alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
pencaplokan Timor Leste, Salah Satu Dosa Terbesar Indonesia
4.88 stars - based on 17 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc11997ddd7709f118b4567/pencaplokan-timor-leste-salah-satu-dosa-terbesar-indonesia

pencaplokan Timor Leste, Salah Satu Dosa Terbesar Indonesia

20 Mei 2002 menjadi hari yang bersejarah bagi Timor Leste atau dulu dikenal dengan nama Timor Timur. Pada hari tersebut, Timor Leste mendeklarasikan kemerdekaannya dari Indonesia. Ini adalah kemerdekaan Timor Leste yang kedua kalinya setelah sebelumnya merdeka dari Portugis. Merdekanya Timor Leste membuat Indonesia dirundung duka. Kemerdekaan Timor Leste dipandang sebagai sebuah kegagalan dari Pemerintah Indonesia.

pencaplokan Timor Leste, Salah Satu Dosa Terbesar Indonesia

Salah satu demo yang menuntut Indonesia membebaskan Timor Leste (sumber : wikimedia.org)


Melalui referendum atau jajak pendapat, Timur Leste lepas dari pangkuan Indonesia. Pemerintahan BJ Habibie menjadi pihak yang dianggap paling bertanggungjawab atas merdekanya Timor Leste dari Indonesia. Padahal kalau kita telusuri lagi, pada dasarnya Timor Leste memang bukan bagian dari Indonesia. Bahkan aksi Indonesia dengan melakukan aneksasi terhadap Timur Leste sebenarnya mendapat kecaman dari dunia internasional.

pencaplokan Timor Leste, Salah Satu Dosa Terbesar Indonesia

Aksi rakyat Timor Leste saat merdeka melalui referendum (sumber : radionz.co.nz)


Wajar Indonesia mendapatkan kecaman. Indonesia melakukan invasi terhadap Timor Leste tidak lama setelah negara tersebut merdeka dari Portugis. Saat itu Indonesia tidak mengakui kepemimpinan Nicolau Lobato, Perdana Menteri pertama Timor Leste. Lobato sendiri akhirnya menjadi pemimpin militer perlawanan rakyat Timor Leste atas pendudukan Indonesia terhadap wilayah Timor Leste.

pencaplokan Timor Leste, Salah Satu Dosa Terbesar Indonesia

Prabowo dan Luhut Panjaitan, dua tokoh politik yang sempat bertugas di Timor Leste saat masih berprofesi sebagai tentara (sumber : merdeka.com)


Lobato merupakan pimpinan dari Partai Fretilin. Indonesia sendiri menganggap Fretilin sebagai ancaman karena partai tersebut berhaluan komunis. Itulah sebabnya Indonesia melakukan aksi militer ke Timor Leste dengan menganeksasi Timor Leste menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Indonesia berani melakukan hal tersebut karena mendapat restu dan dukungan dari Amerika Serikat dan sekutunya. Lobato sendiri akhirnya tewas ditangan tentara Indonesia setelah dirinya disergap di pedalaman Timor Leste.

pencaplokan Timor Leste, Salah Satu Dosa Terbesar Indonesia

Nicolau Lobato (Timoroman.com)


Indonesia menginvasi Timor Leste tidak sampai dua pekan setelah negara tersebut merdeka. Indonesia secara resmi menjadikan Timor Leste menjadi provinsi Indonesia yang ke-27 pada 17 Juli 1976. Nama Timor Leste pun diubah menjadi Timor Timur. 

pencaplokan Timor Leste, Salah Satu Dosa Terbesar Indonesia

Logo Timur Leste saat menjadi salah satu provinsi di Indonesia (sumber : wikipedia.org)


Aksi Indonesia tersebut boleh dibilang sebagai sebuah tindakan yang tidak tahu malu. Sudah jelas konstitusi negara kita mengakui bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Hal tersebut tertuang jelas dalam UUD 1945. Namun malah kita sendiri yang melanggar konstitusi negara kita dengan merenggut hak salah satu negara untuk merdeka.

Tindakan BJ Habibie sudah tepat dengan melakukan referendum terhadap rakyat Timor Leste. Rakyat dari negara tersebut memang seharusnya punya hak untuk menentukan kemana arah perpolitikan mereka. Saat itu rakyat Timor Leste diberi dua pilihan. Pihan tersebut adalah, tetap menjadi bagian dari Indonesia dengan otonomi khusus atau merdeka dari Indonesia. Ternyata setelah diberi pilihan, mayoritas rakyat Timor Leste menginginkan negara mereka merdeka dari Indonesia.

