alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Penyakit Skoliosis Mengancam Nyawa? Ketahui Dengan Jelas!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc195f9620881f37c8b4567/penyakit-skoliosis-mengancam-nyawa-ketahui-dengan-jelas

Penyakit Skoliosis Mengancam Nyawa? Ketahui Dengan Jelas!

Penyakit Skoliosis Mengancam Nyawa? Ketahui Dengan Jelas!

Skoliosis merupakan kelainan yang terjadi pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang. Tulang belakang pada penderita skoliosis akan terlihat melengung ke samping, umumnya bagian tulang yang sering terlihat melengkung adalah dada dan bagian bawah punggung.

Penyakit skoliosis paling sering terjadi pada anak-anak sebelum masa pubertas dengan kisaran usia 10 sampai 15 tahun. Anak laki-laki dan perempuan memiliki risiko yang sama untuk mengidap penyakit skoliosis, namun anak perempuan akan lebih rentan untuk mengalami perburukan gejala dengan begitu memerlukan penanganan yang memadai.

Gejala Skoliosis

Skoliosis juga bisa menyebabkan nyeri punggung, namun tidak semua penderita skoliosis mengalami hal ini. Skoliosis yang terjadi pada orang dewasa akan menyebabkan nyeri punggung pada titik lengkungan dan nyeri ini bisa bertambah apabila lengkungan tulang belakang semakin parah.

Skoliosis juga bisa memengaruhi sistem saraf apabila ujung saraf tertekan oleh salah satu atau lebih tulang belakang yang melengkung. Hal ini bisa menyebabkan kaki terasa kebas atau lemah, Inkontinensia urin atau tinja, dan sebagian penderita juga akan mengalami disfungsi ereksi.

Sulit bernapas dan nyeri hebat biasanya akan dirasakan oleh pnederita skoliosis remaja dan dewasa apabila tulang belakang yang melengkung bertambah parah. Oleh sebab itu, deteksi dini dibutuhkan untuk mencegah skoliosis mencapai tingkat keparah lebih lanjut.

Komplikasi Skoliosis

Apabila tidak diobati dengan benar, penyakit skoliosis juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti:


  • Masalah jantung dan paru-paru. Skoliosis dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan jantung akan kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh karena tertekannya jantung dan paru-paru oleh rongga dada.
  • Masalah Punggung. Nyeri punggung jangka panjang dan artritis umumnya menimpa orang dewasa yang ketika masih kecil terkena penyakit skoliosis.
  • Masalah saraf. Penderita dewasa dengan kondisi tulang menekan saraf berpotensi mengalami komplikasi seperti nyeri punggung, kaki lemas atau mati rasa, tidak bisa menahan pengeluaran air seni atau tinja, bahkan kesulitan ereksi bagi pria.


Selengkapnya klik disini
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di