alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Resmikan Bandara APT Pranoto, Jokowi Beri PR Menteri Perhubungan
3.4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd1525b98e31be26f8b4569/resmikan-bandara-apt-pranoto-jokowi-beri-pr-menteri-perhubungan

Resmikan Bandara APT Pranoto, Jokowi Beri PR Menteri Perhubungan

Resmikan Bandara APT Pranoto, Jokowi Beri PR Menteri Perhubungan

TEMPO.CO, Samarinda - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Kota Samarinda, dan Bandara Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan pembangunan Bandar Udara APT Pranoto merupakan inisiatif pemerintah daerah. "Pemerintah pusat hanya mendorong sedikit anggarannya. Dan ini akan saya pakai untuk contoh agar daerah lain mencontoh apa yang sudah dikerjakan Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di halaman Bandar Udara APT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis, 25 Oktober 2018.

Meski menyambut baik rampungnya pembangunan, Jokowi mengatakan masih punya dua permintaan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Permintaan pertama, Jokowi ingin agar luas gedung terminal diperbesar dari 12 ribu meter persegi menjadi 36 ribu meter persegi dalam waktu 3 tahun.

"Terserah anggaran dari APBN, APBD, atau anggaran Angkasa Pura, silakan. Karena penumpang di sini sekarang 1,5 juta per tahun. Tapi memiliki potensi sampai 5 juta penumpang per tahun. Oleh sebab itu, tidak mungkin terminal cukup. Harus diantisipasi dan segera bisa kita siapkan untuk perluas kembali," ujarnya.

Bandara APT Pranoto mulai dibangun pada 2011. Pada 2013 terminal selesai dibangun. Pembangunannya sempat terhenti sebelum dilanjutkan kembali pada awal 2015 dengan menyelesaikan bangunan sisi udara secara bertahap. Baru pada 2016 diikuti dengan penyerahan bandara ini dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk dikembangkan dan dioperasikan.

Saat awal beroperasi, Bandara APT Pranoto melayani rute penerbangan dan penumpang yang selama ini beroperasi di Bandara Temindung, dan melayani penumpang dari Bandara Sepinggan Balikpapan. Sebab, 80 persen penumpang Sepinggan berasal dari sekitar Samarinda.

Saat ini, spesifikasi Bandara APT Pranoto memiliki ukuran runway 2.250m x 45m, taxiway berukuran 173 x 23m, apron 300m x 123m, dan mampu melayani pesawat Boeing 737-900 ER. Adapun di sisi darat telah dibangun gedung terminal seluas 12.700 meter persegi yang mampu menampung penumpang dengan kapasitas 1.500.000 penumpang per tahun serta gedung hanggar seluas 36 ribu meter persegi.

Permintaan selanjutnya, Jokowi meminta Budi Karya menyiapkan rute penerbangan dari Samarinda ke Jakarta dan Samarinda ke Surabaya." Dijawab Pak Menhub, ya pak 1,5-2 bulan. Saya tidak mau. Terlalu lama. Saya minta maksimal dua minggu sudah harus ada penerbangan dari sini ke Jakarta atau dari sini ke Surabaya," kata dia.

Resmikan Bandara APT Pranoto, Jokowi Beri PR Menteri Perhubungan
Yang satu sibuk teriak2 di pasar harga mahal.... (Tanpa solusi)

 
emoticon-Cape d...
Diubah oleh nyairara
Halaman 1 dari 2
infrastruktur lainnya dah support belum? hotel, penginapan, resto, cafe dll? apalagi kelasnya bandara internasional
semoga bisa dikelola dengan baik dan bawa manfaat buat masyarakat sekitar emoticon-Big Grin
Proyek pengembangan emoticon-Ultah
Balasan post my.name.is.ben
Quote:


Hahaha macam bandara kertajati yg di majalengka itu ya? Koar2 nastak dongok di rejim pakde. Sampe sekarang ga signifikan tuh. Akibat infrastruktur sekitar situ yg belum optimal. Akses jalan ke sana aja susah. Hotel belum terlalu banyak. Parah emang emoticon-Big Grin
Diubah oleh temonoid
pekerjaan rumah yg dikerjakan gak dirumah
Quote:


semoga kena tsunami lu ciblek goblok emoticon-Big Grin
Balasan post temonoid
Quote:


nah itu. kadang femerintah daerahnya dalam hal ini bupati/walkot/ga benernya pengen funya froyek mercusuar tanfa mau fikir sarana dan prasarana fendukung yang fenting froyek mercusuarnya jadi emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak
masih aja ada yg nyinyir diatas. kalo emank kurang ya harus diperbaiki. jalannya diperbaiki. kalo hotel, restoran, cafe kan urusan swasta. emoticon-linux2
Quote:


gini nih tikus minus otak kecil item minta disuap mulu

lo ngerti sektor swasta ga monyong? emoticon-Big Grin
freemason no soul
Quote:


Makanya. Tapi nastak dongok bilangnya nyinyir. Kocak.

emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk

Quote:


Jadi kira2 kenapa dong sampe sekarang swasta ga bikin hotel dkk di sana? Swasta juga mikir, ngapain bangun di sana kalo ga menguntungkan. Artinya? Pemerintah gagal dalam membangun ekonomi di situ. Penerbangan ke kertajati aja masih sedikit toh? emoticon-Embarrassment

Heran gw, dikritik dikit dibilang nyinyir. emoticon-Cape d...
Balasan post benalu.korporat
Quote:


lha ini, komeng epic yang ahsu-dahlah....... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak
Quote:


lah bodo amat mang lo pikir swasta itu siapa monyong? lo itu swasta guoblok emoticon-Big Grin

heran gue udah jelek ga guna manja pula emoticon-Big Grin

cuma ngomong kenyataan aja sih freemason kalo garing jgn manipulasi dong
Balasan post benalu.korporat
Quote:


Omongan lo ga jelas. Khas nastak dongok. Awalnya bilang itu urusan swasta. Sekarang bilang bodo amat. Kocak. emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk

Kalah debat ya tak? Yeyeye lalala emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk






.
Diubah oleh 15000rupiah
Quote:


drpd lo khas cina item ga ada otak emoticon-Ngakak

bacot monoton amat dibilang swasta itu elu malah mewek aneh emoticon-Ngakak
keluar semua deh bonbin emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:


Keluar deh rasisme nya. Khas nastak dongok. Kalah debat lalu caci maki ga jelas. emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
Quote:


Ya ga juga tiba2 semuanya ada disana.... Awalnya juga semua kota besar tidak langsung rame kan??
Balasan post nyairara
Quote:


Emang. Tapi kalo diliat infrastrukturnya hanya bandara saja, swasta juga mana mau. emoticon-Big Grin

Akses ke bandaranya juga diliat dong. Jalan ke sana aja masih acakkadut gitu. Sekelas bandara international loh ini. Harusnya pas dibangun itu swasta bisa langsung masuk ke sana. Sekarang penerbangan ke sana aja masih sedikit. Maskapai juga mikir2 landing ke sana. Karena apa? AKSES!! Itu yang pemerintah ga pikirin. Maunya peresmian peresmian dan peresmian. Dan nastak dongok diam aja. Seakan2 semua yang dilakukan pakde TIDAK PERNAH SALAH!!! Itu sampah.

Done

emoticon-shakehand
Quote:


bener berarti ya emoticon-Ngakak

khas ga guna dan ga punya otak sih
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di