alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo
5 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc156fedad770385f8b4567/pns-pegawai-swasta-atau-wiraswasta-nih-cpns-2018-masuk-aslinyalo

PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 (Gen Y masuk). #AslinyaLo

Halo agan sista tersayaaang emoticon-Pelukemoticon-Peluk
Balik lagi nih sama TS nubie sama thread baru. Mumpung lagi rame-ramenya ada tes CPNS gitu.
Nah yang ts mau angkat kali ini tuh sebenernya enakan mana sih kerja jadi pegawai swasta, jadi pns, apa wiraswasta ya? HEHE
Ini semua pure dari pendapat ts ya, kalau misal ada yang beda pendapat atau mau ngasih pendapat komentar aja di bawah emoticon-Malutapi jangan dibully ya gansis emoticon-Malumalu.

PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo
Oke langsung aja nih gansis, cuss ke event yang lagi hype banget di tahun 2018, yap apalagi kalau bukan penerimaan CPNS 2018, abdi negara yang semoga aja bisa bekerja sesuai amanah nantinya emoticon-I Love Indonesia.
Profesi sebagai PNS nih emang lagi hype banget nih. Selain karena tunjangan pensiun, yang pastinya nanti kalau gansis sudah tua ga ngrepotin anak lagi, juga malah mungkin bisa bantu keuangan anak kita nantinya. emoticon-Malu (S)
Selain itu juga gaji PNS ini selalu naik kan setiap tahun, tanpa perlu demo-demo, soalnya gaji pns dihitung kenaikannya berdasarkan inflasi terhadap rupiah nih.
Nih gansis grafiknya (Sumber: Detik Finance)
PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo

Trend ini sebenarnya wajar sih gan, ngeliat jaminan hidup dan masa depan yang pasti.
.
.
O iya sebelum kita lanjutin baca, jangan lupa ya buat kasih cendolnya emoticon-Cendol Gan dan mohon buat ga dilempar emoticon-Lempar Bata ya gansis, sakit rasanya. Maklum kan ts hatinya lembut emoticon-Malumalu.
.
Oke, lanjuut....

Nah dari grafik itu bisa dilihat nih gaji pokok buat PNS yang trendnya semakin naik. Buat gambaran aja nih gansis, gaji pokok (gapok) buat cpns lulusan s1 aka sarjana yang berarti di golongan 3A dengan pengalaman 0 tahun itu 2.456.700, itu sama di semua daerah. Terus yang bedain apa dong? Yang bedain tunjangannya gansis. Kalau di pusat tunjangannya bakalan lebih gede daripada yang di daerah. Tapi kalau misalnya kita di daerah yang deket ama perbatasan atau memang konsumtifnya mahal misal di Kalimantan juga bakalan dapet tunjangan yang lebih besar dibandingkan daerah yang konsumtifnya lebih rendah. Gituuu.
Misal nih, tunjangan di Kalimantan sama di Jawa Tengah mesti lebih besar di Kalimantan. emoticon-Jempol

Itu tadi positifnya kalau jadi PNS ya gansis, soalnya kan di saat ini masih banyak generasi x di lingkungan kita. So, kalau kita jadi PNS masih dianggap suatu hal yang keren.
.
Kita bahas generasi dulu deh biar ga bingung lanjutin bacanya:
PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo
Nah itu buat penjelasannya gansis. Pahamin dulu ya, soalnya pembahasannya bakalan panjang ini, kita coba buka wawasan dan sharing bareng, kalau ada yang mau sharing bisa comment di bawah ya emoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantik.

