alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd0b563dcd77035278b4567/tanggal-lamaran

Tanggal lamaran

Halo semuanya.. gw mau cerita tentang sesuatu yg sampe udah pusing sendiri mikirnya hmmm

Let's start..

Gw punya cowo inisialnya M, dan kita udah ada niat untuk mengadakan lamaran.
Awalnya si M minta gw untuk cari tanggal, gw carilah tanggal bagus yaitu 19.01.19 dan M setuju. Segera kita bilang ke ortu masing" dan mereka oke.
Fyi, M berasal dari keluarga sangat mampu, dan keluarga dia mengusulkan (agak maksa) agar biaya tunangan dibagi 2 aja (karena di adat kita biasanya cewe lah yg membiayai acara lamaran), karena keluarga gw ekonominya menengah dan sekaligus menghargai niat mereka, gw sekeluargapun setuju.

Suatu saat, ibunya M diberitahu oleh kakaknya bahwa seharusnya biaya ditanggung pihak cewe. Kalo nanti menikah barulah pihak cowo.
Setelah dipikir, ternyata keluarga gw juga membenarkan dan akhirnya kamipun sepakat biaya ditanggung full pihak cewe (keadaan sudah tanya2 eo dan gedung)

Bagi yg tanya, cuma lamaran kenapa ada eo+gedung? Karena, itu awalnya permintaan ibu M, dia pengen acaranya dibuat semi-party gitu..

Singkat cerita, sekitar 80% vendor sudah dibooking dan DP (foto, baju, makeup, eo, mc). TAPI, tiba" ibu M bilang kalo saudara"nya gak bisa datang kalo hari sabtu karena pada kerja dan bisanya hari minggu atau kalo mau sabtu malam. (Dia kira 19 januari itu hari minggu, padahal gw udah sering menegaskan bahwa itu hari sabtu dan acaranya jam 10 pagi)
Disini cowo gw si M udah marah" karena sikap ibunya yg egois dan gak teliti, dia merasa malu sm keluarga gw


Beberapa kekecewaan gw:
1. Ibu M gak bilang dari awal kalo saudaranya hanya bisa hari minggu
2. Kok bisa"nya ibu M berasumsi sendiri kalo 19 januari itu minggu, kok gak dipastikan di kalender
3. Waktu ibu M ditelpon sama ibu gw, dia seakan" fine aja. Padahal setelah itu si M cerita sama gw kalo ibunya telpon dia dan marah"

Gw sama keluarga sudah membicarakan hal ini dan masih bingung jalan keluarnya.
Gw udah agak malu sama vendor" yg udah gw DP, karena sempat tanya perkiraan mundur dan pasti terkesan plin plan hmmm


Rencana acara Sabtu, 19 januari jam 10 pagi
SEANDAINYA
-Acara gw undur sabtu malam, MC siapapun sudah full karena itu hari sabtu, kalo adapun tarif mereka menjadi tarif wedding karena pasti banyak job
-Acara tetap berjalan sesuai rencana, dari yg awalnya 9 meja jadi 6 meja, pake eo dan mc.. kok kayaknya sepi dan jadinya malah lebay kalo ada eo mc
-Acara gw undur sebulan atau 2 bulan sekalian, DP semua hangus, dan pasti gw jadi berantem sama cowo gw karena cowo gw udah kesel sama sikap ibunya.. dia bilang kalo ibunya kyk anak kecil, pengen semua berjalan sesuai keinginannya (walaupun kalo didepan keluarga gw cuma iya" aja)

Fyi, gw juga ga ngerti kenapa dari yg awalnya ibu M pesen 4 meja (40orang), sekarang cuma jadi 1 meja aja hmmm kyk ga masuk akal, aneh aja gitu drastis banget
Gw sekarang di posisi serba salah, mau mundur DP hangus dan malu sama vendor", mau tetep sesuai rencana ga enak sama ibu M

