alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Terima Penghargaan Menteri Keuangan Terbaik untuk Asia Pasifik
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc1fb40dbd770cb278b4568/sri-mulyani-terima-penghargaan-menteri-keuangan-terbaik-untuk-asia-pasifik

Sri Mulyani Terima Penghargaan Menteri Keuangan Terbaik untuk Asia Pasifik

Sri Mulyani Terima Penghargaan Menteri Keuangan Terbaik untuk Asia Pasifik

Bisnis.com, NUSA DUA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets. 

Anugerah Finance Minister of the Year, East Asia Pacific ini diberikan sebagai apreasiasi terhadap upaya Sri Mulyani mempertahankan reputasi keuangan Indonesia ditengah kondisi yang lebih menantang ketika dia kembali menjabat Menkeu kedua kalinya.

Kebijakan yang diambil Sri Mulyani pun dianggap kredibel dan efektif.

“Bagi kami, reformasi di bidang perpajakan bukanlah kemewahan maupun pilihan. Itu adalah keharusan. Kita bersama dengan komunitas global berkomitmen dengan automatic exchange of information (AEOI) dan berkoordinasi dengan negara-negara untuk menghindari BEPS (Base Erotion and Profit Shifting). Kita terus berupaya meningkatkan kepatuhan pembayar pajak di Indonesia. Tidak ada negosiasi,” ujar Sri Mulyani ketika menerima penghargaan, Sabtu (13/10/2018).

Penghargaan ini diberikan di tengah Pertemuan Tahunan IMF-WBG Bali 2018. Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

Seperti ditulis oleh Global Markets, Sri Mulyani mendapat tantangan terbesarnya saat datang kembali. Perekonomian Indonesia menawarkan potensi besar tetapi memberikan beban persoalan yang serius bagi Kementerian Keuangan. Pengumpulan pajak telah lama menjadi masalah di negara ini, tetapi pemerintah juga berjuang untuk membelanjakan uangnya.

Sementara itu, menurut Sri Mulyani, kebijakan fiskal dan anggaran negara yang merupakan dua alat fundamental Kementerian Keuangan untuk mengarahkan pembangunan ekonomi harus dapat dipercaya dan menjadi tulang punggung reformasi kebijakan. 

Dengan sinergi dan dukungan berbagai pemangku kepentingan, reformasi fiskal dapat dipertahankan dalam tiga aspek penting dari anggaran negara Indonesia, yaitu pendapatan, pengeluaran, dan pembiayaan. Semua bertujuan untuk membangun anggaran negara yang lebih sehat, penuh kehati-hatian, dan lebih produktif.

Menurut Global Markets, Sri Mulyani telah mengatasi dua persoalan, yaitu pengumpulan pajak dan penyerapan anggaran pemerintah. Pengumpulan pajak tahun lalu (2017) mencapai 91 persen dari target, sebuah lompatan besar, dari pencapaian 83 persen pada dua tahun sebelumnya. Ini dibantu oleh kebijakan amnesti pajak yang membantu membawa kekayaan Indonesia di luar negeri kembali ke tanah air. Sementara belanja pemerintah tumbuh sangat cepat dalam tiga tahun sejak 2017, mencapai 21,1 persen dari PDB. Sedangkan serapan APBN meningkat dari 73 persen pada tahun 2016 menjadi 97 persen pada tahun 2017, level tertinggi dalam enam tahun.

Ia juga berperan untuk mengurangi kemiskinan, isu yang menjadi perhatian besarnya. Tingkat kemiskinan turun 0,6 persen antara September 2016 hingga September 2017, penurunan terbesar dalam lima tahun.

“Kita terus memastikan pengelolaan anggaran yang baik, kredibel, akuntabel dan prudent. Anggaran kita susun untuk mencapai tujuan pembangunan. Pengelolaan anggaran juga dilakukan secara prudent, dan lebih kreatif dalam mencari sumber pembiayaan. Anggaran digunakan untuk memberikan stimulus dan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar tidak selalu bergantung pada anggaran pusat. Tantangan kita adalah untuk menjaga akuntabilitas, kehati-hatian dan keberlanjutan anggaran,” imbuh Sri Mulyani.

Adapun tantangan untuk Sri Mulyani ke depannya, menurut Global Markets, adalah cara mendorong investasi infrastruktur sambil menjaga keuangan negara tetap stabil.

Pasalnya, kebutuhan untuk investasi infrastruktur berarti defisit fiskal yang menyusut atau sesuatu yang oleh sebagian besar menteri-menteri keuangan sebenarnya dilihat sebagai noda terhadap keuangan pemerintah.

Dalam kesempatan itu Sri Mulyani kembali menegaskan bahwa tantangan ke depannya yang lebih berat adalah isu nilai tukar, tekanan perang dagang dan sebagainya. 

Untuk itu, Indonesia akan mengambil langkah dengan membuat anggaran yang akuntabel, kredibel dan sustainable, akan wujudkan dengan peningkatan kualitas sunber daya manusia yang berkesinambungan.

