alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Baik, Mudah dan Cepat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc1bd1cdc06bd8f678b4567/begini-cara-jumper-aki-mobil-yang-baik-mudah-dan-cepat

Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Baik, Mudah dan Cepat

Pernah ga sih kalian ketik sedang bepergian menggunakan mobik tiba-tiba mobil tidak bisa di starter? apabila benar kendala yang sering terjadi adalah kondisi aki yang sudah mulai melemah, rusak, atau bahkan soak. Dan apabila hal tersebut benar adanya, maka langkah yang paling jitu adalah menggantinya dengan menggunakan aki baru.

Namun problem lain yang mungkin menyebalkan ialah ketika mogok jauh dari bengkel, tentunya sangat membingunkan kan? Oleh karena itu pada lewat threade ini akan saya sampaikan cara sederhana untuk bisa menghidupkan kembali mesin mobil yang mogok dikarenakan aki soak atau sudah rusak, yaitu dengan cara jumper aki mobil.

Bicara jumper aki mobil, mungkin disini masih ada yang belum mengetahuinya. Padahal menurut saya ini adalah salah satu cara yang cukup mudah dilakukan agar mobil bisa kembali hidup. Bahkan alat dan bahas yang digunakan pun sangatlah sederhana sehingga kalian bisa mencobanya sendiri ketika mobil kalian mogok tak bisa di starter. Adapun langkah dan cara jumper aki mobil ini bisa kalian lihat di bawah ini.

Langkah dan Cara Jumper Aki Mobil

Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Baik, Mudah dan Cepat]


Yang pasti sebelum kita melakukan jumper aki mobil sebaiknya kita perhatikan dahulu hal-hal serta bahan dan alat yang kita harus sediakan untuk bisa mejumper aki dengan baik dan cepat. Oleh karena itu sebelum memulainya silahkan siapkan terlebih dahulu bahan-bahan sebagai berikut:

1. Kabel Jumper

Dalam menyiapkan alat dan bahan untuk menjumper aki ada beberapa part atau komponen yang memang harus ada, salah satunya adalah kabel jumper yang saat ini sudah banyak tersedia di marketplace. Berbeda dari kabel pada umumnya, khusus kabel jumper biasanya di buat dengan diameter minimal 10 mm, dengan setiap ujungnya sudah di bekali penjepit.

2. Aki Mobil yang Masih Bagus

Agar bisa berhasil dalam melakukan jumper aki mobil, sebaiknya gunakan aki mobil lain yang masih bagus dan baik serta memiliki daya yang full. Hal ini ditujukan agar proses jumper aki mobil bisa berhasil 100%. Kalaupun tidak ada aki, boleh ko menggunakan aki mobil lain yang sedang berada didekat kalian dengan cara mendekatkan mobil tersebut.

Nah setelah kalian sudah menyediakan alat dan bahannya, langsung saja kalian bisa jumper aki mobil tersebut dengan cara sebagai berikut:

1. Hubungkan Kedua Katub Aki

Langkah pertama yang harus kalian lakukan agar jumper aki mobil ini bisa berhasil adalah menghubungkan kedua kutub Aki dengan menggunakan kabel jumper yang sudah di sediakan. Namun untuk bisa memberikan keselamatan yang tinggi, sebaiknya kalian gunakan sarung tangan yang bersifat isolator agar nantinya tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan.
Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Baik, Mudah dan Cepat


Adapun cara menghubungkannya yaitu dengan cara kalian menjepitkan jepitan pada ujung kabel ke kutub positif (+) pada aki mobil yang soak dengan kutub positif (+) pada aki mobil yang akan menolong biasanya menggunakan kabel yang berwarna merah. Sementara itu kutub negatif (-) pada aki mobil yang soak juga di hubungkan ke kutub negatif (-) pada aki yang akan menolong dan biasanya menggunakan kabel berwarna hitam.

2.Tunggu Sejenak

Ketika kalian sudah menyambungkan kedua kutub dari masing-masing aki, agar cara jumper aki mobil ini bisa berhasil sebaiknya jangan terburu-buru kalian nyalakan mobil, namun tunggulah beberapa saat sampai setrum atau daya pada aki mobil benar-benar sudah habis. Semabri menunggu sebaiknya periksa kembali kondisi kabel jumper yang kalian pasangkan.

3. Mulai Hidupkan Mesin

Apabila setrum atau daya aki sudah dirasa habis, kalian tinggal menyalakan mesin atau starter mesin pada mobil yang tengah mogok. Dan agar jumper aki mobil ini bisa berhasil sebaiknya kalian lakukan secara perlahan hingga mesin mulai kembali menyala dengan baik kemudian tunggu hingga beberapa saat agar mesin benar-benar menyala dengan sempurna. Lalu bawalah ke bengkel untuk sesegera mungkin mengganti atau memperbaiki aki mobil yang soak tersebut.

Nah itulah beberpa langkah dan cara jumper aki mobil yang bisa kalian lakukan agar ketika tengah bepergian dan tiba-tiba mobil mogok bisa kalian atasi sendiri apabila memang aki yang menjadi penyeban tidak bisa distarternya mobil tersebut. Semoga bisa bermanfaat guys.

Sumber : mesinmotor.com
Diubah oleh: mesinmotorcom
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di