alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / ... / Berita Olahraga /
LUAR BIASA...! ANAK MUDA INI BIKIN STADION BERTARAF INTERNATIONAL DI DESA TERPENCIL
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bccbf5cdbd770722e8b4567/luar-biasa-anak-muda-ini-bikin-stadion-bertaraf-international-di-desa-terpencil

LUAR BIASA...! ANAK MUDA INI BIKIN STADION BERTARAF INTERNATIONAL DI DESA TERPENCIL

 Kepala Desa (kades) Cisayong Kecamatan Cisayong Yudi Cahyudin menyulap lapangan sepak bola jadi lapangan bertaraf international. Pria berusia 36 tahun ini  adalah bobotoh setia Persib dan kalangan kaum milenial. Terobosannya membangun lapangan sepak bola bertaraf internasional memang awalnya dianggap ide gila. Namun dia tetap ingin Desa Cisayong punya ciri khas. Sesuai dengan program Nawacita ‘Ayo Bangun Desa’ yang salah satunya akan membangun fasilitas olahra Yudi bersama masyarakat Desa Cisayong bekerja keras membangun lapangan sepak bola tersebut.
LUAR BIASA...! ANAK MUDA INI BIKIN STADION BERTARAF INTERNATIONAL DI DESA TERPENCIL



Payung hukum untuk membangun lapangan sepak bola ini adalah Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Dana Desa Tahun 2018. (Pembangunannya pun sudah) disetujui oleh semua unsur masyarakat.

Sokongan dana pun seluruhnya berasal dari pemerintah. “Dananya dari dana desa tahun anggaran 2018 dan bantuan keuangan pemerintah provinsi. Jika ditotal biaya yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan TPT lapangan, perataan tanah, drainase, water sprinkle system, pasir dan pagar, sudah menelan biaya sebesar Rp 1,4 miliar,” tanasnya.
LUAR BIASA...! ANAK MUDA INI BIKIN STADION BERTARAF INTERNATIONAL DI DESA TERPENCILSUMBER

Untuk biaya biaya perawatan, pemerintah desa akan mengalokasikan dana sebesar Rp 5 juta per bulannya. “Itu meliputi biaya listrik serta penyiraman, pemotongan, dan pemupukan rumput,” papar Yudi.
Proses pembangunan lapangan sepak bola itu menurut Yudi masih akan terus berlanjut untuk bebrapa tahun ke depan sesuai anggaran. Dalam pengembangannya nanti akan ada ogging track dan tribun untuk penonton.
Yudi berharap lapangan tersebut nantinya akan membawa dampak positif yang besar bagi masyarakat sekitar. Tak hanya bisa digunakan sebagai tempat melepas penat atau rekreasi dan olahraga, tetapi juga dapat menggerakkan roda ekonomi daerah tersebut.

“Lapangan ini juga disewakan untuk masyarakat umum. Untuk satu kali main Rp 500 ribu. Nah, urusan sewa-menyewa ini sementara akan diurus oleh BUMDes Sakti Lodaya. Lalu, khusus untuk pembinaan generasi muda, baik sekolah sepak bola atau event tournament liga akan diurus oleh Sakti Lodaya Foundation,” paparnya.


Mengenai animo masyarakat terhadap lapangan desa ini, Yudi mengaku sangat puas. Bahkan masyarakat yang tadinya apatis mengaku bangga punya lapangan sepakbola sekaliber FIFA. “Alhamdulillah animo masyarakat sangat baik. Mudah-mudahan saja desa kami jadi icon untuk kemajuan sepakbola nasional,” 
Sumbetandasnya.(*)
Sumber: Galuhnews



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di