alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM
4.93 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd14dde32e2e6b1658b4567/istilah-lengkap--dalam-dunia-film---jm

Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM

Istilah Dalam Perfilman Yang Harus Kamu Ketahui Supaya Tambah Asik Nonton Filmnya


JokerMovie - Jika kamu adalah pencinta film Hollywood, kemungkinan besar kamu sudah kenal semua istilah di judul. Istilah yang tertera adalah istilah universal, memang. Namun pada praktiknya, banyak sekali film yang dilabeli istilah tersebut berasal dari Hollywood.

Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM




 Jadi apa saja yang perlu kamu ketahui dari istilah-istilah ini?


Blockbuster

Kamu mungkin pernah mendengar deretan film yang masuk dalam daftar blockbuster. Blockbuster sendiri merupakan istilah untuk film yang telah mencapai sukses besar, baik itu dari penjualan tiket, pendapatan global, ataupun kepopulerannya di masyarakat umum. Contoh-contoh film blockbuster seperti Titanic, Star Wars, atau The Lord of The Rings.


Box office


Nah, selevel di bawah blockbuster ada istilah box office. Box office awalnya merujuk pada tempat penjualan tiket yang berbentuk kotak. Namun seiring berkembangnya waktu, box office digunakan untuk melabeli film-film yang penghasilan pemutaran filmnya lebih dari biaya pembuatan film itu sendiri, dan penghasilan itu hanya diperoleh dalam beberapa hari saja.

Sequel

Misal film Cars 2 adalah sequel dari film Cars. Di Cars 2, Lightning Mcqueen masih menjadi tokoh utama dengan Owen Wilson masih menjadi pengisi suaranya. John Lasseter kembali menjadi sutradara di Cars 2 setelah sukses menyutradarai film Cars. Mater, truk sahabat Lightning Mcqueen, mendapat porsi peran yang lebih besar. Cars 2 melibatkan konsep agen rahasia dengan latar belakang negara Jepang. Sequel seringkali memiliki konsep yang lebih wah (high concept) daripada film pertamanya.

Contoh: Mission Impossible 1, Mission Impossible 2, Mission Impossible 3, Toy Story 1, Toy Story 2, Toy Story 3

Film yang Diharapin Ada Sekuelnya: VIVA JKT48, Ada Apa Dengan Cinta, Titanic, Easy A, Dilan 1990

Prequel


Sedikit berbeda dengan sequel, prequel adalah film yang dibuat setelah film pertama, namun menceritakan kisah yang terjadi sebelum cerita yang pertama atau backstory sang karakter. Karakter utamanya masih sama. Namun karena prequel adalah cerita yang terjadi sebelum kisah pertama, biasanya beberapa karakter penting digantikan oleh karakter lain.

Contoh: Star Wars Episode 1, 2, 3 yang justru dibuat setelah Star Wars Episode 4, 5, 6 (trilogi original Star Wars), Monsters University, trilogi The Hobbit, The Texas Chainsaw Massacre: The Beginning, Dumb and Dumber: When Harry Met Lloyd


Film yang Diharapin Ada Prekuelnya: Buruan Cium Gue, Arwah Goyang Karawang, Kill Bill – Bill Before “The Bride”, 12 Monkeys



Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM


Remake

Remake, seperti namanya, berarti membuat ulang. Film-film remake adalah film yang dibuat ulang dengan jalan cerita yang hampir sama persis dengan film pendahulunya. Biasanya antara film asli dan film remake, ada jeda waktu yang cukup panjang. Biasanya film yang di-remake pernah sukses di jamannya dan para pembuat film ingin mengulang kejayaan tersebut atau merupakan homage bagi film asli. Beberapa remake juga dibuat lintas negara. Hollywood sering melakukan remake film dari negara-negara di Asia jika film tersebut sukses di negara asalnya.

Salah satu remake film lintas negara adalah The Ring. Awalnya The Ring dibuat di Jepang, sukses besar, hingga memiliki beberapa sequel dan bahkan prequel. The Ring remake yang dibuat oleh Hollywood tak sesukses The Ring Jepang. Jika film awalnya sudah sukses, kadang sulit bagi film remake untuk menyaingi kesuksesannya. 


Tapi tidak semua film remake gagal. Ocean Eleven (2001) adalah remake dari film berjudul sama di tahun 1960. Ocean Eleven remake ini menuai sukses hingga menjadi film franchise dan memiliki dua sequel.


Contoh: Internal Affairs di remake jadi The Departed, Ai Fai.. Thank You.. Love You.. di remake jadi Love You… Love You Not…


Film yang Diharapin Ada Remakenya: Secretary (2002), 9 1⁄2 Weeks (1986), The Cook, the Thief, His Wife, and Her Lover (1989)


Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM



Reboot

Hampir mirip dengan remake, reboot adalah versi baru dari film asli. Bedanya, jika remake mengikuti alur cerita yang hampir sama persis, reboot membuat cerita yang sama sekali berbeda, bahkan dunia penceritaan juga bisa berubah. Benang merah antara film asli dan film reboot seringkali adalah karakternya. Film reboot membuang identitas film yang lama dan membuat dunia yang baru. Karena itu film reboot lebih sering terjadi antara film franchise misalnya film-film Superhero.

