alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kurangi Ongkos Politik, Prabowo Setuju Dana Saksi Tak Dibebankan ke Parpol
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd1322ea09a39b95a8b456a/kurangi-ongkos-politik-prabowo-setuju-dana-saksi-tak-dibebankan-ke-parpol

Kurangi Ongkos Politik, Prabowo Setuju Dana Saksi Tak Dibebankan ke Parpol

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan setuju dengan usulan dana saksi Pemilu 2019 ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah dan tidak dibebankan ke partai politik. Ia menilai sistem politik Indonesia saat ini berbiaya mahal. Usulan tersebut dilontarkan lantaran Komisi II menilai tidak semua partai politik peserta Pemilu punya dana yang cukup untuk membiayai saksi. "Saya setuju. Kita harus bikin sistem politik indonesia enggak mahal," ujar Prabowo saat memberikan keterangan seusai menghadiri deklarasi Gerakan Emas atau Gerakan Emak-Emak dan Anak Minum Susu di Stadion Klender, Jakarta Timur, Rabu (24/10/2018).

Prabowo membandingkan biaya politik di Indonesia dengan Inggris, Perancis, dan negara-negara di Eropa lainnya. Menurut dia, untuk menjadi anggota parlemen di Inggris hanya membutuhkan dana sekitar 100 hingga 200 pounsterling atau setara Rp 4 juta. Selain itu, karena dianggap sebagai bagaian dari layanan publik, pemilik stasiun televisi tidak menarik bayaran dari para calon anggota parlemen yang ingin menyampaikan visi, misi, dan programnya.

Calon presiden nomor urut 02 itu juga berpendapat bahwa pembiayaan saksi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dapat mengurangi potensi anggota parlemen melakukan korupsi. Namun, ia menegaskan bahwa jangan sampai dana saksi tersebut justru memberatkan APBN. "Jadi setiap usaha untuk mengurangi ongkos politik saya setuju. Ini juga mengurangi korupsi dan segala macam," tuturnya. "Saya sangat mendukung, kita harus cari jalan bagaimana kita kurangi poltitical cost kalau bisa. Saya sangat mendukung upaya-upaya itu. Tentunya jangan memberatkan penghasilan negara," kata Prabowo.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI mengusulkan dana saksi Pemilu 2019 ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah dan bukan dibebankan ke partai politik. Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali memaparkan dua alasan yang menjadi dasar usulan tersebut. Pertama, seluruh fraksi di Komisi II sepakat dana saksi tidak dibebankan ke parpol agar menciptakan keadilan dan kesetaraan. Sebab, tidak semua partai politik peserta Pemilu punya dana yang cukup untuk membiayai saksi. "Supaya terjadi keadilan, kesetaraan, semua partai bisa menugaskan saksinya di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," ujar Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/10/2018). Alasan kedua, lanjut Amali, usulan tersebut bertujuan untuk menghindarkan para calon anggota legislatif (caleg) membiayai saksi. "Kita sudah tahu akibatnya kemana-mana," kata Amali.

Amali menilai, penanggungan dana saksi Pemilu oleh pemerintah tidak akan membebani APBN. Sebab, besar anggaran tidak seberapa dibandingkan dengan proses demokrasi yang harus dikorbankan jika tidak semua partai bisa menyediakan saksi. Usulan tersebut telah disetujui oleh 10 fraksi DPR. Komisi II juga sudah mengajukan anggaran tersebut ke Badan Anggaran (Banggar) DPR. Namun demikian, total anggaran yang nantinya akan dialokasikan tergantung dari ketersediaan uang negara. "Tapi itu tergantung dari kemampuan keuangan pemerintah. Kalau pemerintah menyatakan tidak ada dana yang tersedia, ya sudah. Artinya kembali kepada partai sendiri untuk menanggung itu," kata politisi dari Partai Golkar itu.


SUMBER

Kurangi Ongkos Politik, Prabowo Setuju Dana Saksi Tak Dibebankan ke Parpol

Kalo mau mengurangi cost politik sekaligus tidak membebani APBN ya gampang wo.. ga perlu ada pileg dan pilpres.. jokowi lanjut aja langsung.. emoticon-Malu (S)

Elo mau kerja aja mesti modal dulu.. masa mau jadi presiden ga mau keluar modal.. kan goblog.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
nanti kalo kalah dibilang saksinyadpt bayaran lbh bsar dr lawan emoticon-Malu
kmaren la nyalla kabur gegara wowok malakin duit zakar yg disamarkan jd duit saksi
Lo yang boker di wc umum..orang lain yang lo suruh bayarin??? emoticon-Nohope
Capres asu emoticon-fuck3
amsyong lu wok emoticon-Ngakak
lha kalau ntar saksinya dibayar fake apbn, terus kalah ntar ngeles kalau saksinya ga netral karena dibayar pake duit femerintah emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak

yang fikin political cost tinggi ya karena mahar politik wow. fura2 kaga tahu aja lu
kemajuan. good. emang selama ini dana saksi bener2 jd beban..

1 tps mau sampe 300rb per org yg harus caleg2 didaerah gw bayarin.

cuman yg jadi masalah nanti standart biaya saksi kalau negara yg bayarin brp? masa iya 300rb?

bener2 pesta rakyat kalau gt
abis duitnya dia haha emoticon-Big Grin
Quote:


bener gan. mau makan ga mau bayar. makanannya milih yg enak2 lagi. kalo ternyata ga enak malah ngamuk2.....
Quote:
Quote:


hehehe...mo ngikutin jejak temennya mbah amin yg modal dengkul doang sepertinya.

mestinya emang kena dis tuh 02....
Katanya pemerintah ga becus hingga ekonomi lesu, rakyat miskin tapi biaya saksi parpol dibebankan ke pemerintah emoticon-Ngakak
Kalau sudah kere omongannya kek gini
Ga modal lu emoticon-Wkwkwk


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di