukuran aslinya emoticon-Big Grin . HG merupakan kelas yang tidak terlalu besar dan memiliki tingkat kesulitan yang masih mudah dirakit, serta memiliki detail yang tidak terlalu mirip dengan robot asli di animenya dan beberapa artikulasi yang masih terbatas. 

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

RG 1/144 Gundam Astray Red Frame


Masih pada skala 1/144 yaitu Real Grade (RG). Kelas ini sama ukurannya dengan HG, namun memiliki tingkat kerumitan yang jauh lebih sulit. Bayangin aja gan, untuk skala sebesar ini, memiliki jumlah parts yang sama banyaknya seperti MG, namun memiliki beberapa detail yang hampir sama dengan PG. Hmm itu apa sih MG sama PG? Tenang, bakal ane jelasin lagi setelah ini. 

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

MG 1/100 Gundam Deathscythe Hell Custom


Lalu pada kelas berikutnya yaitu Master Grade (MG) dengan skala 1/100. Dari namanya udah ketahuan ya gan kalo kelas ini memiliki ukuran yang lebih besar, dan tentunya memiliki tingkat kesulitan yang sedikit lebih rumit karena parts yang harus dirakit lebih banyak dan tingkat detailnya lebih baik dari HG, jadi jelas dong kalo artikulasi yang dimiliki juga lebih bagus, banyak bagian yang bias digerakkan. Oh iya, semakin besar kelas dan skalanya, semakin mahal juga tentu harganya gan emoticon-Big Grin

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

PG 1/60 Full Armor Unicorn Gundam (Destroy Mode)


Nah ini merupakan kelas yang paling keren menurun ane nih, yaitu Perfect Grade (PG) dengan skala 1/60. PG jelas merupakan kelas paling sempurna dari Gunpla. PG memiliki detail yang sempurna mulai dari warna, aksen, dan artikulasi yang sempurna dibandingkan HG dan MG. Kelas ini juga jauh lebi rumit ketika dirakit dibandingkan HG dan MG, karena partsnya yang jelas sangat banyak dan butuh waktu yang lebih lama untuk merakitnya. Tapi tenang gan, semua itu akan terbayar dengan hasil yang luar biasa ketika selesai dirakit, tentunya sangat puas ketika agan liatin berjam-jam sekali pun emoticon-Big Grin

Mengenal Gunpla, Mainan Robot Yang Tidak Terikat Usia

Mega Size 1/48 RX 78-2 & Zaku II


Sebenarnya ada size yang lebih besar lagi yaitu Mega Size. Untuk kelas ini memiliki tingkat kesulitan yang sama dengan HG, tapi kalo udah selesai dirakit, wah gede banget gan hasilnya kalo dilihat, bahkan sepertinya butuh tempat yang cukup juga kalo mau dipajang.

Nah itu lah sekilas tentang Gunpla. Robot memang tidak lekang oleh waktu gan, selalu menarik perhatian semua umur. Bahkan banyak orangtua yang masih suka mengumpulkan dan merakit Gunpla. Kayaknya emang ga bisa lepas dari urusan rakit dan oprek ya gan. Nah mungkin ada salah satu dari agan yang main Gunpla juga? Kalo Gunpla favorit agan apa nih, dan dari seri apa Gunpla kesukaan agan?

Diubah oleh honorindonesia
Wowowow
saya baru2 aja gan kenal gunpla ini , gara2 beliin anak gw yg masih kecil, trus gw rakitin...jadi penasaran , pdhl awalnya cmn iseng beliin yg grade SD doank..setelah selesai kok jd penasaran...akhirnya beli lagi via Online deh, lgs borong...wkwkwkwkwk


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di