alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Puncak Kampanye Loire "Battle Of Patay"
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bcab99012e25740538b4571/puncak-kampanye-loire-quotbattle-of-patayquot

Puncak Kampanye Loire "Battle Of Patay"

Pertempuran Patay (18 Juni tahun 1429) adalah puncak kemenangan Kampanye Loire yang diluncurkan oleh Joan of arc dalam Perang Seratus Tahun antara kerajaan Prancis dan Inggris di tanah Prancis. Pertempuran itu juga menjadi sebuah momentum yang menentukan bagi Prancis sekaligus mengakibatkan kerugian terbesar bagi Inggris karena korps veteran Inggris berhasil dihancurkan. Kemenangan ini juga menjadi ajang balas dendam bagi Perancis kepada Inggris atas apa yang dilakukan Inggris dahulu kala di Agincourt.

Spoiler for Awal dan jalannya pertempuran:


Spoiler for Peran Joan:


Ketakutan Charles
Setelah pertempuran itu selesai, Joan segera pergi ke tempat Charles Dauphin dan terus memaksanya marching ke Reims untuk upacara penobatannya. Charles menyuruh Joan berhenti mengkhawatirkan dirinya, Joan yang keras kepala tidak mau mendengarkan alasan Dauphin, dan meyakinkannya bahwa dia harus segera melihat Dauphin untuk dimahkotai.

Charles, yang mulanya sangat antusias dengan keberhasilan Joan, mulai merasa takut dan khawatir karena ia begitu dicintai oleh publik, bahkan dia lebih populer melebihi dirinya sendiri. Charles khawatir suatu saat nanti "Maid of Orleans" dapat mengumpulkan kekuatan untuk melakukan apa pun yang dia inginkan. Lebih lanjut lagi, Joan berhasil memperoleh citra yang positif bagi tentara Perancis dan menginspirasi ribuan orang untuk mendaftar menjadi tentara. Tentara Prancis saat itu bertambah menjadi 12.000 orang, dan Charles tidak mampu membayar semua gaji para prajurit ini. Hal terakhir yang tidak dia inginkan adalah apabila ribuan tentara Prancis kelak tidak puas dan marah padanya, dia sangat takut mereka dapat memberontak dan mereka ini sangat setia kepada Joan.

Puncak Kampanye Loire "Battle Of Patay"

Dauphin Coronation, dibelakangnya Joan berdiri dengan tegak, menandakan betapa besarnya pengaruh dia saat itu

Hingga akhirnya Charles tidak dapat menolak keinginan Joan untuk pergi menuju Reims, penolakan Charles kepada Joan walau dengan sesopan apapun jelas akan menimbulkan ketidaksenangan dikubu militer Prancis yang saat itu sangat fanatik kepada Joan. Charles tahu bila dia menentang keinginan Joan, hal itu akan menjadi suatu kesalahan politik baginya, sehingga mau tidak mau, dia harus pergi menuju Reims untuk dimahkotai.

Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Reserved
Lihat 1 balasan
Balasan post liamonters
Quote:


beberapa note untuk Battle of Patay.

Prancis punya initiatif penuh setelah Siege of Orleans dicabut. pihak inggris dan sekutunya mengira Prancis yang sedang berada di atas angin akan menyerang wilayah utara yang lebih kaya secara ekonomis, seperti kota prancis misalnya. karena itu mereka memperkuat pertahanan di daerah sana.

walau inggris memahami kepentingan dari reims yang berada jauh di timur, tetapi mereka tidak memperkirakan bahwa Prancis berniat ke reims sekedar untuk kepentingan seremonial belaka. yakni seorang raja gak sah jadi raja pranics kalau tidak dinobatkan dengan minyak suci yang ada di kota reims.

siapa pun gak ngira, dan memang betul militer dan juga raja prancis gak mau ke reims. hanya 1 orang yang mau, yakni Joan. karena reims gak punya signifikasi apa-apa secara militer dan ekonomi. alias gak ada untungnya merebut reims. tetapi karena Joan ngotot akhirnya kepala militer prancis menjadi penengah dan menyebutkan bahwa mungkin ada baiknya, karena inggris pasti tidak siap apabila prancis menyerang ke timur.

benar saja, di patay inggris betul-betul tidak siap sehingga hanya memiliki kontingen 5000 orang yang sebagian besar adalah pemanah. mereka mengejar pasukan inggris dan hanya bisa mengintersep di sebuah jalan yang kurang begitu strategis.

terburu-buru waktu mereka gagal mempersiapkan blokade dengan baik.

