alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Satu Tahun Anies Baswedan, Apa Kabar 5 Program Unggulan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc200fd96bde619498b4567/satu-tahun-anies-baswedan-apa-kabar-5-program-unggulan

Satu Tahun Anies Baswedan, Apa Kabar 5 Program Unggulan?

TEMPO.CO, Jakarta -Anies Baswedan bakal genap setahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober mendatang, Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan dinilai masih banyaknya Pekerjaan Rumah (PR) yang terganjal dari janji Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pada masa kampanye Pilkada DKI 2017, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menawarkan sejumlah program unggulan dan janji seperti OK-Otrip, OK-OCE, Rumah DP 0 dan Taman Maju Bersama. Namun apakah semuanya sudah terealisasi ?

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai program dan janji Anies tidak berhasil diwujudkan dalam setahun ini. Menurut dia, ada kemiripan masalah dari program-program tersebut sehingga tidak bisa diwujudkan.

“Karena ketika program ditawarkan, tidak didukung oleh konsep yang matang, hanya menjadi sekedar janji kampanye,” kata Joga, seperti yang dikutip dari Tempo.

Berikut urutan dari janji kampanye Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang dinilai masih mengandung tanda tanya.

1. Rumah DP 0 Rupiah

Joga menilai tidak ada kemajuan signifikan dari program yang diperuntukkan bagi warga dengan penghasilan di bawah Rp 7 juta itu. Disamping belum terealisasi, dia menganggap pembebasan uang muka bagi warga belum jelas.

“Kalau tidak ada uang muka, lantas dibayar oleh siapa? Talangannya bagaimana? Ini belum jelas” ucap Joga.

Pemerintah DKI menggarkan Rp 800,6 miliar pada APBD 2018 untuk program itu. Groundbreaking di Klapa Vilage, Jakarta Timur telah dilakukan Anies pada Januari 2018. Namun, proses jual beli belum terlaksana lantaran sejumlah Peraturan Gubernur seperti tentang skema pembiayaan belum rampung.

Pemerintah DKI kembali minta dana Rp 717 miliar pada APBD-P 2018 dengan nomenklatur pinjaman daerah. Dana itu akan digunakan untuk pembiayaan fasilitas tunjangan uang muka anggaran dan fasilitas likuiditas pembayaran rumah DP 0 rupiah.

2. OK-Otrip (One Karcis One Trip)

Sejak awal digagas, Joga mengatakan program OK-Otrip menuai banyak kendala seperti minimnya peminat dari koperasi angkutan umum, alotnya penentuan tarif, serta penentuan rute. “Integrasinya juga masih jauh dari harapan,” katanya.

Uji coba OK-OTrip telah berjalan empat kali sejak 15 Januari hingga 30 September 2018. Hingga Juli lalu, hanya dua koperasi yang bergabung dalam program dari target 11 koperasi. Di periode yang sama, angkutan yang bergabung hanya 114 unit dari 2.000 unit yang ditargetkan tahun 2018.

Anies baru saja mengganti nama Ok Otrip dengan Jak Lingko sebagai rebranding program besutan eks Wagub DKI Sandiaga Uno. Menurut Anies, nama baru itu merepresentasikan sistem transportasi massal yang terintegrasi.

3. OK-OCE (One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship)

Untuk program yang satu ini, Joga justru pesimis akan berlangsung, khususnya sepeninggal Sandiaga Uno yang mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden. Kekhawatiran itu, ujar Joga, melihat sejumlah OK-OCE Mart yang berhenti beroperasi.

Selain itu, Joga berujar, pemerintah DKI juga tidak bisa menjelaskan jumlah wirausaha yang berhasil dicetak tahun ini. Informasi yang disampaikan ke publik hanya sebatas jumlah peminat. Tidak adanya informasi tersebut membuat keberhasilan program OK-OCE tidak bisa diukur. “Itu kan indikator,” katanya.