M bilang harus jalan sesuai rencana, karena kita udah bahas ini dari 3 bulan lalu, kenapa ibunya sekarang baru minta mundur
Kalo kata M, seharusnya pihak cewe yg menentukan tanggal dan jam, dan pihak cowo harus bisa menyesuaikan.. dia kecewa sama saudara"nya kenapa pada gamau ngorbanin 2 jam aja buat hadir dan anak yg masih sekolah ngasih surat ijin.. padahal saudara"nya kebanyakan punya usaha sendiri yg bisa diatur sendiri
Gw juga punya pemikiran yg sama emoticon-Frown bahkan pas gw sekolah/kuliahpun kalo ada acara pasti kasih surat ijin acara keluarga

Tapi gw bingung bangettt
Gw ga enak banget sama vendor" yg udah dibooking, mau mundur sore tapi MC ga ada yg bisa emoticon-Frown
Mau mundur tanggal kasian ortu gw uang DPnya hangus emoticon-Frown

Tolong pendapat dan sarannya emoticon-Frown
Thank you all
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
kalo gw tanggal nikah dulu permintaan sodara jauh yg ampe 2 bln lebih, padahal ane pengen nya hari itu ngelamar, besok nya nikah emoticon-Big Grin
demi menghormati saudara jauh dan "adat", ane rela di undur...
hari H nikah gak ada satupun saudara jauh yg Dateng..
perasaan ane waktu itu cuma bilang "Oh ya udah"

Saran ane ke ente
1.Utamakan agama dibanding adat

2.Jangan sampai gara2 tgl menikah hub calon ente dan ortu nya jadi gak baik, alangkah lebih baik nya mengalah

3.Ini baru awal pra menikah, gimana saat hari H, atau pasca menikah? Masalah pasti terus ada.. Sabar salah satu kunci nya..

4.Landaskan pernikahan ente pada agama, insyaallah semuanya dimudahkan
Diubah oleh 4ltha
Balasan post 4ltha
Tapi sis, btw ibunya M didepan gw sekeluarga bilangnya fine" aja, gapapa kalo gak bisa berubah.. gak terus terang gitu
Misal cowo gw gak cerita juga gw gak bakal tau kalo ibunya marah" dll

Kadang gw mikir, kesalahan bukan dari pihak gw tapi seakan" disuruh nanggung semuanya emoticon-Frown
itu kan masih lama...
kalo DP itu 3 bulanan ya..? emoticon-Bingung (S)
Quote:


Sabar...
Seperti yg gw bilang sblm nya...
Ini baru cobaan pra nikah, apalagi pas hari H, apalagi pasca nikah....
Rajin2 tahajud
Quote:


Sabar...
Seperti yg gw bilang sblm nya...
Ini baru cobaan pra nikah, apalagi pas hari H, apalagi pasca nikah....
Rajin2 tahajud emoticon-Big Grin
Ya jelaslah tuh camer loe kalem di depan...kan jaga image.
Marah2 di belakang...ya krn kesel salah dia, tapi dia gamau disalahin...jadinya dia yg marah2...jadiii ga usah dipikiriiin mau camer loe jungkir balik juga. Ga bakal ngubah keadaan kan.

Ribet ya...tunangan aja pake diparty'in sih.
Skrg keputusan ya jelas di tangan kamu dan calon suami. Klo calon suami bilang terserah kamu...ya udah. Pilih mana yg terbaik aja. Klo kendala pindah jam..ga ada mc. Ya minta temen dket atau sodara deket ajalah yg maju buat ramein acara...mc cari yg murah atau nubie masa ga ada. Drpd hangus semua...mending nambah dana buat mc.

Ga usah malu ma vendor...ngapaaiiin. toh mrk kerja cari duit...bukan kerja buat ngurusin dan nanggung malu hidup loe. Ada2 aja sis...
Quote:


saran untuk MC dari temen, sepupu or keluarga aja sis (pengalaman ane waktu lamaran dl sepupu istri ane yg jd MC)..

Jd tanggal ga perlu mundur..

