alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Supranatural /
Keistimewaan Bulan Muharram
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc1ac4d529a45ee6c8b4568/keistimewaan-bulan-muharram

Keistimewaan Bulan Muharram

Keistimewaan Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam agama islam, hal yang menunjukan tersebut ada pada firman allah pada surah At-Taubah ayat 36, yang berbunyi:
 
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”
 
Arti yang mendasar dari surah At-Taubah ayat 36 yakni dari dua belas bulan kalender hijriyah, terdapat 4 bulan haram (bulan yang mulia) salah satunya yakni bulan Muharram dan untuk tiga bulan lainnya adalah Zulqa'idah, Zulhijjah dan Rajjab.

Keistimewaan Bulan Muharram
 
Puasa ‘Asyura
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ibadah puasa yang paling baik setelah bulan Ramadhan, ialah melakukan puasa pada bulan Muharram.". Meski puasa di bulan Muharram bukan puasa wajib, tapi puasa Muharram akan mendapatkan pahala yang besar bagi Allah SWT. Khususnya pada tanggal 10 Muharram, atau dikenal dengan puasa 'Asyura.
 
Tingkatan Puasa 'Asyura
Pertama, melakukan puasa selama 3 hari berturut-turut yakni pada tanggal 9 (Tasu’a), tanggal 10 (Asyura), dan tanggal 11. Seperti dalil pada hadis Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, yang berbunyi :
Lakukanlah puasa Asyura, dan jangan sama dengan yahudi. Karena itu, lakukanlah puasa sehari sebelumnya dan sehari setelahnya. (HR. Ahmad 2191 dan Baihaqi dalam al-Kubro 8189).
 
Kedua, tingkatan kedua, puasa 2 hari, tanggal 9 dan 10 Muharram. Pada hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Jika Muharram tahun depan saya masih hidup, saya akan puasa tanggal 9.” (HR. Ahmad 1971, Muslim 2723 dan yang lainnya).
 
Ketiga, puasa tanggal 10 Muharram. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan janji khusus, yaitu kaffarah  dosa setahun yang telah lewat. Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan :
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”
 
Bulan Muharram sebagai Bulan Allah
Bulan Muharram termasuk diantara bulan-bulan Haram yang Allah haramkan untuk berperang atau berjihad, disamping itu bulan Muharram adalah bulan perdana dalam setahun.
Bulan ini juga sering dinamakan Syahrullah Al Asham. Dinamakan demikian, karena sangat terhormatnya bulan Muharram ini, maka jangan sampai ada konflik sedikitpun dibulan Muharram.
 
Amalan baik pada bulan Muharram
Seperti halnya diatas, sudah dijelaskan bahwa keistimewaan bulan Muharram yakni Allah melipat gandakan pahala amal soleh dan yang sunnah, maka pada bulan Muharram ini sangat bagus untuk memperbaiki dan memperbanyak kualitas ibadah kita. Seperti melaksanakan ibadah puasa.
 
Beberapa Peristiwa Bersejarah Pada Bulan Muharram

  1. Allah SWT menerima taubat Nabi Adam AS
  2. Turunnya Nabi Nuh AS dari Kapal Beliau
  3. Nabi Musa AS selamat dari kejaran Firaun



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di