Kita bahas yuk, kenapa buat ortu-ortu kita jadi pns itu pekerjaan idaman banget.
Buat yang masih main kaskus, kemungkinan adalah generasi x, y, maupun gen z kan ini. Dan ortu kita kemungkinan di generasi babyboomer atau gen x.
Memang sifat dari mereka gansis buat cari pekerjaan yang sifatnya longterm dan stable. Jadi jangan heran kalau misalkan di lingkungan kita sekarang jadi PNS itu masih dielu-elukan karena katanya kalau sudah jadi PNS atau sekarang sebutannya Aparatur Sipil Negara (ASN) itu sudah pasti masa depannya jelas.emoticon-Wow

Oke sip. Cukup buat intro.
Kita lanjut deh buat bandingin antara PNS, Pegawai Swasta, sama Wiraswasta biar konten ini ga mlenceng kemana-mana.
PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo
Nah ini sampai tahapan yang menarik, kita bahas sifat dari generasi Y (Millenial) yang merupakan peserta tes CPNS 2018 ini. Kok bisa gen Y doang? Ya iya dong, kan ada di syaratnya. Nih:
Sesuai Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017, pada prinsipnya setiap warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, sepanjang memenuhi 10 (sepuluh) persyaratan sebagai berikut:
1) Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar.
2) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
3) dst.

Nah di situ sudah jelas kan gansis, minimal 18 tahun (Kelahiran tahun 2000) dan maksimal 35 tahun (kelahiran tahun 1983), yang berarti semua merupakan gen Y.
Kalau dari sifat gen Y yang percaya diri, berorientasi terhadap kesuksesan, toleran, kompetitif, dan haus perhatian emoticon-Malumalu, ts bisa kasih pendapat aja sih kalau PNS kayanya bukan pilihan yang tepat. Soalnya gini nih gansis, kalau kita di PNS kita ga bisa berkompetisi yang sebegitunya, soalnya semua dinilai berdasarkan masa kerja, jadi kalau masa kerjanya lebih lama ya lebih diperhitungkan dan gajinya lebih gede, ga ngeliat kapasitas orangnya gimana emoticon-Sorryemoticon-Sorry.
Sampai ada yang nyebut PNS itu Pagi Nunggu Sore, karena gaada motivasi buat bekerja lebih. Lah kan ntar bisa jadi Kabag, Kabiro, Kasi, dll? Itu ada syaratnya gansis, masa jabatan x tahun, usia minimal x tahun. Kan ga asyik ya misal mau jadi yang setara manajer gitu harus nunggu tua dulu. Tapi balik lagi ya gansis kalau ini semua itu pilihan.
.
.
TS sekarang kerjanya di swasta, di BUMN milik China nih.  Menurut TS yang baru bekerja 1 tahun, bekerja sebagai swasta jauh lebih bisa buat fasilitasin gen y deh. Ya walaupun TS ga jelas ada di gen Y atau Z, soalnya lahir di 1995. (Ada yang bilang di Gen Y ada juga yang bilang Gen Z). Oke skip bahas TS sebelum mual ya hehehe emoticon-Wakaka
Jadi gini nih, kalau kita kerja di swasta gitu, kita bisa perform lebih dibanding di instansi pemerintah, soalnya kalau kita bagus kita dinilai atasan baik ya kita bisa naik gaji bahkan bisa naik jabatan, ga harus nunggu kerja x tahun kaya di pemerintahan, tapi ya kalau kerjanya jelek ya siap-siap aja langsung dimarahin wkwk, atau malah didepak. emoticon-Nohope
Nah sifat kompetitif dan haus perhatian dari gen y nih bisa banget buat dimanfaatin di swasta.  Kalau misal ngrasa ga berkembang tinggal cari kerjaan di kantor yang lain, lebih mobile gitu lah kalo bahasanya orang sekarang.
Kerja 2 tahun, dapet pengalaman, pindah kerja ke tempat baru, naik gaji, naik jabatan emoticon-Sundul Up.

Kalau di PNS? Gabisa gan, kenaikan gaji itu berkala, misal nih mau naik golongan (biar naik gaji paling ngga harus naik golongan)  dari golongan 3A ke 3B, mesti nunggu 4 tahun terus naiknya cuma kisaran ratusan ribu (di luar tunjangan).emoticon-Bingung


Yuk gambar lagi biar ga bosen:
PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo
Kalau lihat di infografiknya, ntar nih gansis di tahun 2025 Gen Y bakalan ngedominasi 75 persen jumlah pekerja hari ini, so kalau misal ngeliat ini, kita bakalan jadi pekerja paling banyak nih di sektor pemerintahan maupun swasta. Kita akan menjadi bagian penting dari kemajuan negeri ini emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh.