Seri Spiderman yang dimainkan oleh Tobey Maguire memasangkan Peter Parker, seorang anak SMA, dengan Mary Jane. Di tahun 2010, diumumkan bahwa akan dilakukan reboot film Spiderman, artinya Spiderman akan dibuat film yang sama sekali baru. Di film Amazing Spiderman, reboot dari Spiderman, yang dimainkan oleh Andrew Garfield, Peter Parker diberi identitas anak kuliah dan dipasangkan dengan Gwen Stacy.

Contoh: Fantastic Four (2005) - Fantastic Four (2015), Hitman: Agent 47 (2007) - Hitman: Agent 47 (2015), Conan the Barbarian (1982) - Conan the Barbarian (2011)


Film yang Diharapin Ada Rebootnya: Cleopatra, Buffy the Vampire Slayer, American Pie all series


Spinoff


Dalam beberapa film, karakter pembantu secara tidak sengaja menarik perhatian penonton. Karakter yang menarik ini kemudian ditarik dari film asli dan dibuatkan film sendiri dimana ia menjadi karakter utama. Film spinoff biasanya berada di dunia yang sama dengan film asli-nya, hanya saja konflik dan karakter lainnya tidak memiliki benang merah kecuali karakter spinoff itu sendiri.

Salah satu contoh karakter spinoff yang sangat terkenal sekarang adalah makhluk-makhluk kecil dari Despicable Me, Minions. Despicable Me sendiri sukses secara pasar dan kritik, tapi Minions memilki daya tarik tersendiri sehingga dibuatkan pasarnya sendiri. Di tahun 2016, film Minions rilis menceritakan asal-usul Minions tanpa ada karakter Gru ataupun tokoh lainnya yang muncul di Despicable Me.


Contoh: X-Men Origins: Wolverine, Minions, The Scorpion King, Annabelle

Film yang Diharapin Ada Spin-Offnya: Dr. Nefario, Sif (dari Thor/Thor: The Dark World), Machete: The Story Of April Benz

Cross-Over

Kalau kamu ngedenger istilah Cross-Over itu berarti ada karakter dari film lain yang dimunculkan pada film yang akan kamu tonton. Mungkin yang ngebikin film Cross-Over ini udah kehabisan ide original gitu kali ya, jadi dibikinlah film campur-campur. Tapi film Cross-Over malah jadi kayak ngetrend gitu tahun-tahun belakangan ini.

Contoh: Freddy Vs Jason, Alien Vs Predator, The Avengers, Mr Bean Kesurupan Depe


Film yang Diharapin Ada Cross-Overnya: All DC Vs All Marvel characters, Ultraman Vs Indominus Rex, Azrax Vs Mad Dog, Annabelle Meet Susan


Sidekick

Sidekick adalah julukan untuk sebuah karakter yang berperan sebagai pendamping tokoh utama. Salah satu sidekick yang paling populer adalah Robin, yang berperan sebagai pendamping Batman.

Antagonis dan Protagonis

Nah kalau yang ini pasti sering banget kamu dengar kan. Protagonis adalah tokoh utama dalam sebuah film, sementara antagonis merupakan tokoh yang berkonflik dengan tokoh protagonis.

Sayangnya, banyak yang sering menganggap kalau protagonis adalah tokoh baik sementara antagonis adalah tokoh jahat. Padahal nggak semua seperti itu lho. Contohnya saja Pirates of Carribean.

Tokoh protagonis dalam film itu adalah si Jack Sparrow yang menjadi bajak laut alias perompak. Yang jadi pertanyaan, apakah di kehidupan nyata seorang perompak adalah sosok yang baik?

Film Franchise


Film yang tidak berdiri sendiri. intinya film yang merupakan bagian dari sebuah waralaba, biasanya kata 'Franchise' ini digunakan ketika berbicara mengenai sebuah film yang mengarah ke waralaba tertentu.

Film dan keseluruhan sekuel beserta prekuelnya.


Contoh: X-Men Franchise artinya keseluruhan film X-Men termasuk Logan dan Deadpool

The Bond Franchise artinya keseluruhan film James Bond.

Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM



Genre


Genre film adalah bentuk, kategori atau klasifikasi tertentu dari beberapa film yang memiliki kesamaan bentuk, latar, tema, suasana dan lainnya. Beberapa genre film utama : Aksi, Petualangan, Komedi, Kriminal, Drama, Epik, Musikal, Sains Fiksi, Perang. 