Berdasarkan website resmi OK-OCE, hingga September lalu, program itu diminati oleh sekitar 51.300 orang. Sekitar 27 ribu di antaranya mendaftar bidang kuliner ke Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, serta Perdagangan.

Target program ekonomi berbasis sharing economy itu adalah menciptakan 200 ribu wirausaha dalam lima tahun. Artinya, menciptakan 40 ribu wirausaha per tahun. Namun di lapangan yang mendapat pinjaman dana hanya sekitar 150-an orang dan baru 450 peserta OK OCE mengantongi izin usaha mikro kecil (IUMK)

4. Taman Maju Bersama

Joga mengatakan, prospek pembangunan Taman Maju Bersama yang digagas menggantikan konsep Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga tidak jelas hingga hari ini. Dalam beberapa kesempatan diundang oleh SKPD dan TGUPP, Joga justru mengaku ditanya bagaimana pembuatan konsep Taman Maju Bersama.

“Yang lucu lagi, sepuluh taman kota yang dibangun oleh Dinas Kehutanan itu sebenarnya bukan konsep Taman Maju Bersama, tapi mau diklaim menjadi Taman Maju bersama,” katanya.

5. Naturalisasi Sungai

Sama seperti Taman Maju Bersama, Joga menilai program naturalisasi sungai Anies untuk menggantikan konsep normalisasi era Ahok juga tidak jelas.

Karena keinginan naturalisasi itu, Joga berujar Pemerintah Pusat akhirnya membatalkan anggraran bantuan normalisasi. Akibatnya, penanganan banjir Jakarta tertunda. “Tetapi sekali lagi, TGUPP-nya malah nanya saya juga,” kata Joga.

https://metro.tempo.co/read/1134332/...ogram-unggulan

1 tahun gk ada hasil, sungguh mengecewakan emoticon-Leh Uga
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Umat 212 ketifuuuu
Quote:

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
Profesional kata jkt58 emoticon-Ngakak (S)
Keliatan tgupp ga bisa kerjaemoticon-Ngakak (S)
Quote:
bukan hanya anies, tapi TGUPP nya juga nggak ada hasilnya emoticon-Hammer2
Halah janji2 bullshit kayak gitu mah ga penting pak. Jkt58 sudah dijanjikan kavling surga, jenazah disolatin, plus dapet bidadari2an. Duniawi mah ga penting pak.
Maju kotorannya bahaya Warganya emoticon-Sundulemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
program auto mayit ?sukses berat tuh
sekarang banyak mayit gak perlu disolatin
Quote:


1 tahun kerja tanpa hasil itu sungguh memuaskan..
serapan APBN kan tinggi.. kelebihan Anies jadi Mentri kan Serapan anggaran yg besar..
hasil nol putul ya ngak apa2..

Yg penting kan Serapan Anggaran besar..

Harus bangga donk warga DKI terutama JKT58.. punya gubernur yg ngak ngerti kerja anak buah.. punya tim kerja melebihi menteri nya presdien..
gubernur bisa jalan2 ke LN dng pesawat kelas bisnis, bisa salaman n sholat bareng es degan di tulkiyem..

Ngak penting rumah susun apa rumah napak di tanah, yg penting bs dijual, yg beli ber KTP DKI, ngak perlu mikir ribet2 yg beli kaya miskin.. yg penting bs bayar..
syarat2 hanya formalitas.. pejabat mau borong keluarganya, wil nya, pil nya, juga boleh..

Ngapain rinet2 bikin aturan buat kontrol..

