alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Telusuri Keunikan yang Dimiliki Provinsi Lampung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd1886addd7708d538b4568/telusuri-keunikan-yang-dimiliki-provinsi-lampung

Telusuri Keunikan yang Dimiliki Provinsi Lampung

Telusuri Keunikan yang Dimiliki Provinsi Lampung Lampung merupakan salah satu Provinsi yang terdapat diPulau Sumatra, Indonesia. Provinsi Lampung terletak di paling ujung sebelah selatan Sumatra. Karena terletak di ujung pulau inilah, Lampung memiliki pantai-pantai yang cantik dan masih alami. Kota Lampung saat ini tengah berkembang diantara kota lain yang ada di Pulau Sumatra. Seperti yang sudah diketahui bahwa setiap wilayah memiliki sejarah dan keunikannya masing-masing, tak terkecuali Lampung. Untuk itu Telusuri Keunikan yang Dimiliki Provinsi Lampung sebelum kamu berkunjung ke wilayah ini :


1. Masyarakat Adat Lampung memiliki Semboyan dalam bahasa Lampung yakni “Sai Bumi Ruwa Jurai” yang artinya satu bumi dua aliran adat budaya. Kata Sang Bumi berasal dari sanga bumi, artinya se-bumi. Sedangkan Ruwa Jurai, artinya dua aliran (kelompok) budaya yang berbeda, yaitu aliran (jurai) masyarakat adat sebatin dan pepadun.

2. Simbol Khas daerah Lampung yaitu SigerSiger biasanya digunakan sebagai mahkota pengantin Lampung, namun bisa juga dipakai untuk acara-acara sakral. Terdapat pula Menara Siger yang menjadi ikon Lampung dan juga menjadi titik nol Sumatra.

3. Lampung juga memiliki kain tenun yang khas yakni Tapis Lampung. Tapis Lampung adalah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku Lampung. Motif kain Tapis Lampung ini juga bermacam-macam dan memiliki makna sendiri.

4. Saat mendengar kata Lampung, pertama kali yang terlintas adalah banyaknya gajah di wilayah ini. Lampungmemiliki sekolah pertama untuk para gajah yaitu Taman Nasional Way Kambas yang menjadi Pusat Konservasi Gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.

5. Selain itu terdapat pula Gunung purba yakni Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda, Lampung Selatan. Gunung ini sudah meletus hebat pada tahun 1883 dan anak Gunung Krakatau sendiri bisa meletus kapan saja. Namun sedikit ekstrim, Gunung Krakatau masih dijadikan tempat wisata yang menantang. (Sumber www.kilikili-adventure.com)

Klik Tautan berikut untuk Artikel selengkapnya.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di