alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bestari: Apa Hebatnya Naik LRT sehingga Harus Bayar Rp 15.000?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc178ae60e24bbc398b4572/bestari-apa-hebatnya-naik-lrt-sehingga-harus-bayar-rp-15000

Bestari: Apa Hebatnya Naik LRT sehingga Harus Bayar Rp 15.000?

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta Bestari Barus mempertanyakan tarif yang akan dikenakan kepada penumpang light rail transit ( LRT) Jakarta apabila sudah beroperasi nantinya. Bestari mendengar rencana tarif yang akan dikenakan Rp 15.000. Menurut dia, tarif itu terlalu mahal.

"Apa hebatnya naik LRT ini sehingga harus bayar Rp 15.000?" tanya Bestari dalam rapat pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: LRT Jakarta Baru Bisa Dipakai Awal 2019

Bestari kemudian membandingkan LRT Jakarta dengan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek yang tarifnya murah. Padahal, gerbong KRL juga menggunakan AC seperti LRT.

"Kenapa enggak kayak (KRL) dari Jakarta-Bogor aja cuma Rp 5.000, AC juga itu gerbongnya," kata dia.

Jakarta Bestari mengusulkan agar subsidi atau public service obligation (PSO) tarif LRT diperbanyak. Dengan demikian, warga tidak perlu membayar tarif Rp 15.000 sekali perjalanan. Menurut Bestari, warga akan enggan naik LRT Jakarta apabila tarif yang dikenakan mencapai Rp 15.000.

"Uang banyak, rakyat dibikin susah. Saya kira kalau bisa PSO-nya dibesarkan, rakyat jadi senang," ucap Bestari. Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto menyampaikan, usulan tarif LRT Jakarta yakni Rp 15.600. Namun, tarif LRT Jakarta nantinya akan ditentukan Pemprov DKI. Meskipun ada usulan tarif hingga Rp 15.600, penumpang tidak akan dikenakan tarif sebesar itu karena akan ada PSO yang diberikan Pemprov DKI.

Baca juga: Tarif LRT Palembang Rp 5.000 tanpa ke Bandara, Rp 10.000 jika sampai ke Bandara

"Nanti tarif yang ditetapkan lebih rendah dari Rp 15.000, itulah sistem PSO berjalan," kata Dwi dalam kesempatan yang sama. Adapun Proyek LRT dibangun oleh PT Jakarta Propertindo terbentang sepanjang 5,8 kilometer dari Velodrome hingga Kelapa Gading di Jakarta Utara.

Proyek tersebut awalnya ditargetkan selesai sebelum perhelatan Asian Games 2018 yang digelar 18 Agustus lalu. Namun, LRT Jakarta diprediksi baru bisa beroperasi secara penuh pada Januari 2019.
Baca juga: Tarif LRT Palembang Disubsidi Rp300 Miliar Tahun

sumber https://megapolitan.kompas.com/read/...bayar-rp-15000
Diubah oleh ikardus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
bisa lebih murah caranya angkot oke trip masuk rel LRT emoticon-Salaman
segalanya akan terasa mudah dilalui kalo dimulai dgn alfatekah bruremoticon-Imlek
Quote:
Duit buat sibsidi tarif LRT udh diabisin buat gaji tim2 gak guna dan program2 gak jelas emoticon-Ngakak (S)
Quote:


gw setuju kalau 15rb itu mahal untuk transportasi massal dan juga gw setuju jika pemerintah memberikan PSO agar lebih murah (maks Rp8rb misalnya) emoticon-thumbsup

tapi yg gw gak setuju itu membandingkannya dengan KRL emoticon-Embarrassment
itu KRL kan udah lama, tinggal pemeliharaan2 aja dan yg baru2 cuma kereta dan signal system. Kalau LRT kan emang semuanya serba baru bangun dari 0 semua yg butuh investasi triliunan emoticon-Amazed
Kalau membandingkannya dengan sama2 kelas mass transport dan dapat PSO diantara ke 2 nya, bolehlah emoticon-Wink
pso dari pemfrov jekardah? omong kosong lah. beda kalau pso-nya untuk fara seniman seferti nenek sarung karet atau untuk rumah tapak eh rusun dp 0 yang jelas2 untuk warga jekardah. pso untuk lrt? no way lah karena yang naek lrt fukan cuma warga jekardah. femfrov jekardah utamanya wan babu kan harus fenuhi janji ke warganya fukan warga sekitar emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
setau gw ini lrt dulu mau di komersilin sama si ahok dipasangin iklan2 biar bisa neken cost dan murahin ongkosnya
Diubah oleh CumiGorengManis
Menilai mesti proporsional, tarif 15rb itu untuk jarak brp ?
Tidak bisa langsung disamakan dgn krl jakarta bogor yg cm 5rb tp tingkat kenyamanannya dibawah busway
Diubah oleh Vikutorika
Balasan post Uthe18
Quote:


