alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Jamal Khashoggi Tewas, Trump Sebut Penjelasan Arab Saudi Kredibel
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bcd457560e24b7c3f8b4569/jamal-khashoggi-tewas-trump-sebut-penjelasan-arab-saudi-kredibel

Jamal Khashoggi Tewas, Trump Sebut Penjelasan Arab Saudi Kredibel

Jamal Khashoggi Tewas, Trump Sebut Penjelasan Arab Saudi Kredibel


TEMPO.CO, Glendale – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan penjelasan pemerintah Arab Saudi soal tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi di kantor Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki, sebagai kredibel.

Trump mengatakan ini merupakan langkah pertama yang bagus dalam mengungkap kasus yang menyita perhatian dunia internasional ini.

Trump juga mengatakan bentuk sanksi yang akan dijatuhkan kepada Saudi terkait kasus ini tidak termasuk berupa pembatalan rencana penjualan senjata dan teknologi komunikasi kepada Arab Saudi.

Seperti diketahui, pemerintah Saudi berencana membeli senjata berteknologi canggih dari AS senilai sekitar US$110 miliar atau sekitar Rp1.700 triliun.

“Namun, Trump juga mengatakan apa yang terjadi sebagai hal yang tidak bisa diterima,” begitu dilansir ABC Net pada Sabtu, 20 Oktober 2018.

Seperti diberitakan sebelumnya, kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan kasus tewasnya kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi terjadi karena perkelahian antara Jamal dan sejumlah orang di kantor Konjen di Istanbul.

Ini terjadi pasca diskusi kedua pihak, yang kemudian mengalami eskalasi, sehingga terjadi perkelahian yang berujung tewasnya Khashoggi. Khashoggi dikenal kerap bersikap kritis dalam tulisannya di berbagai media massa terhadap kebijakan pemerintah Arab Saudi dan Putra Mahkota, Pangeran Mohammed Bin Salman, khususnya mengenai kebebasan berekspresi.

Pemerintah Arab Saudi telah menahan 18 orang yang diduga pelaku dalam kasus ini. 5 orang pejabat tinggi Saudi termasuk Deputi Kepala Intelijen Ahmed al-Asiri telah diberhentikan. Pemerintah juga memberhentikan penasehat dari Putra Mahkota Pangeran Mohammed Bin Salman yaitu Saud Al-Qahtini.

Sedangkan media Anadolu melansir Jamal Khashoggi tewas setelah sempat menjalani interogasi, yang berujung kacau, di Konjen Saudi di Istanbul. Ada 15 orang Saudi, yang sebagiannya merupakan pejabat intelijen, berada di dalam Konjen dan terlibat dalam kasus ini.

Mereka tiba di Istanbul pada 2 Oktober 2018 dan langsung menuju Konjen. Saat itu, Khashoggi sedang mengurus sejumlah dokumen terkait rencana pernikahannya dengan seorang gadis Turki.

Tim investigasi gabungan Turki dan Saudi telah menggeledah Konjen dan rumah konsul untuk mencari jasad Khashoggi pada Rabu hingga Kamis pekan ini. Hingga kini, petugas belum menemukannya.

Seorang pejabat Saudi membela Pangeran Mohammed dengan mengatakan dia tidak tahu-menahu soal pembunuhan itu. “Tidak ada perintah kepada mereka untuk membunuhnya atau bahkan untuk menculiknya,” kata pejabat ini secara anonim. Namun memang ada perintah untuk membawa para pengkritik terhadap kebijakan Kerajaan Saudi untuk kembali ke negaranya.

Soal jasad dari Jamal Khashoggi, pejabat itu mengatakan dia belum mengetahuinya. Ini karena itu diserahkan kepada ‘pembantu lokal’ di Istanbul. Tim investigasi dari Turki dikabarkan telah berupaya mencari jasad Khashoggi di hutan di pinggi kota tapi belum berhasil.


