alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Perlawanan Irwandi Yusuf kandas di praperadilan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd143fdded770683e8b456e/perlawanan-irwandi-yusuf-kandas-di-praperadilan

Perlawanan Irwandi Yusuf kandas di praperadilan

Perlawanan Irwandi Yusuf kandas di praperadilan
Gubernur Aceh Nonaktif Irwandi Yusuf (kanan) berada dalam mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (24/10/2018).
Perlawanan Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf melalui praperadilan akhirnya kandas. Penetapan Irwandi sebagai tersangka sah sehingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun melanjutkan penanganan kasus dugaan suap pengucuran dana otonomi khusus Aceh tahun anggaran 2018 ini.

Dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018), hakim tunggal Riyadi Sunindio Florentinus menyatakan menolak seluruh gugatan praperadilan Irwandi terhadap KPK. Dikutip Antaranews, hakim menyatakan operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK sah dan berkekuatan hukum mengikat.

Riyadi menambahkan proses penyelidikan, penyidikan, penahanan yang dilakukan KPK terhadap Irwandi sah secara hukum. Hakim pun memerintahkan agar KPK melanjutkan proses penyelidikan dan penyidikan terhadap terduga suap Irwandi Yusuf.

Irwandi melalui kuasa hukumnya, Santrawan T Paparang dan Haposan P Batubara melayangkan gugatan praperadilan ke PN Jakarta Selatan terkait aksi tertangkap tangan yang dilakukan KPK pada 3 Juli.

KPK menangkap Irwandi Yusuf sekitar pukul 20.00 WIB, 3 Juli atas dugaan suap pengalokasian dan penyaluran dana otonomi khusus Aceh. Kuasa hukum Irwandi menilai operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK tidak sah karena laporan kejadian tindak pidana baru terbit pada 4 Juli.

Kubu Irwandi keberatan dengan kesalahan pengetikan tanggal yang terdapat pada surat penahanan. Irwandi juga mempersoalkan penyebutan operasi tangkap tangan yang tidak ada dalam aturan perundang-undangan di Indonesia.

Hakim Riyadi menilai proses penangkapan lebih cepat dari penerbitan laporan kejadian karena penyidik KPK membutuhkan waktu cepat untuk segera mengumpulkan bukti-bukti.

Perihal penyebutan operasi tangkap tangan, Hakim Riyadi menyatakan apa pun namanya, istilah tersebut merujuk pada kata "tertangkap tangan" yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Hakim pun memeriksa kekeliruan penulisan tanggal, tetapi menganggap tidak substantif, sehingga surat penahanan terhadap Irwandi tetap sah dan berkekuatan hukum mengikat.

Sebelum putusan praperadilan, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga pernah menolak gugatan praperadilan yang diajukan Yuni Eko Hariatna, Wakil Ketua Partai Nanggroe Aceh (PNA) pada 25 September lalu.

Yuni pun mempersoalkan operasi tangkap tangan KPK terhadap Irwandi. Hakim menolak gugatan praperadilan itu karena Yuni tak memiliki kedudukan hukum.

KPK menetapkan Irwandi Yusuf sebagai tersangka dugaan suap pengucuran dana otonomi khusus Aceh 2018 pada Rabu (4/7/2018) lalu. Irwandi diduga menerima duit suap Rp500 juta dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi periode 2017-2022.

Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran dana otonomi khusus Aceh sejak 2008. Pada 2018, Aceh mendapatkan gelontoran dana otsus sebesar Rp8,03 triliun.

Tiga bulan menjadi tersangka karena dana otonomi khusus, status tersangka Irwandi menjadi dobel. Pada Senin (8/10/2018) KPK kembali menetapkan Irwandi sebagai tersangka dalam proyek pembangunan dermaga Sabang. KPK juga menetapkan Izil Azhar dari unsur swasta atau orang kepercayaan Irwandi Yusuf.

Proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan pelabuhan bebas Sabang yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2006-2011.

Irwandi, selama menjadi Gubernur Aceh periode 2007-2012 diduga menerima gratifikasi sebesar Rp32 miliar dari pelaksanaan proyek pembangunan dermaga itu. KPK menduga ada kerugian keuangan negara Rp313 miliar karena adanya penyimpangan dalam proyek itu.

Dugaan korupsi pembangunan dermaga Sabang merupakan kasus lama. KPK sudah menguak laku culas dalam pembangunan pelabuhan itu sejak 2013.

KPK menetapkan empat tersangka dan dua tersangka perusahaan sejak 2014. Dua korporasi yang menjadi tersangka adalah PT Nindya Karya dan PT Tuah Sejati.

Tersangka lain adalah Heru Sulaksono (mantan Kepala PT Nindya Karya cabang Sumatera Utara), Ramadhani Ismy (mantan Deputi Teknik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang), Ruslan Abdul Gani (mantan kepala Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang 2010-2011), dan Teuku Syaiful Ahmad (mantan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang 2006-2010).

Heru Sulaksono telah divonis 9 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 4 bulan kurungan pada Desember 2014 lalu. Heru terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Pada tahun yang sama, Ramadhani Ismy juga mendapat vonis enam tahun penjara.

Pengadilan juga telah menjatuhkan vonis 5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan terhadap Ruslan Abdul Gani. Bupati Bener Meriah periode 2012-2017 ini mendapat hukuman pidana tambahan berupa uang pengganti Rp4,36 miliar.

Adapun proses hukum Teuku Syaiful Ahmad terhenti karena menderita stroke. Syaiful meninggal pada November 2017.

Kasus pembangunan pelabuhan akhirnya merembet ke Irwandi yang tengah berupaya melakukan perlawanan hukum terhadap sangkaan pertama.

"Kami sudah berupaya membela melalui jalur praperadilan, hasilnya gugatan ditolak dan Pak Irwandi akan mengikuti proses hukum pada pokok perkara," kata kuasa hukum Irwandi, Santrawan T Paparang.

Dengan putusan itu, KPK akan melanjutkan penanganan kasus dugaan suap Irwandi. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengapresiasi putusan hakim yang menolak gugatan praperadilan.

Febri mengatakan, putusan tersebut memperkuat penyidikan kasus ini untuk terus berjalan. "Kami sampaikan terima kasih pada hakim praperadilan yang telah mempertimbangkan secara tepat dalam praperadilan ini," kata Febri melalui Kompas.com.
Perlawanan Irwandi Yusuf kandas di praperadilan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...i-praperadilan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Perlawanan Irwandi Yusuf kandas di praperadilan Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027

- Perlawanan Irwandi Yusuf kandas di praperadilan Pesan verbal Liliyana Natsir

- Perlawanan Irwandi Yusuf kandas di praperadilan Jembatan laut terpanjang di dunia ada di Tiongkok

kalau terbukti bersalah, hukum potong tangan untuk pencuri sesuai syariat islam berlaku tidak? emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di