Sebagaimana ditulis Global Markets, ketika Moody meningkatkan Indonesia ke peringkat Baa2 pada bulan April, itu adalah dengan pertimbangan akan ‘kerangka kebijakan yang semakin kredibel dan efektif.’ Ini menurut Global Markets, menggambarkan kekuatan utama Sri Mulyani-‘kredibel’ dan ‘efektif’ adalah kata-kata yang menggambarkannya dengan sempurna.

Sri Mulyani sebelumnya juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 oleh Emerging Markets Forum di Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF, Singapura 2006; Menteri Keuangan terbaik 2006 oleh majalah Euromoney; wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes 2008, dan terakhir ia dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai, Februari 2018.

http://m.bisnis.com/finansial/read/2...k-asia-pasifik

Ra terima protes kono karo global markets
Halaman 1 dari 2
ini baru EMAK EMAK patut diberi tepuk tangan...

bukan kek EMAK EMAK SEBELAH
emoticon-Wow
Selamat! emoticon-Ultah
Sri Mulyani Jadi SPG bagi IMF adalah Penilaian yang Jujur
RABU, 02 FEBRUARI 2011 , 10:30:00 WIB

Sri Mulyani Terima Penghargaan Menteri Keuangan Terbaik untuk Asia Pasifik
Sri Mulyani

RMOL. Penilaian bahwa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani adalah salah satu faktor penyebab hancurnya perekonomian Indonesia di era SBY adalah penilaian yang jujur. Penilaian itu, antara lain, disampaikan aktivis Justiani alias Liem Siok Lan dalam diskusi yang digelar Sabang Merauke Circle (SMC) hari Senin lalu (31/1).
Menurut Justiani, Sri Mulyani merupakan salah satu pihak yang menggadaikan kekayaan Indonesia ke pihak asing. Sebagai Menteri Keuangan, lanjut Justiani, Sri Mulyani juga merangkap sales promotion girl (SPG) bagi International Monetary Fund (IMF). Justiani juga mengatakan, Sri Mulyani mendapat succes fee sebesar 1 hingga 3 persen dari nilai pinjaman yang berhasil didapatkannya.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo, penilaian seperti itu dapat dimaklumi dan benar adanya. Kebijakan Sri Mulyani membuat banyak spekulan dari Amerika Serikat, Inggris, Hongkong, Tokyo dan Singapura memburu medium term note (MTN) karena menawarkan keuntungan yang berlipat.

"Interest rate differential-nya sangat besar. Kita jadi bahan tertawaan pelaku pasar dan pembuat kebijakan keuangan regional gara-gara MTN tersebut," kata Dradjad.

"Soal berapa besar success fee (yang diperoleh Sri Mulyani), saya tidak tahu. Tapi saya sepaham dengan sebagian besar statement Justiani. Itu pernyataan yang jujur dalam melihat rezim ekonomi Indonesia," demikian Dradjad
https://www.rmol.co/read/2011/02/02/...an-yang-Jujur-

--------------------------

wajar anak emasnya dikasih penghargaan setingi-tingginya ....

emoticon-Big Grin
ya sbg pion IMF antek liberal harus selalu diberi penghargaan secara rutin
apalagi disaat kondisi keuangan dan kurs rupiah terpuruk
Nasbung langsung ngamuk emoticon-Leh Uga
ini fasti konsfirasi asing dan aseng
Quote:
Ada bukti succes fee itu kaga sih? emoticon-Big Grin
Heran bener gua, ada yg di elu2kan di luar didalem malah di sinisin emoticon-Big Grin
Didalem bilang macan asia, diluar jd kucing persia eeh di elu2in emoticon-Big Grin

Aneh emoticon-Big Grin
masih kalah ama emoticon-DP neno warizmen
mantap emak2 satu ini..
Kalo yang ini sarapannya angka-angka. Bukan nyang onoh, ngaku-ngaku sarapan angka-angka kok masih ndlongop ajah..
Balasan Post annisa2019
Otak pecundang cuman mikirnya komisi, fee ato upeti.

Gimana mau maju? Dikasi pemghargaan tapi malah nyinyir

Balasan Post shijilorotelu
Kalah jauh sama valak RS
cara menilai majalah Global market ama nasbung ya beda lah
hmm kondisi ekonomi negara buruk tpi menterinya dpat penghargaan kalau dia menteri terbaik.
ini berarti klo gk sma sri mulyani situasi ekonomi bakal lebih buruk dari yg sekarang atau ini cuman penghargaan asal2an?
Balasan Post matthysse67
Quote:


Salut dan hormat sama emak2x yg ini bre ...
Berprestasi dan pintar ...
Klu yang ntu ?
Entahlah ... cubit pipi aja kali
Selamaatt Ibu Sri Mulyani emoticon-I Love Indonesia
Menteri Warisan SBY. Makasih SBY emoticon-Imlek
hore gak nih? : ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di