Sabar2 sis itu emng cobaan klo mau nikah..ada aja cobaannya...byk2 ibadah..
Gw dulu juga sempet mundur gan tanggal lamaran sama tanggal nikah malah hehe.. yg ngajakin mundur dari keluarga gw.. tadinya rencana mau lamaran akhir januari 2018 malah jadi mundur ke februari minggu kedua. awalnya mau nikah bulan mei, malah mundur jadi bulan juli. awalnya tgl 15 juli malah jadi 22 juli.. awalnya cowok yang udah jadi suami aku sekarang agak kesel karna kesannya di undur2 mulu, cuman ya untungnya mereka ngerti. waktu itu sih pas tgl nikah blm nge DP gedung, cmn untuk rias, undangan tglnya udh dibuat, tp untungnya undangan belum dicetak. jadi ya minta di revisi sama mbaknya. sama mbak2 rias jg langsung cepet2 ngasih tau.alhamdulillah mereka ngerti.
coba aja mbaknya tanyain dlu sama w.o nya kira2 klo diundur bisa gk gitu..
banyak2 doa ya sis, biasanya mau nikah memang banyak aja cobaannya..
Balasan post cewieClown
setuju ama sista ini.. ane jg pas tunangan gk ribet2 hehe.. cuman beli baju couple, beli cincin sepasang, ngasih tau kerabat2 nyari orang yg pinter ngomong di keluarga sama keluarganya dia (kami berdua yatim), beli hiasan2 ala2 yg sekarang kekinian di tempel deh ke dinding, trus sama masak2 dirumah.
mending duitnya buat abis nikah hahaha.. soalnya itukan cuman acara lamaran, kalau nikah gpp deh pakai party. tp ya terserah ts sih, kalau budgetnya banyak sih aku gk masalah
Balasan post bhethoro.kolo
Quote:


Iya gan, sudah terlanjur aku DP karena untuk booking tgl juga
wohohoho... secara logika ane, nyang keluar duit harus dihormati oleh nyang gak keluarin duit..
krn finally rumah tangga adl tim.
dan antar personel ntu berusaha utk saling menghormati.
ane lbh suka uang gelar acara nya dibagi 2, jd nnt ketahuan, org tua yg mana yg mudah dimintai bantuan fasilitas ketika rmh tangga butuh bantuan secara finansial atau moril. kita nyari rmh yg dkt dg salah satu dr orang tua kita tersebut.
* inget, nyang egois ntu jelek n biasanya pelit.
ni nyang begini nyang bikin ribet rmh tangga ampe cerai.
tanggapan ane mngkin bkn sebuah jawaban. tp ada makna tersurat dr tulisan gue.
Balasan post cewieClown
Quote:


Iyaa makanya itu sis.. saya kecewa banget kenapa ibu M gak teliti dan terkesan menganggap enteng
Kalo dari awal terus terang bilang gak setuju malah gapapa, itu gunanya diskusi kan....

Soalnya camer pengen ada acaranya sis, jadi ga cuma formalitas tunangan gitu.. acaranya ceremonial semi-party ntar ada MC yg mingle mirip" wedding gitu deh
Kalo MC ga berpengalaman takutnya malah bingung harus ngapain step"nya

Heheheh kalo cuma mundur jam sih masih gpp sis, cuma kalo sampe mundur tanggal itu loh.. sebenernya bukan karena malu, tapi semua DP yg hangus kan kasihan ortu gw juga emoticon-Frown
Balasan post meixhia96
Quote:


ya kalo emang ga bisa mundur, ya lanjutin aja gan, yang jelas orang-orang yang memang dianggap penting/pokok bisa hadir, toh juga saudaranya bisa hadir nanti pas diacara nikahan.
atau kalo emang kluarga cowo ente dianggap penting ama saudaranya, kan saudaranya bisa ijin/cuti/ga masuk kerja atau sejenisnya lah.. emoticon-Big Grin

Balasan post namaqdhea
Quote:


Kalo boleh tau, alasannya mundur kenapa sis??

Kalo saya karena banyak dari saudara ibu M ga bisa dateng dan terkesan gak mau mengusahakan, sedangkan ibunya M sendiri juga enggan melobi mereka hmm
Sampe si M pernah bilang gini "ini kan acara kita, kita yg mau tunangan, ya mereka harus bisa menyesuaikan.. kok malah kita yg menyesuaikan mereka? Apa nanti kalo menikah juga harus mengikuti mereka juga??"
Balasan post inginqtelanjang
Quote:


Iya gan gw paham hehehe
Gw juga sepemikiran kok...

