alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peneliti: 'Hujan Kaca' Menghunjam Jakarta Jika Gempa
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc1534196bde6263a8b4567/peneliti-hujan-kaca-menghunjam-jakarta-jika-gempa

Peneliti: 'Hujan Kaca' Menghunjam Jakarta Jika Gempa

Peneliti: 'Hujan Kaca' Menghunjam Jakarta Jika Gempa

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 16:00 WIB

Peneliti: 'Hujan Kaca' Menghunjam Jakarta Jika Gempa
Ilustrasi gedung pencakar langit di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti geografi dan tata ruang Badan Informasi Geospasial (BIG) Yosef Prihanto memprediksi akan terjadi hujan kaca apabila terjadi gempa bumi di Jakarta. Prediksi Yosef ini berdasarkan banyak gedung-gedung pencakar langit yang memiliki banyak kaca.

Yosef mengatakan ketika gempa, kaca akan pecah dan serpihannya akan menghujani orang-orang yang berada di bawahnya. Tentu hujan kaca ini akan memakan korban luka hingga jiwa.

"Pernahkah terpikir kaca gedung pencakar langit di Jakarta bisa pecah dan jatuh sebagai hujan kaca ketika terjadi gempa bumi," tutur Yosef di bilangan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (11/10).

Yosef kemudian mengingatkan sesungguhnya ada potensi gempa di Jakarta.  Pasalnya ada sesar aktif yang membentang sekitar 25 kilometer di selatan Jakarta. Sesar ini adalah kepanjangan dari sesar Baribis.

"Saya mengingatkan ada patahan di selatan Jakarta. Itu potensial gempa, lalu orang lupa atas potensi ini. Kita harus ingat ada potensi gempa  dari patahan di selatan Jakarta," tutur Yosef.

Ucapan Yosef tersebut mengacu pada jurnal geodesi yang disusun peneliti Australia Achraff Koulali pada 2016. Koulali menemukan adanya sesar Baribis yang melintang di selatan Jakarta. Selama ini sesar Baribis dianggap hanya membentang dari Cilacap, Jawa Tengah hingga Subang, Jawa Barat. 

Dalam temuannya, sesar Baribis ini melintang  dari Purwakarta, Cibatu (Bekasi), Tangerang dan Rangkasbitung. Sesar ini  ternyata melewati beberapa kecamatan di Jakarta seperti Pasar Rebo, Ciracas, Jagakarsa, dan Cipayung.

Dalam jurnal Koulali menyebutkan peneliti Ngoc Nguyen menemukan adanya gempa besar di Jakarta yang disebabkan oleh Sesar Baribis pada tahun 1780 dan 1834. 

Pada tahun 1780, gempa tercatat berkekuatan 8,5 skala Richter (SR). Sedangkan pada tahun 1834 gempa berkekuatan 7-7,7 SR kembali mengguncang Jakarta.  Gempa pada tahun 1780 disebut sebagai gempa terkuat yang pernah menggungcang daerah Jawa Barat.

https://www.cnnindonesia.com/teknolo...rta-jika-gempa

Potensi Gempa di Jakarta Menurut BNPB



Kepala BMKG bicara skenario tsunami tanpa peringatan dini



Jakarta itu rawan BENCANA ... memang benar kok!

Quote:


--------------------------------

Peneliti: 'Hujan Kaca' Menghunjam Jakarta Jika GempaPeneliti: 'Hujan Kaca' Menghunjam Jakarta Jika Gempa

Emang ada tempat yang aman bila eloe saat ini tinggal di INDONESIA? Semua terancam bencana alam. Soal waktu dan giliran aja tempat eloe berada dikirimin bencana itu. Makanya, jangan banyak bikin dosa dan maksiat, biar itu si bencana nggak cepat-cepat menghampiri eloe! 

Soal Jakarta itu belum dapat giliran dikirimin bencana, diyakini kebanyakan ulama karena kekuatan kebaikan dan kejahatan masih berimbang atau masih kuat yang baik (orang China bilang, kekuatan "Yin dan Yang '') atau energi positip (yin) dari perbuatan kebaikan dari orang-orang  sholeh dan alim di kota ini, masih cukup berimbang dengan energi negatif (yang) yang dihasilkan oleh para pembuat maksiat dan para koruptornya.

Bila keseimbangan itu ambrol, maka hanya soal waktu saja bencana itu akan terjadi. Makanya, jangan kriminilasasi para Ulama di negeri ini, kalau tak mau berbuah azab berupa bencana (alam, sosial, ekonomi, politik). Menyakiti para ulama, sama saja menghancurkan 'tanggul' pertahanan dari keseimbangan yin dan yang itu.  ... Wallahu a'lam.
Diubah oleh: annisa2019
wah nyang boneng gan emoticon-Matabelo
Quote:
macet ama banjir bukan termasuk bencana ya ?
Kalimantan Tengah siap menampung pengungsi dari seluruh Indonesia emoticon-Salaman
Komen ts sampai nyebut yin dan yang hingga kriminalisasi ulama emoticon-Big Grin
Balasan Post JavaAmazing
Quote:


menurut pa aji itu berkah hehehe
serem juga itu klo kaca2 berjatohan
jadi inget ini
Peneliti: 'Hujan Kaca' Menghunjam Jakarta Jika Gempa


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di