alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd1706d1cbfaa5b0e8b457a/suka-menyelam-ini-4-spot-diving-terbaik-di-kawasan-bali-timur

Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur

Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur

Untuk kamu yang gemar melihat fauna laut sepertinya tidak boleh melewatkan olahraga air yang satu ini di daerah Bali. Dari mulai binatang laut yang kecil hingga binatang laut yang besar bisa kamu temukan di perairan laut daerah Bali Timur.

Nah, kawasan Bali Timur yang penulis maksud adalah daerah Kabupaten Karangasem. Ayo ada yang sudah pernah mengunjungi keindahan laut di daerah Kabupaten Karangasem sebelumnya? Yang sudah pernah, nanti bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar ya!

Ada banyak situs menyelam di daerah kabupaten Karangasem yang bisa kamu kunjungi. Setiap situs menyelamnya (divesite) punya ciri khas masing-masing.

Berikut ini 4 situs menyelam terkenal yang bisa kalian kunjungi saat ingin menghabiskan liburan dengan menyelam di Kabupaten Karangasem.


1. USAT Liberty shipwreck - Tulamben
Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur
Di kecamatan Kubu, tepatnya di Desa Tulamben kalian bisa menyelam di situs menyelam USAT Liberty shipwreck, situs menyelam ini menjadi salah satu situs yang paling ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik.

Selain menyuguhkan panorama kapal karam dengan berbagai jenis terumbu karang dan ratusan biota laut yang beragam, tempat menyelam ini juga mudah untuk dijangkau. Penggemar macro atau binatang bertubuh munggil akan dimanjakan dengan berbagai jenis nudibranch yang hidup di sekitar kapal.

Di sini juga ada penyu laut dan ikan bertubuh besar seperti parrotfish. Kondisi air lautnya yang dominan tenang (jarang ada arus yang begitu kuat) dan suhu airnya yang hangat sangat cocok bagi para penyelam pemula (beginner diver) untuk melakukan cek dive.

Kalian bisa menikmati keindahan kapal karam ini kira-kira mulai dari kedalaman 6 meter. Ketika ombaknya tidak begitu besar, kalian bisa melakukan snorkeling. Tidak usah repot-repot sewa jukung atau boat untuk menikmati keindahan lautnya, cukup siapkan peralatan menyelam atau snorkeling dan kalian sudah bisa memulai aktivitasnya dari tepi pantai.

Tapi ingat ya, untuk keamanan -safety reason- bagi kalian para pemula jangan lupa ajak pemandu untuk memandu saat melakukan diving atau snorkeling di sini.

Kurang pas rasanya kalau hanya membahas tentang keindahan kapal karamnya tanpa bahas sedikit tentang kapalnya. Penulis bahas sedikit tentang kenapa kapalnya bisa tenggelam. USAT (United States Army Transporter) Liberty Ship adalah salah satu kapal kargo milik Amerika Serikat.

Pada Januari 1942 saat kapal berlayar dari Australia menuju Filipina ketika berada di Selat Lombok, kapal kargo ini ditembak oleh torpedo kapal selam dan mengalami kerusakan. Akhirnya kapal kargo ini dibiarkan terdampar di pantai Tulamben. Letusan Gunung Agung pada tahun 1963 mendorong kapal kargo ini dari tepi pantai hingga tenggelam.

Gimana, mau coba untuk menjelajah keindahan USAT Liberty Ship Wreck yang di bawah air atau kalian mau coba situs menyelam yang lebih menantang?


2. The Pyramids - Amed
Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur
Sesuai namanya The Pyramids, situs menyelam yang terletak di Desa Jemeluk, Amed ini menyuguhkan keindahan piramida buatan yang diletakkan di laut. Piramida tersebut menjadi tempat tumbuhnya berbagai jenis terumbu karang lunak dan keras serta ikan terumbu karang, dari mulai biota laut berukuran macro hingga besar hidup di sini.

Kamu bisa uji kejelian mata kalian untuk menemukan pygmy seahorse (itu lho kuda laut yang memiliki badan munggil dan pintar berkamuflase) di situs menyelam ini. Biota laut seperti penyu, berbagai warna leaf scorpiofish, box shrimp, dan blue spotted stingray juga ada. 

