alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd10ff562088185098b456d/target-mrt-tahap-ii-rampung-pada-2025-beroperasi-2027

Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027

Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027
Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintas di kawasan Jakarta Selatan, Senin (22/10/2018).
Pemerintah Indonesia dan Jepang telah menyepakati nota pinjaman senilai maksimal 70,210 miliar yen atau setara Rp10 triliun untuk pembangunan jalur Mass Rapid Transit (MRT) tahap kedua di Jakarta.
 Pembangunan jalur MRT tahap II ini ditargetkan rampung pada 2025, dan bisa beroperasi pada 2027.

Nota pinjaman tersebut ditandatangani Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Pinjaman berjangka 40 tahun sejak 2018 dengan bunga 0,1 persen per tahun tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan jalur MRT sepanjang delapan kilo meter dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, ke Kampung Bandan, Jakarta Utara.



Dana tersebut juga akan dipakai untuk menutupi apabila terdapat kekurangan biaya dalam pembangunan jalur tahap I dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke Bundaran HI, yang ditargetkan bisa beroperasi pada Maret 2019.

Konselor Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Jepang, Shigemi Ando, menjelaskan besaran jumlah maksimal pinjaman tersebut didasarkan pada studi kelayakan yang dilakukan Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).

"Berdasarkan data yang ada dan pertimbangan kami mungkin kelebihan dan sisa tidak akan muncul, tetapi jika ada sisa pinjaman, tidak dapat digunakan untuk yang lainnya, karena angka 70 miliar itu sudah maksimal, sesuai perjanjian kami hanya akan memberikan pinjaman sejumlah itu," kata dia dalam Antaranews, dikutip Kamis (25/10/2018).

Pembangunan jalur MRT tahap II ditargetkan rampung pada 2025 dan ditargetkan beroperasi secara penuh pada 2027. Transportasi massal itu diperkirakan dapat mengakomodasi sekitar 2,7 juta orang penumpang per kilo meter setiap hari dengan jumlah operasional kereta mencapai 236 kali per hari.

Ia menyampaikan bahwa pinjaman tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Jepang pada upaya pemerintah Indonesia untuk menyediakan angkutan umum yang andal bagi publik di Jakarta.

"Pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk menyediakan transportasi publik, yang bisa dilihat dari perkembangan proyek MRT di Jalan Thamrin dan Sudirman yang saat ini memasuki tahap akhir," ujar Shigemi Ando.

Jakarta menempati urutan teratas di antara kota-kota global dalam daftar kemacetan versi Stop-Start Castrol. Jakarta menempati urutan ketiga setelah Dhaka dan Kolkata-- dalam index kemacetan tengah tahun 2018 dari survei Numbeo.

Sementara dalam survei Tomtom Traffic Index, Jakarta berada di peringkat ketiga setelah Mexico City dan Bangkok.

Dalam survei INRIX 2017 Global Scorecard, Jakarta menjadi kota termacet kedua di Asia, menempati urutan ke 12 di antara 1.360 kota dalam riset ini. Lebih macet ketimbang Boston (60 jam, indeks kemacetan 10,6) dan dan ibukota Amerika Serikat, Washington DC (63 jam, indeks kemacetan 10,8).

"Jakarta adalah area urban terbesar kedua di dunia setelah Tokyo dan kita tidak memiliki sistem transportasi yang bekerja dengan baik,” ujar Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar di Jakarta, Rabu (24/10).

Ketika operasi komersial dimulai pada bulan Maret, fase pertama MRT senilai 1,2 miliar dolar akan menghubungkan area perumahan di selatan Jakarta dengan Pusat Jakarta dengan jalur sepanjang 16 kilometer. Jalur tersebut mayoritas dibangun di bawah tanah.

Jalur ini diharapkan mengangkut 170.000 penumpang setiap hari, dengan harga tiket yang sebagian besar disubsidi pemerintah, dan kemungkinan besar akan ada di harga Rp8.500 per 10 kilometer.

JICA telah memberikan lebih dari 2 miliar dolar pinjaman lunak untuk dua fase pertama proyek MRT ini. Fase ketiga—diestimasi senilai 4 miliar dolar—akan dibuka bagi lebih banyak investor, dan Sabandar mengatakan, proyek ini menarik ketertarikan dari Amerika Serikat, Tiongkok, dan Eropa.

“Targetnya adalah untuk memiliki sistem MRT sejauh 112 kilometer dengan lebih dari 60 stasiun di tahun 2025, dengan total biaya lebih dari 7 miliar dolar. Biaya itu tidak ada artinya dibanding tidak melakukan proyek ini", ujar Sabandar.

“Kami menghitungnya 5 miliar dolar per tahun hanya akibat jebakan kemacetan di Jakarta,” lanjutnya. “Jika Anda tidak mengatasinya, Anda akan kehilangan 5 miliar dolar setiap tahun," pungkasnya.

Dalam konferensi pers di kantornya di Wisma Nusantara, Kamis (28/6/2018) silam, Sabandar menyatakan tahap I menghabiskan biaya Rp16 triliun dengan panjang 16 kilometer. Sementara tahap II nilai investasinya lebih mahal, Rp 22,5 triliun dengan panjang 8,6 kilometer. Nilainya lebih mahal karena tingkat kesulitannya berbeda.
Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...eroperasi-2027

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027 Pesan verbal Liliyana Natsir

- Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027 Jembatan laut terpanjang di dunia ada di Tiongkok

- Target MRT tahap II rampung pada 2025, beroperasi 2027 Kegaduhan pembakaran bendera dan permintaan maaf

terima kasih rakyat Indonesia telah membantu membiayai program ini


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di