alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Kuliah Metalurgi, Prospek Menjanjikan Gaji Melimpah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc15c2012e257db0b8b4568/kuliah-metalurgi-prospek-menjanjikan-gaji-melimpah

Kuliah Metalurgi, Prospek Menjanjikan Gaji Melimpah





Kuliah Metalurgi, Prospek Menjanjikan Gaji Melimpah

Teknik Metalurgi mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung dalam logam. Dari kandungan kimia tersebut, para mahasiswa akan memahami fungsi masing-masing jenis logam untuk kehidupan sehari-hari. Program studi Teknik Metalurgi memang kalah populer jika dibandingkan dengan teknik pertambangan dan perminyakan, teknik sipil, atau teknik industri. Meski begitu, para insinyur metalurgi sangat dibutuhkan saat ini. Selain ekstraksi logam, metalurgi juga mempelajari produksi logam.

 

            Mungkin banyak dari kalian yang belum paham atau malah belum kenal tentang metalurgi. Jadi gini gan, Indonesia itu kaya akan bahan tambangnya jadi sayang dong kalau misalnya dibiarin aja tapi nggak diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat.  Pertambangan Di Indonesia menjadi pilar penting dalam menyokong perekeonomian Indonesia, bayangkan saja jika saham Freeport 100% dipegang oleh Indonesia, itu saja belum perusahaan lain yang bergerak di bidang penambangan.

 

            Namun semenjak di berlakukan UU Minerba No 4 Tahun 2009 yang berisi tentang pengolahan bahan tambang sebelum melakukan penjualan. UU Minerba No.4 tahun 2009 juga memberikan pengaruh yang besar bagi perusahaan tambang di Indonesia, yaitu izin pertambangan atau IUP berlaku menjadi persepuluh tahun dengan maksimal tiga kali perpanjangan kontrak dan diperketat proses pengajuannya, barang tambang harus diolah terlebih dahulu tidak boleh langsung dijual, kecuali batubara boleh langsung dijual karena termasuk barang tambang non-processing, dan hutan lindung tidak boleh ditambang secara terbuka dan harus mendapat persetujuan terlebih dahulu untuk tambang bawah tanah dengan memperhatkan Good Mining Practices.

 

            Untuk mewujudkan UU tersebut Program Studi Teknik Metalurg dapat melakukannya. Teknik Metalurgi sendiri terbagi dalam Ekstraksi, Material, Dan Mesin. Dalam Metalurgi ekstraksi akan dipelajari bagaimana pemurnian hasil tambang sehingga dapat meningkatkan nilai jual bahan tambang tersebut. Gajinya juga lumayan loh. Meskipun metalurgi kalah populer, tapi kamu bisa memilih program studi ini karena prospek kariernya tak kalah menjanjikan jika dibandingkan dengan jurusan teknik yang lain. Di Inggris, para insinyur metalurgi mendapatkan gaji pemula sekitar £20,000- £25,000 per tahun. Untuk kuliah di jurusan ini, paling tidak kamu mempunyai ketertarikan pada logam dan mesin.

 
            Bisa jadi bahan pertimbangan nih buat yang mau milih jurusan kuliah tapi masih bingung. Teknik Metalurgi masih dibutuhkan buat Indonesia Kedepannya karena UU tersebut aja seperti belum terealisasikan, dan masih membutuhkan SDM dengan lulusan Tambang atau yang bergelut di bidang Tambang.
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di