Mantep ya bahas pegawai?
Udah bosen belum?
Belum kan ya?
Buktinya masih baca nih sampai baris ini hehe,
Habis ini tenang kita bahas sang entrepreneur , berjiwa bebas, menggaji diri sendiri dan menggaji orang lain.

PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo

Ya sekarang kita bahas si pejuang kita di sisi lain untuk ekonomi Indonesia.
Orang yang berada di tahap ini, tidak lagi terkungkung dengan aturan dan juga dengan tanggal gajian. (Haha curcol abis deh) emoticon-Wakaka.
Nanti di bawah bakalan ada video yang isinya bandingin pegawai sama entrepreneur, ada wawancaranya juga.
Dan ada bocoran income dari wiraswasta/pengusaha yang udah sukses di bidangnya, ataupun yang baru saja mulai usaha.
Sekarang di zaman yang familiar sekali dengan teknologi, buat bikin usaha  udah ga perlu lagi mikir berat kaya dulu, yang harus nyari tempat dll. Sekarang buka toko tinggal buka hp doang tokonya buka, dong!! emoticon-Menang
PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo
Lahan tokonya ada di layar hp gansis, ga perlu puluhan m2, cukup 4 inchi aja emoticon-Ngakak (S).
Banyak orang yang udah bosen jadi pegawai, tapi kalau ditanya mau jadi apa, pengennya bikin usaha. Giliran ditanya mau rencana usaha apa, eh belum tau. Ini sih umum kok, wajar.
Banyak yang udah jadi pegawai tapi sebenernya jiwanya ga di situ, tapi kalau mau keluar terus jadi pengusaha masih takut kalau nanti usahanya gagal lah, keuangan jadi berantakan dll. emoticon-Sorry
Usaha memang bakalan selalu ada up and down-nya, apalagi kalau masih awal-awal. Tapi kalau dijalanin karena emang passion dan seneng mesti bakalan bisa dilewatin kok dan happy ending. Intinya niat yang baik aja kalau kata orang yang selama ini udah ngejalanin usahanya.
.
Pengusaha ini bukan lagi ladangnya orang-orang tua, sudah banyak pengusaha yang sudah sukses di usia muda, atau mereka biasa bilang FFB30 (Financial Freedom Before 30). Kalau mau baca soal Financial Freedom nanti bisa liat di forum kok, banyak yang udah bikin soal itu.Intinya kalau wiraswasta sebenernya ladang yang paling hijau buat para generasi Y yang lebih kreatif dan butuh pengakuan dalam hal yang berbeda. Kalau masih ragu, investasi dulu aja.
.
.
Di bawah ini bisa dicek ya gansis buat yang mau tau kehidupan pegawai swasta, dan juga pengusaha.

Keseharian gawe jadi pegawai swasta:
&t=14s

Sharing sama temen yang sama-sama kerja di swasta + entrepreneur muda:
&t=2s

Ngobrol ringan sama entreprenur senior (Pemilik Roti Bakar "Legend"  - Roti Bakar Eddy Lebak Bulus)


Link channel yt: http://www. youtube.com/yustisianatikahapsari/

Buat yang mau tau kisah sukses mereka silakan dicek aja di youtube TS ya gansis emoticon-Smilie, jangan lupa buat like, comment, share, and subscribe ya ; Dan buat thread ini ditunggu cendolnyaaaemoticon-Cendol Gan.
.
.
.
Intinya sih kerja itu ibadah gansis, selain cari salary juga cari kenyamanannya, jadi work with passion, jangan sampai kerja asal kerja yang akhirnya malah ngerugiin orang lain karena performa kita. See you on the next threademoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Haiemoticon-Hai
Diubah oleh kelelawar14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
maap anuku cuma mau komen
tiada pertamax karena pertamax harganya naik emoticon-Shutup
Mostly itu yg jabat kasi,kabid sampe sekda tergantung siapa kepala daerahny jg bre..
Yang mana aja yang penting dapat hasil yang layak emoticon-Ngacir
Pns susah om
Mending dokus jualan


Quote:


Pertamax Turbo juga gan 😭😭

Quote:


Ya gitu gan, pinter2 cari relasi lah kalau kata orang 😎, eh ini nepotisme bukan? 🙀

Quote:


Haha emang iya gan?

