alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wow! Pertamina Dapatkan Investasi Rp 97,5 Triliun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc13e5460e24bc8578b4567/wow-pertamina-dapatkan-investasi-rp-975-triliun

Wow! Pertamina Dapatkan Investasi Rp 97,5 Triliun

Agenda Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 yang diselenggarakan di Bali menjadi berkah tersendiri bagi Pemerintah Indonesia. Dalam acara Forum Investasi Indonesia, PT Pertamina (Persero) mendapatkan investasi dengan nilai terbesar yakni 6,5 miliar dolar AS.

Wow! Pertamina Dapatkan Investasi Rp 97,5 Triliun



Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, investasi yang setara Rp 97,5 triliun (kurs Rp 15 ribu per dolar AS--Red) itu untuk membangun pabrik bahan baku petrokimia berskala internasional. Pertamina akan mengerjakan proyek petrokimia itu dengan perusahaan minyak dan gas di Taiwan, CPC Corporation.


Quote:



Rini menjelaskan, produk yang dihasilkan dalam proyek ini adalah turunan dari minyak mentah yang bisa menjadi nilai tambah bagi Indonesia. Setelah proyek ini selesai dapat mengurangi impor bahan baku senilai 2,4 miliar dolar AS per tahun.

Devisa Indonesia dengan nilai yang setara juga dapat dihemat dan disimpan untuk menjaga nilai tukar rupiah. "Kita bisa hemat 2,4 miliar dolar AS. Ini bisa menurunkan angka impor," ujar dia.

Selain Pertamina, di sektor energi juga ada proyek hilirisasi Antam dan Inalum dengan perusahaan dari Cina, yaitu Aluminium Corporation of China Limited (Chalco) di Mempawah, Kalimantan Barat, dengan nilai investasi mencapai 850 juta dolar AS. Kerja sama Antam, Inalum, dan Chalco ini juga bisa menekan impor dan menghemat devisa hingga 600 juta dolar AS.


Quote:



Total, dari Forum Investasi Infrastruktur di Pertemuan IMF-WB, Indonesia melalui 14 BUMN meraup 13,5 miliar dolar AS atau setara Rp 202,5 triliun. Sebanyak 80 persen kesepakatan investasi dan pembiayaan itu berupa kemitraan strategis (strategic partnership), sedangkan sisanya merupakan pembiayaan proyek dan investasi pasar modal.

PT Mandiri Sekuritas, anak usaha PT Bank Mandiri Persero Tbk yang menjadi koordinator Forum Investasi ini sebelumnya menyatakan kerja sama investasi tersebut memungkinkan 14 BUMN mendapatkan dana segar dari investor.

Tapi, Direktur Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir menegaskan kerja sama ini bukan merupakan utang sehingga kontrol dari proyek itu tetap ada di BUMN. "Tapi yang mau dilihat apa sih manfaatnya? Kita re-standing, tapi bukan utang. Mereka dapat ekuitas, tapi kontrol ada di BUMN," kata Silvano dalam konferensi pers Forum Investasi Indonesia, Selasa (9/10).


Spoiler for Sumber:

Inilah keuntungan jadi panitia event keuangan internasional, bisa langsung gaet investor yg selama ini dibelakang layar... modal 900M dapat investasi 200T...
dana utang di bilang investasi... sungguh sangat kebasukian
Mantappp emang, dapat investasi 200T lebih, seenggaknya mengurangi impor bahan2.
Lanjutkan pakde emoticon-Cendol (S)
hutang itu mah
Moga berkah buat rakyat RI
Kontrol di BUMN itu cuma kedok doang..yg dalangnya seh tetep imf & china lah..emoticon-Blue Guy Bata (L)
Balasan Post ZeroKid
Quote:


sudah deal apa baru akan ini?
kalau sudah bisa tambah modal
Hutang lg?,,,

Wow! Pertamina Dapatkan Investasi Rp 97,5 Triliun
Numpang lewat gan
emoticon-Traveller
Selama pertamina. Pasti rugiiiii. Sapa pun presidennye emoticon-Ngacir
Ya gtu deh emoticon-Leh Uga
"Penjualan saham berkedok Investasi".. Bohong kalau mreka Invest tapi gak dapat saham dari Pertamina emoticon-Leh Uga



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di