alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc19879ded7706a308b4569/sabtu-13-10-20181134-wib-gempa-56-sr-guncang-bitung-manado-dan-minahasa-utara

Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara

13 Oktober 2018 - Gempa 5,6 SR di Bitung Sulut


Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara
CNN Indonesia | Sabtu, 13/10/2018 13:30 WIB

Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara
Ilustrasi gempa. (Istockphoto/Petrovich9)

Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Bitung, Sulawesi Utara.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan gempa 5,6 skala richter (SR) yang terjadi sekitar pukul 11.34 WIB, Sabtu (13/10) tidak berpotensi tsunami.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo lewat keterangan tertulis.

Gempa berada di 1.36 lintang utara dan 125.46 bujur timur, tepatnya di 38 kilometer tenggara Bitung, Sulawesi Utara dengan kedalaman 97 kilometer. 
Lihat juga:  Usai Gempa dan Tsunami, Palu Diminta Waspadai Banjir Bandang

Menurut Sutopo, gempa dirasakan selama lima detik oleh Warga Bitung, namun tidak menimbulkan kepanikan di tengah warga. Hingga berita ini dilaporkan belum ada laporan mengenai korbn jiwa atau kerusakan dampak gempa.

Sementara itu, Kepala Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Geof. Kelas I Winangun-Manado, Edward Henry Mengko mengatakan gempa dirasakan hingga Manado dan Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Kendati demikian, Edward meminta masyakarat Manado tidak perlu merasa khawatir atau cemas, meskipun harus tetap waspada.


Lihat juga:  1.602 Napi dan Tahanan Belum Kembali Pascagempa Palu

Sejumlah warga Manado yang berada di rumah mengaku terkejut dengan gempa tersebut, dan langsung keluar rumah. Alfien Manoppo, warga Tuminting yang kaget dan membawa cucunya keluar rumah mengaku khawatir gempa besar seperti di Palu.

"Saya kaget dan langsung membawa cucu berdiri di lokasi aman, takut kalau ada apa-apa, soalnya masih khawatir sebab gempa besar di Palu, Sigi dan Donggala," katanya seperti dilaporkan Antara.

Meski begitu dia bersyukur sebab tidak ada gempa susulan seperti yang dikhawatirkan sebelumnya, sehingga bisa tetap beraktivitas dan tak perlu mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Max Tatahede, mengimbau seluruh penduduk Manado, tenang karena tidak ada ancaman tsunami.

"Tetap tenang tetapi selalu waspada, dan kami minta jangan menyebarkan informasi bohong supaya tidak membuat warga panik," katanya.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...minahasa-utara

BBC London:
Gempa di Manado, Sulawesi Utara, warga panik berhamburan ke jalanan
2 jam lalu

Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara

Warga berlarian ke luar pusat-pusat pertokoan di Manado, ketika gempa bumi mengguncang. Sebagian yang lain langsung menuju tempat parkir, dan berusaha ke tempat lain dengan kendaraan mereka, mengakibatkan kemacetan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya gempa bumi di Sulawesi Utara berkekuatan 5,6 SR, namun tak berpotensi tsunami.

Peristiwa gempa di Sulut kali ini terjadi pada pukul 12:34 waktu setempat (11:34 WIB), Minggu (13/10), 38 km tenggara Bitung, pada kedalaman 97 Km.

"Guncangannya terjadi beberapa lama, orang-orang panik, dan lari ke luar," kata Eva Aruperes, seorang wartawan di Manado.

Menurut BMKG dalam info berkelanjutan di akun Twitter mereka, guncangan dirasakan di beberapa wilayah di Bitung, Tondano, Airmadidi, dan Manado.

Belum jelas apakah ada kerusakan dan korban.

Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara

Di pusat perbelanjaan di Kota Manado, pengunjung berhamburan keluar. Olga Pangkey, saat berada di Multimart, Manado, menceritakan karyawan hingga pengunjung berhamburan keluar.

"Semua lari keluar. Namun untungnya masih teratur. Jadi tak ada korban. Tapi di parkiran, semua kendaraan langsung ke luar ke jalan hingga menyebabkan kemacetan," kata Olga kepada Eva Aruperes yang melaporkan untuk BBC Indonesia.

Ada pun Muhamad Abbas, seorang warga Kota Manado, saat terjadi guncangan langsung lari ke luar rumah bersama anaknya.

"Saya langsung lari keluar. Soalnya masih trauma dengan berita-berita gempa di Palu. Apalagi keluarga saya banyak di Palu sana," kata Abbas. Namun, lanjut dia, setelah gempa berhenti, dia bersama anaknya langsung kembali ke dalam rumah.