Akses menuju situs menyelam ke The Pyramids ini harus naik perahu atau jukung dari pantai. Tidak cuma The Pyramids, ada banyak situs menyelam lainnya di daerah Amed, Karangasem seperti Amed Wall dan Japanese Wreck. Akses menuju setiap situs menyelam berbeda-beda ya, ada bisa langsung dari pantai dan ada juga harus mengunakan perahu.

Untuk yang tidak bisa diving jangan berkecil hati dulu, kalian bisa snorkeling untuk menikmati keindahan dari barisan piramida yang ditumbuhi beragam terumbu karang dan dihuni oleh banyak ikan laut yang cantik. Mulai dari penyelam pemula hingga yang sudah berpengalaman bisa menyelam di tempat ini serta suhu air lautnya dominan hangat. 


3. Gili Tepekong & Gili Mimpang – Candidasa
Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur
Pernah dengar nama situs menyelam di atas? Gili Tepekong dan Gili Mimpang merupakan situs menyelam terkenal yang terletak di kawasan Candidasa, Karangasem. Situs menyelam ini menyuguhkan beraneka ragam flora dan fauna laut.

Canyon dan gua kecil yang ditumbuhi berbagai jenis terumbu karang lunak dan keras seperti table coral dan knotted fan coral membuat situs menyelam ini memiliki alam laut yang mengagumkan.

Selain variasi dari terumbu karang dan ikan koral, dapat ditemui juga penyu, belut laut (moray eel), ikan hiu bintik putih (Whitetip reef shark), calamari, schooling sweet lips, jackfish dan masih banyak ikan lainnya yang dapat dijumpai di situs menyelam ini. Bila musimnya tiba, Sunfish atau Mola-mola juga dapat ditemui di sini.

Kondisi cuaca di situs menyelam ini dapat berubah-ubah serta arus yang terkadang begitu keras mempengaruhi suhu airnya, sehinga diperlukan penyelam yang cukup berpengalaman untuk dapat menyelam di Gili Tepekong dan Gili Mimpang.

Penulis sarankan untuk memakai wetsuit dengan ketebalan 5 cm jika ingin menyelam di sini. Dan sekali lagi diingatkan pemandu selam yang baik sangat diperlukan saat menyelam. Kalian bisa datangi salah satu dive centre terdekat untuk memfasilitasi saat menyelam di area ini.

Akses untuk menyelam di Gili Tepekong dan Gili Mimpang harus menggunakan jukung/perahu. Dari kawasan pantai Candidasa diperlukan waktu +- 15menit untuk bisa sampai ke situs menyelam.


4. Blue Lagoon - Padang Bai
Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur
The last but not least nih, situs menyelam Blue Lagoon yang berada di daerah Padang Bai, Bali. Padang Bai memang terkenal dengan pantai dan situs menyelamnya. Salah satu situs menyelam yang terkenal dengan banyak jenis binatang laut berbadan kecil alias macro adalah Blue Lagoon.

Berbagai jenis nudibranch, frog fish, gurita, kuda laut dan all kind of critters ada di sini. Tidak ketinggalan si Nemo (Clownfish) dan Anemon Laut juga ada. Untuk terumbu karangnya jangan ditanya lagi, beragam jenis terumbu karang lunak dan keras ada.

Semua level penyelam mulai dari penyelam pemula hingga berpengalaman dapat menyelam di situs menyelam ini. Suhu air lautnya berubah-ubah juga tergantung arus. Jika kalian ingin menyelam di sini, kamu bisa datangi langsung dive centre yang ada di daerah Padang Bai unuk memfasilitasi kalian ketika menyelam. Kamu juga bisa snorkeling di Blue Lagoon.

Itu dia 4 situs menyelam yang terkenal di kawasan Karangasem, Bali. Gimana tertarik untuk menjelajahi keindahan lautnya? Jika ya, langsung fix the date for holiday dan kunjungi situs menyelam yang kalian sukai.

Sebelum menyelam penulis ingatkan lagi, untuk keselamatan selalu ajak pemandu selam (dive guide) dan jaga perilaku kalian di dalam air. Jangan sampai mengotori atau merusak keindahan laut, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur Seru Ini 8 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan ke Korea

- Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur 8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan Liburan

- Suka Menyelam? Ini 4 Spot Diving Terbaik di Kawasan Bali Timur 5 Wisata Air Terjun yang Paling Terkenal di Jombang Seger Banget



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di