Dari genre utama tersebut, genre film dapat dibagi lagi ke dalam beberapa sub - bagian, Contoh: Aksi, Petualangan,Kriminal, Horor, dokumenter, olahraga, komedi aksi, remaja, Film noir dll. Genre film lain yang acapkali dibuat oleh para pembuat film, yaitu: Seru, Cerita, Fantasi, Jagal, Horor.


CGI (Computer Graphic Imagery)


CGI adalah penerapan bidang komputer grafis, atau lebih khusus, grafis 3D komputer untuk efek khusus dalam film, program televisi, commercials, simulators dan simulasi umumnya, dan media cetak.


Contoh film baru yang menggunakan CGI adalah Fast & Furious 7.


Remastered


maksudnya dibuat ulang atau diperbarui. Film2 lama yg tampilannya jadul, jelek, gambarnya masih agak kurang mengenakan diedit atau dibuat ulang dan diperbarui tampilannya biar jadi lebih modern dan kayak jaman sekarang.


Trilogy


Film yang dibuat hanya sampai 3 bagian saja dan tidak ada kelanjutannya klo ada film berikutnya pastinya film itu sudah melakukan perombakan baik dari segi cerita, pemeran dll 


Contoh: spiderman berbeda dengan amazing spiderman walaupun memiliki cerita tokoh yang sama tapi baik pemeran maupun alur ceritanya sudah berbeda


Twist


Twist di dalam film itu adalah sebuah ending atau alur cerita yang tidak terduga oleh penonton dan biasanya juga tidak mempunyai hint sama sekali di cerita sebelumnya dan tidak muncul di sikap atau setting suatu film


Trailer


Trailer adalah istilah umum dalam dunia perfilman yang merujuk kepada upaya promosi sebuah film yang akan segera tayang melalui video, memuat plot inti cerita dalam film, termasuk pemeran, sutradara, produser, distributor dan waktu tayang film tersebut. Panjang sebuah video trailer lebih kurang 2-3 menit. 


Rip-Offs

Kata ini digunakan saat sebuah film mengambil konsep atau jalan cerita yang hampir sama dari film lainnya.

Contoh, Disney Rip-Offs:
  • Happy Feet / Tappy Toes. Disney/Dove Movies. ...
  • Ratatouille / Ratatoing. Disney/Branscome International. ...
  • Brave / Braver. Disney/Brightspark. ...
  • Mulan / The Secret of Mulan. ...
  • Tangled / Tangled Up. ...
  • Frozen / Snow Queen.

Spoiler

Spoiler itu semacam bocoran yang bisa menghilangkan unsur kejut ketika kamu nonton sebuah film.


SUMBER: Jokermovie.Club

INSTAGRAM: @jokermovie.club

Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM


Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM
Diubah oleh priscilladeaby
Halaman 1 dari 6
Tau dikit2 sih....fokusnya cuma nonton emoticon-Embarrassment
Nunggu reboot tarzan x

Yg boneng gan..



Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM
Diubah oleh anti.perusuh
ada lagi, plothole
artinya lupa, tapi semacam inkonsistensi alur atau gimana gituemoticon-Ngacir
Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM
lengkap banget ni gan...emoticon-Hansip
Istilah Lengkap Dalam Dunia Film - JM
Antihero
Plothole
Deuteragonist
itu kenapa ada American Pie segala



emoticon-Ngakak
Klo yg lg main skrg ini A Star Is Born termasuk Remake atau Reboot, atau yg lain gan?
Udah tau semua emoticon-Ngakak (S)
Quote:


pertamax hunter detected
cgi yg paling baru contohnya fast furious 7 emoticon-Leh Uga
Diubah oleh fajarsoleh
- Film found-footage (paling banyak mutar2, Paranormal Activity, udh sekuel, prekuel, spin-off, spin-off, sekuel+prekuel)
- Post-Credit
Pirates of Caribean kabarnya mau di reboot Gan..
Diubah oleh shifting93
Balasan post mr.croovooc
Quote:


kepleset......emoticon-Malu
Cameo adalah munculnya seseorang yang terkenal di bidang performing acts seperti teater, film, video games, dan televisi. Namun durasi selama mereka muncul tidak lama. Peran yang dimainkan pun tidak memiliki bobot besar pula, dan tidak diperlukan untuk berbicara

emoticon-Cool tuh Stan Lee selalu muncul kan emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
kurang istilah "mufi snob" emoticon-Embarrassment
Diubah oleh om.gembel
kalo istilah dara sutra itu asal katanya dari mana ya jon?
Balasan post ngidampenthol
A Star is Born Remake gan...

Kalo Reboot bisa berarti ‘menelanjangi’ material asli dan kemudian membuat cerita baru yang mungkin berbeda dari cerita aslinya. Reboot biasanya hanya menyisakan judul aslinya saja.
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di