Dan memang, tak sampai 5 menit setelah gempa, dan tak ada tanda-tanda guncangan lagi, masyarakat di Sulawesi Utara mulai beraktivitas lagi.

Di Kabupaten Minahasa, guncangan terasa kuat, kata Eva Aruperes yang sedang berada di rumah saudaranya, di sana.

"Terjadi kepanikan, karena rumah berguncang-guncang. Tapi rumah tema=patsaya tinggal untungnya rumah kayu, jadi walaupun panik, agak tenang juga," katanya pula.

Di Minahasa Selatan, sebagian warga bahkan tak merasakan adanya guncangan. Marma Lintjewas, mengaku tidak tahu kalau terjadi gempa."O, ada gempa? Soalnya getarannya tidak terasa," katanya.

Betapa pun, media sosial di Sulawesi Utara ramai dengan percakapan mengenai hal ini.

Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet, hingga pukul 13.10 Wita (12;10 WIB), hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dengan kedalaman menengah akibat aktivitas zona subduksi lempeng Sangihe Timur menunjam ke arah Tenggara lempeng Laut Maluku," kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kota Manado, Bitung, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," katanya.

Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara

Ini merupakan gempa terbaru sesudah gempa yang disusul tsunami yang menghantam Sulawesi Tengah, khususnya Palu dan Donggala, dua pekan lalu (28/9), yang menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Sebelumnya, pada Kamis (11/10) juga terjadi gempa di Situbondo dan Sumenep yang menewaskan tiga orang.
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-45848369

------------------------

Semoga tak banyak kerusakan dan korban ...



emoticon-No Hope



emoticon-Takut

the eartquake is coming again!


Diubah oleh annisaputrie
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Quote:
Salah satu kandang taikers gerombolan femuja fenista agamaemoticon-DP
Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara
Diubah oleh crottafterkiss
mugo ae ora nemen nemen korbane
GEMPA MANADO 13-10-2018 - Pk.11.34 WIB



The EARTHQUAKE is COMING ... and COMING Again!
Balasan post crottafterkiss
Quote:


gunung2 yg kokoh yg ditancapkan supaya bumi tidak bergoncang udah expired ya tong

katanya buku sumber ilmu pengetahuan alam semesta emoticon-Wakaka
Quote:


Kalo DIA berkehendak semua bisa digoncangken dalam sekejaf ..emang ente bisa goncangken tong??emoticon-Big Grin
Diubah oleh crottafterkiss
Balasan post crottafterkiss
Quote:


gunung2 ditancapkan supaya bumi TIDAK bergoncang





kontradikshit dong dan expired pula gunungnya emoticon-Wakaka
Diubah oleh pocong.212
Quote:


Tidak goncang sesuai kehendakNya..begitufun akan digoncangken sesuai kehendakNya..faham yaemoticon-Imlek
semoga pak.joko 2 periode
Balasan post crottafterkiss
Quote:


mubazir kertas dan tinta kalo ujung2nya cuma kontradikshit

emoticon-Traveller
Balasan post crottafterkiss
Quote:


emoticon-Big Grin

banyakan mana ama gempa di daerah pemuja bowok ?
Quote:


Kontradiksi bagi orang2 yg tidak berfikiremoticon-Big Grin
Balasan post crottafterkiss
Quote:


termasuk sang jendral yg mempertontonkan kedunguannya ditifu nenek nenek centil, itu juga atas kehendak-Nya ya kuy emoticon-Leh Uga
Quote:


Banyakan femuja fenista agama yg mewek..dan kali ini digoncangken lagiemoticon-Big Grin
Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara
Balasan post crottafterkiss
Quote:


mau dipajang cuma gak tega kontradikshitnya kentara banget

2 ngatain tidak bergoncang, 1 ngatain bergoncang

agar sama terfaksa ditambah (tidak)



Quote:

Kena tifu itu manusiawiemoticon-Big Grin
Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara
Balasan post crottafterkiss
Quote:


ntar 2019. nasbung terguncang lagi

lebih dahsyat dari ahokers terguncang emoticon-Big Grin
Quote:


Jangan suka berandai andai bruremoticon-Big Grin
Sabtu, 13/10/2018,11:34 WIB: Gempa 5,6 SR Guncang Bitung, Manado dan Minahasa Utara
Diubah oleh crottafterkiss
Quote:


Tidak atas kuasanya begifun goncang atas kuasa nya fula..simple kok kalo bisa mikiremoticon-Big Grin
Dibilang jangan ngadain pesta maksiat buat para Rentenir kok tetep bandel si Kodok plonga-plongo..
Kena azab lagi kan rakyatnya.. emoticon-Big Grin

Pemimpin yg tidak amanah memang sumber azab.. emoticon-Big Grin
Bandel sih..
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di