Entah kenapa emang keluarga calon gw tuh agak gak konsisten.. awalnya A, pindah ke B, pindah lagi ke C, akhirnya balik ke A.
Beda sama keluarga gw yg kalo sudah A ya A.

Makanya gw sekeluarga sempet kaget juga pas ibunya M "narik" perkataannya yg minta biaya dibagi 2. Setelah gw memutuskan untuk menanggung keseluruhan biaya, calon gw bilang gpp bagi 2 aja. Tapi ya tetap, keputusan sudah diambil, jadi keluarga gw ttp bersikeras untuk menanggung semuanya
Balasan post bhethoro.kolo
Quote:


Nahh ini gann... saya juga mikirnya gitu ..
Padahal keluarga calon saya ini org yg paling kaya diantara keluarganya, tapi kenapa gak ada yg mengusahakan datang

Bahkan sampe calon saya mikir, apa ini ulah ibunya sendiri
Karena ibunya emg kekanakan dan cenderung gak mau ngalah, kalo sudah pengen sesuatu harus tercapai
Calon saya sudah marah banget, karena ibunya sendiri tega bilang "ya sudah kalo gini mama gak dateng", papanya juga ikutan bilang "kalo mama gak datang, papa juga gak"
Calon gw beranggapan bahwa ortunya malah lebih mementingkan dan membela saudara daripada anaknya sendiri
Sedihh saya gan sedihhh banget asli emoticon-Frown emoticon-Frown
dimana2 yg bayar yg pegang kendali... kalo gak bayar mah nurut aja. kaga bayar kok ngatur2...
Balasan post meixhia96
Quote:


lg lg tanggapan gue adl bkn sebuah jawaban. tp cuman gue mau nanggepin, calon lu bilang gpp bagi 2 aja. tp bagi lu keputusan sudah diambil.
nah ini nih.. gue jd ngebayangin diri gue adl calon lu.
secara dia laki laki ( apapun dia, udah sukses secara mandiri atau belum ) lu usahain aja deh dengerin pendapat nya.
n lu jaga jaga juga buat sediain penawar kekesalan nya.
lu kasih pengertian..
supaya cowok lu msh merasa pendapatnya dihargai walaupun klo blm sepenuhnya mandiri.
ya udah.
ok.. yg gue tahu klo mo nikah ato acara2 percintaan gitu. ntu org2 emang cobaan ada sih, satu atau dua cobaan, entah apa kek, inilah itulah, tp yg pnting lu berdua ttp rukun2 aja deh usahain.
Diubah oleh inginqtelanjang
Chinese ya sist? Lamaran pake acara makan2 semi party gitu.

Hati2 kalo liat camer belom nikah ama anaknya aja kelakuannya udah bikin jengkel. Dikira setelah married bakal hilang hal2 yang bikin jengkelnya? SALAH BESAR!!! Itu camer tetep bakal bikin sist jengkel, ane jamin, karena itu udah sifatnya. Udah married nanti, dikritik kalo ga bisa masak lah, rumah ga bersih lah, ga bisa kasih momongan lah, setelah lahir, ga bisa urus anak lah.
Siap ga sist buat ngadepinnya? Kalo bisa se, setelah married, tinggalnya jauh2 deh dr mertua, biar lebih damai. N suami jg gimana sikapnya, apa bisa berpikir kritis ato selalu nurut ama ortunya tanpa pake logika. Soalnya setelah nikah, bukan cuma menyatukan hidup kalian berdua aja, tapi jg keluarga besar kalian.

Wish u all the best sist.
Balasan post inginqtelanjang
Quote:


Soalnya kalo menurut adat emang seharusnya pihak cewe yg membiayai gan.. ya hitung" keluarga gw juga tau diri lah, bukan yg asal mau" aja dibagi 2.. soalnya kan udah sempet dicancel

Iya gan, untungnya gw dan calon sepaham kok, makasih ya gan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di