di pihak lain prancis begitu niat menyerang tanpa berusaha kontak balik dengan induk pasukan. hal ini karena tingginya moral akibat dari kemenangan di orleans lalu. gerak cepat prancis membuat pasukan inggris yang posisinya belum foritfied kacau dan segera lari karena kalah kelas. moral yang berantakan segera membuat pasukan lainnya kabur dan sisanya men at arms/ infantri inggris ditinggalkan untuk dilabrak oleh kavaleri prancis yang segera dibantu oleh infantri berat lainnya.

dalam skala pertempuran, kali ini tergolong kecil tapi signifikasi dahsyat karena inggris begitu kecolongan dan tidak punya pasukan lain untuk bertahan di wilayah timur.
Quote:


yap, tar w mau rangkum kengototan Joan di sini.
emang bener satu2nya yg ngotot cuma si maid of orleans, dan terbukti, pertempuran patay ini benar2 jd momentum awal kemenangan penuh prancis atas perang 100 tahun. Seandainya pertempuran ini tidak terjadi dan prancis kembali kalah di tempat lain dimana militer Inggris lebih siap, mungkin moral awal pasukan perancis akan hancur kembali dan bukan tidak menutup kemungkinan, prancis akan kembali ke keadaan pasca agincourt
Lihat 1 balasan
Balasan post liamonters
Quote:


tapi di patay inggris gak mungkin menang. emoticon-Big Grin

pasukan inggris kelelahan mengejar-ngejar prancis, pasukan kavalerinya sedikit, dan kebanyakan minim berlatih sebab bukan merupakan frontliner. jadi seperti pasukan cadangan yang mencoba menghadang pasukan yang sedang kerasukan arwah kemenangan.

yang satu moralnya gak baik, yang satu sudah masuk level fanatik. akhirnya rout mudah terjadi.

patay gak mungkin kalah. apabila ke 1500 awal kalah sekalipun, main army nya prancis masih lebih besar dan berada gak jauh dari lokasi. sedangkan di pihak inggris, bala bantuan mereka masih belum diketahui apakah ada atau tidak.

rencana inggris memang menahan sembari memperkuat salah satu kastil mereka, tetapi hal ini tidak terlaksana karena gerakan pasukan terdepan prancis tidak bisa dibendung dan kota-kota ke arah reims satu per satu menyatakan kembali loyal terhadap raja prancis.
Quote:


well bisa dibilang, keputusan keras kepala joan ini benar2 berdampak besar thdp perancis kan? emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Balasan post liamonters
Quote:


betul. berkat Joan ngotot ke sana akhirnya prancis menang secara strategis.

tapi kemenangan ke reims sebenarnya tidak sesignifikan dalam narasi.

reims dan sekitarnya bukannya powerhouse dalam produksi maupun ekonomi. kemenangan di reims lebih kepada spiritual dan morale boost kepada legitimasi dari klaim dauphin baru. secara teater militer situasi belum berubah. lebih vital orleans daripada patay.

hal ini dibuktikan dengan bagaimana serangan Joan ke Paris setelah ini mengalami kegagalan total.
Quote:


siege of paris, pengepungan yang hanya akan menang kalo misalkan joan bisa memenangkan warga kotanya, lebih mirip kampanye emoticon-Big Grin
Sayangnya penyerangan itu sendiri seperti penyerangan setengah hati charles, baru dikepung sebentar sudah ditarik semua pasukannya untuk mundur kembali.
Dauphin yang percaya takhayul dan sudah berprasangka buruk duluan tambah kalut waktu "pusaka"nya joan rusak buat mukulin pelacur yang menggoda para tentara prancis.
Dilain sisi Dauphin lebih suka memenangkan Paris dengan berharap perpecahan antara inggris dan burgundy. Jadilah pertempuran itu pertempuran setengah hati.

Dilain sisi, sepertinya penduduk paris lebih suka dibawah inggris.
ane demen nih thread sejarah macam ini...
Quote:


Wah berarti orang Paris itu suka sama Inggris ya
sip baca dulu
mejeng pagi-pagi emoticon-Malu
Wemen stronk
bukanya yg meang nnti inggris y pas perang seratus tahun, stelah si jean dibakar..

Jean ini sering diambil tokohnya di anime
ohhhh jadi tau ane joan of arc itu mulai terkenal dari sini yaaa emoticon-Big Grin
pattay war
Nice thread gan
emoticon-Toast
Nyimak
Reserp dolo

Gembokep by anti.perusuh.
Puncak Kampanye Loire "Battle Of Patay"
Puncak Kampanye Loire "Battle Of Patay"

Diubah oleh anti.perusuh
mantap nih tambah lagi gan emoticon-Recommended Seller
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di