Mungkin yg diarah utk konsumen LRT ini adalah para komuter OKB yg suka pake mobil LGCC makanya agak di mahalin

Kalo cuma goceng bakal kecampur ama kaum miss queen yg bakal bikin penuh sesak dan dorong2an rebutan kursi

Akibatnya kaum mafan akan balik lagi pake mobil LGCC nya ke kantor dan bikin macet

Udah bener sih dipisah

Kaum missqueen tetep naik komuter sambil jambak2an rebutan kursi

Kaum OKB LGCC duduk tenang nikmatin AC LRT yg lengang dan nyaman

Boss horang kayah beneran tetep naik mobil nya yg harga milyaran pake supir pribadi tapi tetap harus bayar ERP

Duit hasil ERP dan laba LRT bisa dipake utk subsidi komuter




Diubah oleh Newbie2010
Balasan post Newbie2010
Quote:


Naik LRT sambil jambak2an udah mainstream

Trennya sekarang kan sambil buka resleting n nyemprotin cairan kemana2

emoticon-Big Grin

Balasan post CumiGorengManis
Quote:




Betul. Udah rencana lama sejak era Ahok.

But, menurut saya mending diambil jalan tengah deh. Kasih lah 8rb atau 10rb sbagai tarif promo.

Nanti kalo orang udah ngerasain nyamannya, baru dinaikin jadi 12rb.

Tapi jumlah penumpang ttp harus dibatasi sesuai jumlah kursi utk menjaga kenyamanan.

Daripada naik mobil sendiri bakar bensin 2-3 liter buat PP rumah ke kantor masih harus fihgt di kemacetan disenggol motor, serempetan spion sesama mobil, dll

Toh naik mobil di kantor juga ga bikin bangga karna mobil ga dibawa masuk kantor, cuma ditaruh diparkiran panas2an atau di basement.

KRL bs murah krn d subsidi sm pemerintah . dulu jg KRL ada kelas2nya . ada yg eksekutif,exspres dan ekonomi. cm d jaman jonan kelas kereta d tiadakan.
dan KRL mngkin bs murah krn bangsa kita gak membangun . bangsa kita cm menerima warisan KRL dan sistem kereta lain dr kolonial belanda.
dan alasan terakhir yg gw liat bahwa bangun jalan/ rel d atas permukaan tanah ato sistem jembatan layang itu ongkosnya 3X lbh mahal. serta membangun jalur d bawah tanah (subway) ongkosnya 5X lbh mahal dr d permukaan tanah.
jd dgn harga 15 rb naik KRL itu udh murah meriah. klo mo murah bs naik busway tp silahkan kena macet
lrt itu bagus ga kena macet, cuma harus lebih kreatif untuk manfaatin sarana yg ada untuk menghasilkan uang supaya tidak terlalu membebani penumpang, contoh nya dengan memasang poster d seluruh gerbong itu bayaran nya bisa mahal.. ayo lebih pintar lagi buat para pengelola lrt emoticon-Smilie
Komen nggak mirror nih orang,
LRT itu memang tidak ekonomis karena hanya mampu mengangkut sedikit orang. jadi mau nggak mau ongkos perorangnya mahal.

Nirwono Joga, akademisi sekaligus praktisi tata kota dan tata ruang, tak terkejut mendengar keterlambatan tersebut. Ia lebih terkejut ketika tahu LRT yang dipilih sebagai moda transportasi untuk dibangun di Palembang.

“Kalau bicara ekonomi, itu rugi. Setelah Asian Games, siapa yang mau pakai?” katanya saat saya menemuinya di daerah Cinere, Depok.

Menurut Joga, yang juga mengamati pola perkembangan kota-kota olahraga dunia, dalam sisi transportasi kota, LRT adalah jenis transportasi yang paling dihindari. Muatannya terbatas, dan secara teknis lebih mahal serta boros ketimbang MRT. Belum lagi biaya perawatan yang mahal.

“Jadi, pilihan LRT itu biasanya pilihan terakhir kalau bicara untung-rugi,” kata Joga.

jadi kurang cerdas kalo mempertanyakan kenapa ongkos LRT mahal,
seharusnya bertanya kenapa yang dibangun LRT ?
seharusnya bertanya siapa yang mensetujui bangun LRT ? ngahOK
Perasaan td liat di IG kalau tarif LRT cuma Rp.8500,- deh


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di