Namanya juga baru setahun ya kali semuanya bisa beres, justru yang ana lihat anies sungguh serius dalam merealisasikan semua janji kampanye nya contoh rumah dp 0%, sedang dalam tahap pembangunan ya kalau sekarang baru tersedia 700an unit namanya juga bertahap, ok otrip bukan cuma ganti nama tapi yang ana dengar ada penyempurnaan sistem
Nah kalau ok oce yang ana tau tetep jalan kok mengenai berita ada yang tutup tuh gerai ok oce itu hanya hoax jangan dipercaya
Mengenai 10 taman kota yang ana tau ada keterlibatan pemda dki dalam pembangunannya sehingga mau tidak mau ke 10 taman kota itu berkonsep taman maju bersama
Yang terkahir naturalisasi sungai juga sudah berjalan kok sayangnya ga terliput oleh media saja
Quote:


Tanah abang kembali semerwut gak bisa dilewati kendaraan.
Kota tua penuh pkl semewarut banyak preman malakin warga.
Alexis cuma rebrand kalo lu stay di jkt sekali sekali lewat sono.
Ok trip gak jelas.
Reklamasi lanjut tunggu 2019 siapa yg bakal resmiin + ilang sudah 15% kewajiban konteibusi dari pengembang
Ok oce gak jelas bilangnya dimodalin dicariin pembeli taunya cuma di ceramahrin sama motivator gak sampe 1jam abis itu orang orang pulang tangan kosong diceramahin sama orang yg ntah dari mana asalnya padahal makan biaya milyaran.
Taman kota banyak gak keurus udah jarang liat pasukan kuning yg dulu rajin bersihin sudut kota setiap saat sekarang udah jarang liat.
Tim gubernur berjumlha puluhan ekor makan anggaran milyaran hasilnya cuma becak.
Rumah dp 0% omong kosong tagihan tiap bulan belum biaya perawatan bakal ditinggalin dan ujung ujung jadi hunian spg spg peliharaannya om om.sebelum jkw ahok dateng jakarta udah ada ini progam yg sama juga haslinya zonk. Liat noh penampakannya di cakung karet tanah abang.

Gak usah denial ya nikmati aja emoticon-thumbsup
Diubah oleh revolushit.29
Quote:


baru 1 tahun, jangan cepat ambil kesimpulan
jokowi 4 tahun juga banyak yg belum terpenuhi janjinya
tolong bedakan janji anies yg belum terpenuhi
dengan kinerjanya yg keliatan badut
yakin ane soal rusun dp nil persen kemarin msh bnyk permasalahan, diseremonialkan cuman krn utk memperingati setahun nginjek jakarta
Point nomer 5. Itu bener2 fatal parah. Gara2 ngotot mau "naturalisasi", bantuan dana dari pusat untuk normalisasi sungai dan penanggulangan banjir Jakarta jadi gak turun buat dipake ngehandle sungai2 di Jakarta. Alamat pas musim hujan nanti orang2 Jakarta beneran mesti siap2 bakal tenggelam lagi kayak pas 2007 en 2013.

Tapi ya, sudahlah. Biarkan saja. Toh emang maunya warga DKI kan ngeliat Jakarta kembali tenggelam dengan epic kayak dulu2. Jadi ntar kalo ada yg mewek2 pas banjir, jangan mewek2 ya. You reap what you sown.


emoticon-Cool
sabar ya om tunggu bulan depan
OKE OCE??

DP 0 rupiah?!

Kayak pernah denger...

Kl ga salah pernah baca di sini :

Satu Tahun Anies Baswedan, Apa Kabar 5 Program Unggulan?
Taikers taikers laknat pada terguncang gagal moveEon si ngahox kafir bermulut comberan penista agama kalah kwkwkek

Satu Tahun Anies Baswedan, Apa Kabar 5 Program Unggulan?Satu Tahun Anies Baswedan, Apa Kabar 5 Program Unggulan?
mati ae anus bos uedan

emoticon-Ngakak
masih setahun oo
kalo belum telwujud lanjut dua feliode oo
bukan begtu tak?
Satu Tahun Anies Baswedan, Apa Kabar 5 Program Unggulan?
bahagia warganya kejang kejang nastaiknya
emoticon-Leh Uga
sangat gak yakin program2 gabener bisa terealisasi ...
program gaji gede buat TGUPP sukses besar ngabisin APBD emoticon-thumbsup:
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di