Sumber:

https://dunia.tempo.co/read/1138332/...l/full&view=ok
Halaman 1 dari 2
intinya saudi tetap akan dihukum, tapi tidak seberat seperti dugaan semula saudi dan publik lainnya
diem diem trump tetap belain saudi
karena kasusnya udah trlanjur kemana mana, jadi kudu bermain sandiwara hukum menghukum itu dulu, biar dunia senang
intinya sih gitu
yang penting duit jualan senjata tetap lancar gan emoticon-Ngacir
bhahahaa.. hipokrit sejati emoticon-Wakaka
kepentingan ada di atas HAM hem hom
salah sendiri si Saudi...
lagian mo ngebunuh orang di wilahah rival nya sendiri, habis lah d jadikan bulan2an emoticon-Embarrassment

Coba bunuhnya disini, Media yg berani publish kronologis kaya di Turki saat ini, pasti bakalan di demo besar2an kantornya emoticon-Ngacir
Balasan post Uthe18
Quote:


sebenernya daerah kedutaan besar bukan wilayah turki lagi, tapi sudah masuk saudi arabia
jadi bisa dikatakan ini masalah dalam negeri

yang menjadi masalah lagi jika turki punya rekaman kedutaan besar, itu dapat diartikan invasi teritory, juga tidak dibenarkan

masalah ini harus diselesaikan oleh pihak saudi, yang kedua baru turki atas persetujuan,
amerika bisa ikut campur krn korban pemegang permanent resident
sedangkan negara lain termasuk hanya bisa minta penjelasan saja terkait konstitusi mereka seperti penegakan ham
apapun perbuatan arab sangudi
bagi trump tetap yang salah iran

emoticon-Wkwkwk
Quote:


emoticon-Traveller
Quote:


Mad dog versi padang pasir

Gregetnya tiada duanya
Duit sogokan lancar makanya US kesannya diem, kedua belah pihak saling diuntungkan... :emoticon-Shakehand2
Diubah oleh hanifsaragih
ditekan habis"an sama EU, padahal niat awalnya trumo cuma buat raih simpati. sampe MBS dilengserin segala

lagian bunuh orang kok di konsulat, goblok betul emoticon-Traveller
Ghost protocol activated.

Hebat tuh 18 orang pengabdiannya ke kerajaan. Buat nutupin kejadian sebenernya.

Logika aja, kalo gak melibat orang besar, ngapain mesti nunggu 2 minggu buat ngaku?


Quote:


Agan tau hukum konsulat negara?

Biar konsulat ada di ibukota jakarta, u melangkah masuk tanpa ijin lalu ditembak, ga ada namanya pelanggaran karna anda dianggap invasi negara pemilik konsulat tsb
Balasan post akamamichi
Quote:


memang, tp ada pengecualiannya. seperti tindak kriminal dan terorisme

masa ada pembunuhan dibiarkan saja emoticon-Traveller


Quote:


Kekuatan absolute itu konjen

Makanya klu elu ngebunuhborg di kuar negeri, ngabur ke konjen aja 😂😂😂😂😂
iya setekah konfirm tranfer 100jt$
Balasan post akamamichi
Quote:


ngabur ke konjen juga tetep di proses hukum, lu belum pernah ke lar negeri ya? emoticon-Traveller


Quote:


Hahaha

Mau saya posting paspor bnyk stempelku 😂
Balasan post akamamichi
Quote:


ga perlu emoticon-Traveller
Balasan post neptunium
Khasoggi itu kenal dekat dengan asisten pribadi (aide) dari Erdogan dan tunangan Khasoggi adalah orang Muslim Brotherhood juga.. Dan sebelum masuk ke Consulat Saudi di Istambul, Khasoggi lebih dahulu berpesan kepada tunangannya agar memberitahukan ke asisten Erdogan bila dia tidak keluar dari Consulat.. Itulah sebabnya pihak Turkey dengan cepat mengamankan dan memeriksa CCTV (Surveillance camera) yang berada di sekitar Consulat..

Mengenai rekaman audio di Consulat yang disebut dimiliki pihak otoritas Turkey, kemungkinan besar itu hanya hoax belaka untuk menekan pihak Saudi..

emoticon-Angkat Beer



Quote:


Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di