Quote:


Nah itu, yang penting dompet tebel lah yaa 😁😁

Quote:


☝️Jiwa pengusaha 👍
podo ae


sing penting ojo korupsi emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss



Quote:


Sing korupsi hukum mati wae piye? 🤣
Balasan post kelelawar14
Quote:


undang2 e gurung onok sam emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss
Ada tipe org yg bisa memiliki bos n ada tipe org yg tdk bisa memiliki bos emoticon-Cool


Quote:


Cen ga bakal ana sam, mesti sing diangkat issuene melanggar HAM blablabla.

Quote:


Sejatinya semua orang ingin jadi bos gan, tapi daripada jadi bos lebih baik jadi pemimpin. Pemimpin ga harus punya anak buah, jadi pemimpin untuk dirinya sendiri setidaknya. ☺️ IMHO
Wirausaha yg gak pake modal,,,
jd "ayam"...

PNS, Pegawai Swasta, atau Wiraswasta nih? (CPNS 2018 masuk). #AslinyaLo
Umk tiap daerah beda2 apa lagi yg kota kecil, kerasa bgt klo yg kerja di swaata
Balasan post kelelawar14
Quote:

Jualan jajan ringan sama es teh
Moga lancar gan


Quote:


Yang halal-halal aja gan

Quote:


Iyasih gan soalnya pendapatan daerah juga beda-beda kan jadi penghasilan buat pegawai ngikutin itu juga

Quote:


Cendolnya boleh lho gan 😂😂
jadi pns/swasta/bumn sekaligus wiraswasta aja udah, kalau perlu merampok atau pengangguran sekaligus pns/swasta/bumn?

cari uang kok mesti liat2 kerjaannya dulu
kalo tlaten apapun juga bisa
gw dulu juga anti banget nyari kerja jd PNS..tp setelah lulus kuliah dan susah nyari kerja, dapet kerja hasilnya dikit, akhirnya ngikutin saran ortu ikut tes CPNS sejak th 2008 dan baru bisa lolos th 2013 di kementerian kelautan dan perikanan punya bu susi, penempatan di Bali... emoticon-Cool


Quote:


Ya iya dong gan, IMHO harus liat kerjaanya dulu apa, halal apa ga nya sesuai sama passion apa ga. Kan pengaruh sama kinerja juga, kerja kan ga cuma nyari duit doang, duit yang didapet berkah apa ga kan juga penting emoticon-Smilie Kalau misal kita dapet gaji gede padahal kinerja kita ga sesuai kan gimana juga gan. Ga cuma soal gaji dikit, gaji gede tapi kinerja ga sesuai juga. Makanya threadnya tadi panjang lebar bahas beberapa aspek. CMIIW

Quote:

Betul banget Gan, optimis!!

Quote:


Hidup itu pilihan gan, kalau pilihan emang mau jadi PNS ya gaada salahnya. Btw selamat ya 👍👍 Sudah jadi orang pilihan dari sekian banyak pendaftar. Semoga amanah dengan pekerjaannya, biar berkah dengan apa yang didapatkan 👍👍 jos.

gan ikut nanya dongs emoticon-Wowcantik
Halo selamat pagiii semua agan2, gan gw newbie nih(uda keliatan) wkwkwk, perkenalkan gw adalah seorang pejuang cpns di tahun 2018 ini, namun ada sesuatu yg membuat gw masih ragu di H min satu pendaftaran ini, minta tolong dong kesediaan agan untuk memberikan saranlangkah apa yg harus gue lakukan gan, jadi gue mau daftar di salah satu intansi kementerian , formasi auditor , kebetulan background penddikan gw kan perikanan tuh, nah gw kan belum tahu menahu soal auditor , soalnya kagak pernah kan dpt itu materi, nah yg gue raguin, apakah seorang lulusan perikanan layak menjadi auditor , dan ketika layak dan bisa masuk dalam formasi tersebut , mohon sarannya gan...
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di