alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
5 Profesi Menjanjikan dalam Perkembangan Industri E-Sport
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc14197de2cf2df508b4567/5-profesi-menjanjikan-dalam-perkembangan-industri-e-sport

5 Profesi Menjanjikan dalam Perkembangan Industri E-Sport

5 Profesi Menjanjikan dalam Perkembangan Industri E-Sport

E-Sport semakin booming di Indonesia setelah di mainkan dalam ajang Asian Games meskipun masih dalam taraf eksibisi. Apalagi sampai ditayangkan secara live oleh salah satu stasiun televisi nasional. Selain itu berbagai iklan dengan gencar menawarkan kompetisi berhadiah tidak sedikit membuat para kaum generasi Z semakin getol memainkan berbagi jenis game E-Sport kegemarannya.
Semakin boomingnya E-Sport tanpa disadari ternyata jika kita jeli melihat peluang, selain menjadi pemain game profesional masih banyak peluang karir yang dapat ditekuni dalam industri ini.
5 Profesi Menjanjikan dalam Perkembangan Industri E-Sport

1. Caster
Jika kalian menyaksikan live kompetisi E-sport Asian Games di salah satu televisi kemarin pasti masih ingat kan, ada seorang komentator saat berjalannya pertandingan? Nah seperti itulah tugas dari seorang Caster. Tentunya tidak bisa sembarangan untuk menjadi komentator, meskipun tidak mahir memainkan game E-Sportnya namun wajib mengetahui seluk-beluk mengenai game yang sedang berlangsung. Supaya tidak asal ngomong dan mati gaya akibat di kritik pemirsa.
2. Analis pertandingan
Seorang analis pertandingan E-Sport tidak hanya mengenal seluk-beluk game, namun juga wajib memahami teknis permainan dan strategi. Sehingga kebanyakan peluang karir ini diisi oleh para profesional gamer dengan background prestasi telah diakui.
3. Manajer Tim
E-Sport yang dimainkan secara tim tentunya butuh seorang manajer handal yang mengkoordinasi dan menjaga kekompakan tim. Tugas lain dari seorang manajer E-Sport yaitu mengatur jadwal latihan, memonitor bakat calon gamer potensial, hingga menjadi motivator tim.
4. Pelatih
Meskipun jarang tampil seperti pada olahraga konvensional, namun peran pelatih sangat dibutuhkan dalam E-Sport. Bimbingan dan arahan dalam mengembangkan ketrampilan dan strategi baru dari pelatih tentunya sangat bermanfaat. Karena seorang pelatih wajib dapat menganalisis kekuatan dan kelemahan tim lawan dalam waktu singkat, sehingga dapat memberikan masukan secara cepat kepada player untuk menentukan strategi terbaik.
5. Developer
Bagi kalian yang mahir dalam pemrograman atau desain grafis bisa bergabung dalam sebuah tim developer di industri E-Sport untuk merancang game baru atau sekedar menyempurnakan game yang sudah ada. Disini kreativitas kalian akan diuji untuk semakin memanjakan para pemain E-Sport.

Semakin berkembangnya industri E-Sport akan semakin memunculkan berbagai peluang karir baru, jadi jangan sampai ketinggalan untuk berkontribusi sekaligus mendapatkan penghasilan jangan berdiam hanya menjadi penikmat saja.

Reff: tekno.kompas.com
Image: ArenaLTE.com
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di