alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa Lalu
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd11839529a45106f8b4572/bendera-kalimat-tauhid-di-kerajaan-hingga-ormas-masa-lalu

Bendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa Lalu

Sejatinya bangsa Indonesia telah mengenal beragam-bendera yang memuat kalimat tauhid di dalamnya. Kalimat tauhid itu menghiasi panji-panji sejumlah kerajaan Islam Nusantara hingga organisasi keislaman.

Di antara kerajaan yang menggunakan kalimat tauhid pada bendera maupun lambang kerajaannya ialah Kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan yang muncul sekitar abad ke-13 ini memiliki sebuah lambang kerajaan yang mirip dengan lambang Garuda Pancasila.

Konon, lambang kerajaan Samudra Pasai ini dirancang oleh Sultan Zainal Abidin yang kemudian disalin ulang oleh Teuku Raja Muluk Attahashi bin Teuku Cik Ismail Siddik Attahasi. Hanya saja, pada setiap bagiannya dari kepala, sayap, hingga kaki dipenuhi tulisan-tulisan arab. Tulisan tersebut berisikan kalimat basmallah dan kalimat tauhid.

Kesultanan Cirebon juga memiliki bendera dengan kalimat tauhid di dalamnya. Bendera Macan Ali namanya. Pada bendera kasultanan Cirebon tersebut mempuat sejumlah kalimat seperti basmalah, surat Al Ikhlas, hingga kaimat tauhid yang membentuk seperti macan.

Sementara kesultanan Tidore juga memiliki bendera dengan kalimat tauhid di dalamnya. Bendera kasultanan Tidore pada 1890 tersebut berwarna kuning dengan tulisan kalimat tauhid di bagian atas berwarna merah.

BHal yang sama juga digunakan di kesultanan Inderapura di Sumatra Barat. Pada lambang kesultanan ini juga memuat kalimat tauhid di dalamnya. Kesultanan ini mempunyai lambang lingkaran bertuliskan kalimat syahadat yang diapit oleh dua singa dan naga pada tiap sisinya. Selain itu mempunyai mahkota bertuliskan lafaz Allah dan Muhammad. Kesultanan yang berada di pesisir selatan Sumatra Barat itu telah berdiri pada 1347.

Bendera dengan kalimat tauhid juga dimiliki oleh laskar Hizbullah yang kemudian membentuk TNI. Tak hanya dalam bentuk bendera, pada atribut laskar hizbullah lainnya seperti emblem atau pin juga menyertakan kalimat tauhid. Penulis sejarah dan pengelola laman Jejak Islam Bangsa (JIB), Beggy Rizkiansyah mengatakan bendera dengan lafaz kalimat tauhid bukan fenomena baru dalam sejarah terbentuknya bangsa Indonesia.

Menurutnya ada foto kuno yang meninggalkan jejak sebagai bukti bahwa bendera dengan kalimat syahadat memang lazim digunakan. Bahkan, itu dipakai sebagai bendera resmi sebuah negara atau kerajaan yang ada di Sumatra.
 
“Foto bendera dengan kalimat tersebut misalnya menjadi salah satu bendera yang dipakai Kesultanan Aceh. Pemakaian kalimat tauhid menandakan betapa pentingnya kalimat tauhid dalam sejarah bangsa kita. Heroism dalam perlawanan jihad fi sabilillah rakyat Aceh tentu bagian penting dari perjuangan kemerdekaan Inonesia,” tuturnya.

Tak hanya laskar Hizbullah, Sarekat Dagang Islam yang didirikan oleh Samanhudi juga menggunakan lambang yang memuat kalimat tauhid di dalamnya. Pada lambang organisasi yang dibentuk 1905 itu membuat kalimat tauhid pada bagian bulan sabitnya. 

https://republika.co.id/berita/selarung/suluh/18/10/24/ph29t5384-bendera-kalimat-tauhid-di-kerajaan-hingga-ormas-masa-lalu

Jasmerah
banyakkah yg tertipu oleh simbol2 ? ..... emoticon-Entahlah
Simbol yang sering dipake di film-film hantu western, umatnya ga marah karena mereka tahu itu hanya fiksi belaka, lagipula jauh lebih penting makna dari ornamennya..

Ga kebayang kalo sampe yang ini dipake di film-film hantu.. Bisa demo berjilid-jilid 7milyar umat kali ya...

emoticon-Takut
termasuk ini dipake gini jg emoticon-Ngakak
Bendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa LaluBendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa Lalu

disablon dikaos kena keringat emoticon-Ngakak
Bendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa Lalu

diduduki di fantat emoticon-Ngakak
Bendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa Lalu

nyablon dilantai + di injek emoticon-Ngakak
Bendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa Lalu


sungguh varokah sekali emoticon-Ngakak
Bendera Kalimat Tauhid di Kerajaan Hingga Ormas Masa Lalu


mending dibakar dah dr pd dibegituin emoticon-Ngakak
Diubah oleh rumputteki99
Quote:


emoticon-Cape deeehhbingung
banser harus dijernihkan jalan pikirnya , benci HTI boleh tapi jangan grasak grusuk dong emoticon-Traveller
zaman Rasulullah penulisan huruf blm ada harokat, blm ada titik2.. apalagi kaligrafi seperti itu.. kok bisa2nya blg itu bendera Rasulullah emoticon-Traveller
kasian banser sekarang jadi alat propaganda
Quote:


memang sudah jadi tugasnya gan emoticon-Malu (S)
Quote:
Quote:


Ada sempak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Simbol berisikan kedamaian yang hqq emoticon-Kiss





emoticon-Takut
kerajaan al-qaeda, kekaisaran al-nusra, dinasti ISIS, Taliban Empire, Boko Haram Monarch, Maute Kingdom emoticon-Ngacir
Quote:


hmmm iya juga. setahu ane harakat awalnya dipakai di era Ali bin Abu Talib, itupun bentuknya titik titik.
emoticon-Traveller


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di