alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
[ASK] Perkimpoian Minang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc1e6ac94786839138b4567/ask-perkawinan-minang

[ASK] Perkimpoian Minang

Halo gan,, maaf sebelumnya pembahasan saya agak melenceng dari forum h2h soalnya gatau mau nanya kesiapa lagi emoticon-Frown

Ceritanya gini...
Sicewe, ayahnya orang minang ( Koto ) ibunya orang melayu ( Gatau suku apa )
Sicowo, asli orang minang ( Koto )

Yang mau saya tanyakan
1.Otomatis si cewe gada suku kan?
2.Apakah boleh dia menetap disuku ayahnya? ( Ayahnya udh meninggal )
3.Kalau dia menetap di suku ayahnya ( Koto) terus kimpoi sama cowo ( Koto) juga apakah boleh?? secara kan bukan sesuku murni??

Makasih sebelumnya gan, maaf agak ribet kata2nya emoticon-Shutup
Urutan Terlama
Quote:


1. yup
2. menetap maksudnya punya rumah dan tinggal di sono kan? ya boleh lah, orang luar juga boleh menetap.
3. boleh, lagian juga mana ada sesuku, kan si cewek ga punya suku.

sebagai bahan pertimbangan (yang nikah dengan suku yang sama.)

paman gw (yang sekrang dah punya cucu) ber suku melayu dan istrinya juga ber suku melayu, asli minang ke dua2nya
lalu gimana mereka bisa nikah?
yaa nikah aja
kata orang tua gw, meskipun nama suku nya sama, tapi yaa ga berasal dari kampung yg sama. ga tetangga an lah ya kira2 maksudnya,
Diubah oleh nanletsbegin
ga tau deh gan
Tanyak kepala suku ajah emoticon-Bingung (S)
Klo tanya kepala suku di sini jelas universalemoticon-Stick Out Tongue, maw kimpoi yg mana aj boleh asal sama2 manusia, sama2 suka tanpa embel2, dst..
Quote:


1.ada lah suku nya. Suku minang dan suku melayu.
2.ya boleh lah.
3.selama bukan muhrim ya gpp.
Cmiiw
[ASK] Perkawinan Minang
Udah baca buku atau nonton film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck belum?

Polemik yang terjadi untuk anak dengan Ayah bersuku Minang dan Ibu selain Minang.

Karena di Minang garis suku dari Ibu, maka si anak ikut suku Ibu, lah tapi Ibunya bukan Minang, gimana dong?
Mau ikut suku si Ibu yang garis keterunan dari Ayah, tapi suku Ayahnya Minang yang mana garis suku dari Ibu.
Bingung gak tuh? Wkwkwkwkwkwk
Di film itu kasusnya begini dan dia gak diterima di kedua kampung. Karena ya tidak ada suku yang jelas (?)

Tapiiii ini adat...untuk Minang perantauan udah ga terlalu mikir lagi. Simpelnya kalo ditanya suku bakalan jawab suku Ayah dan Ibu.

Pertanyaan kedua, tidak boleh ambil suku Ayah karena garis suku hanya diambil dari Ibu saja.
Kalo Ibunya bukan Minang?
Ya terima kenyataan kalo dirimu tak ada suku.

Pertanyaan ketiga, gak ada masalah untuk menikah karena si cewe bukan orang Koto yang artinya gak ada pertalian darah diantara kalian.

Good luck. Selamat menempuh hidup baru emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:


Ortu gue juga sesama suku Melayu, tapi beda kampung. Jauh lagi kampungnya jadi gak ada masalah, gak mungkin saudaraan juga kan.

Fyi buat yang bingung. Minang itu sukubangsa yang terbagi lagi ke beberapa suku misal;

Minang Melayu
Minang Pilliang
Minang Chaniago
Minang Sikumbang
Etc, etc kalo dijabarin banyak banget.
Diubah oleh miyarobins
Balasan Post nanletsbegin
2. menetap maksudnya punya rumah dan tinggal di sono kan? ya boleh lah, orang luar juga boleh menetap.

Maksudnya menetap apakah dia bisa menumpang disuku ayahnya itu gan jadi sukunya koto juga gitu, soalnya kata neneknya ( ibu ayahnya ) suku dia koto... mangkanya saya bingung kok bisa koto juga?


kata orang tua gw, meskipun nama suku nya sama, tapi yaa ga berasal dari kampung yg sama. ga tetangga an lah ya kira2 maksudnya

Tetanggaan sih engga cuman senagari gan, beda desa
tapi dia bukan asli sini sih, ayahnya doang yang asli sini ibunya orang pekanbaru
Balasan Post kucingkuncung
iyadeh gan makasih udh mampir emoticon-thumbsup
Balasan Post mibmobz
Ya mana tau ada kepala suku disini yang bisa jelasin secara spesifik emoticon-Big Grin
Quote:


Udah gue jelasin mendetail apa masih kurang? emoticon-Mad
Diubah oleh miyarobins
Balasan Post enam.kehendak
3.selama bukan muhrim ya gpp.
kalau diminang kan pantang kimpoi sasuku.. nah sicewe kan bukan murni suku minang asli, hanya pendatang yang menumpang kepada suku si ayah.. apakah masih berlaku pantangan tersebut?? secara kan bukan murni suku minang asli?
Balasan Post edoha
cewe sama cowo gan, bukan cowo sama cowo emoticon-Shutup
Balasan Post miyarobins
Pertanyaan ketiga, gak ada masalah untuk menikah karena si cewe bukan orang Koto yang artinya gak ada pertalian darah diantara kalian.

ooo gitu ya gan, tapi neneknya bilang kalau dia koto juga disni saya bingng kan tidak boleh ambil suku Ayah karena garis suku hanya diambil dari Ibu saja...
kalau misal nenek nya maksa dia ikut suku ayahnya terus kimpoi sama saya yang juga koto apakah masih berlaku "pantangan nikah sesuku"? kan bukan murni suku minang asli hanya menumpang??
Balasan Post miyarobins
jelas banget gan hehehe emoticon-thumbsup
Balasan Post oktavihendri
Quote:


klo udh berhadapan dengan orang tua
apalagi "nenek atau kakek" jangan sampai memperlihatkan kalau kita benar dan mereka salah, meskipun kenyataannya begitu
sehingga apa yang kita ingin kan bisa di lakukan

karena udh nenek si cewek yang turun tangan
yaa mau ga mau si cwo juga perlu diskusiin dengan orang tua. gimana menghadapi situasi seperti ini
kalau perlu PDKT jangan cuma sama mama dan neneknya aja, PDKT juga sama saudara2 ayahnya si cewek,
mana tau mereka sependapat dengan si cowok dan bisa memberi masukan kepada ibu mereka (nenek si cewek)
Quote:


Yakin se sub suku gak boleh?
Kamu maw pake agama ato pake adat?
Klo aq jelas pake agama.
Makanya aq bilang selama bukan muhrim bisa.
Aq kan keturunan minang yg besar di kalimantan.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di