Dengan merdekanya Timor Leste, sebenarnya ada sisi positif yang didapatkan Indonesia. Indonesia terbebas dari beban nasional untuk membiayai pembangunan Timor Leste dan Indonesia terbebas dari kecaman internasional. 

Referensi :
https://tirto.id/timor-leste-pada-ma...-kolonial-co55
https://www.merdeka.com/peristiwa/be...n-habibie.html
https://kumparan.com/bung-gunawan/ke...-1517245369923
Halaman 1 dari 11
andaikan pada waktu itu pemerataan pembangunan tidak hanya berpusat di bagian jawa saja, bagaimana ya reaksi masy timor timor

--

sebenernya agak aneh sih mendengar kata kata ini emoticon-Blue Guy Peace

Quote:
Quote:


Biar semua tidak selalu hanya menyalahkan pemerintah gara2 lepasnya timor leste
Anak 90an ga ngerti soal begini yg dulu
Ane tau dr para orang2 tua, mayoritas masih pada menyalahkan pemerintah bj habibi yg melepas timur leste

Jadi apa yg membedakan timur leste dibanding aceh yg sama2 ingin memerdekakan diri, kenapa timur leste layak gan?
Quote:


Ya sebenernya with pemerintah ada porsi Dan andil besar..
Cuma mungkin pemerintah pada waktu it punya hitungan hitungan khusus Kali ya..
Maksudnya dalam segi ekonomi, tidaj Ada yang bisa di keruk Dari Timor leste selain alamnya yang indah maybe emoticon-Blue Guy Peace
Quote:

Beda gan. Timor Leste secara historis memang bukan bagian dari Indonesia. Saat Indonesia sudah merdeka, Timor Leste masih menjadi bagian dari portugis. Puluhan tahun kemudian, baru Timor Leste meraih kemerdekaan. Tidak lama pasca merdeka, Indonesia langsung mencaplok Timor Leste dengan mengirim pasukan militer.
Quote:


Ouh kita yg agresi ke mereka ya
Denger2 timor leste bukan jajahan belanda. Bener kah?
seandainya Timor Timur jajahan Belanda, pasti tidak ada ruang untuk merdeka dulu..

tau sendiri, dari Sabang sampai Merauke bisa menjadi NKRI berkat turunan wilayah Hindia Belanda
Diubah oleh matthysse67
Quote:

Bukan. Mereka jajahan portugis. Sementara yang masuk ke dalam wilayah Indonesia adalah bekas jajahan Belanda. Makanya wilayah kalimantan bagian utara tidak masuk kedalam wilayah Indonesia karena jajahan inggris.
Quote:


ane bayanginnya gini malahan, seandainya Kalimantan Utara & Papua New Guinea itu dulu dijajah Belanda, otomatis menjadi wilayah Indonesia sekarang...

dan kalau melihat peta, komplit sudah wilayah NKRI di kepulauan Nusantara, dari Ujung Barat Laut Pulau Sumatera sampai ke Ekor Pulau Papua...
Quote:


Jajahan inggris>jajahan belanda

Mereka malah bersyukur, agak diperhatikan oleh kolonial dalam segi pembangunan (bisa liat singapura dan malaysia serta jajahan inggris lain). Ga seperti belanda yg hanya meninggalkan akses jalan seperti jalur kereta dan jalan aspal.

Cmiiw ya emoticon-Stick Out Tongueeace:
Ini udah oot belum

Quote:

Ini masuk perjanjian roem royen itu keg nya
Tapi apa dasar yg buat indo nyaplok timur leste waktu itu?
Diubah oleh imba.ruiner
Judul trit ini memang terkesan kasar dan lugas, tapi ane setuju dengan pendapat TS.

BJ Habibie yang merupakan presiden tersingkat Indonesia sudah melakukan suatu keputusan yang penuh kontroversi tapi ane sangat sangat setuju dengan keputusan itu.

Kontroversial tapi itu keputusan yang terbaik. Dengan keputusan itu beliau siap dicaci maki oleh siapapun. Ane salut luar biasa pada beliau.
Quote:


Beliau tanggungjawab penuh atas keputusannya
Salut dan banyak pro dihari ini tapi yg kontra masih lebih banyak dan masih menyesalkan keputusan yg beliau buat
Apakah timor leste mnjdi negara kecil bisa semaju singapore yg juga negara kecil? Bila semua maju bersatu lg nama negara Asean .
Klw gak slh Timor Leste pas jd bagian Indonesia pendapatan daerahnya hanya sekitar 9M tp operasional dan pembangunannya sampai 200M an.

Tp dl lbh ke sisi politiknya sih klw menirut ane,bahwa orde baru dan Soeharto menunjukan kekuatannya
kasus ini kan dulu sebagai salah 1 alasan dilengserkannya pak BJ Habibie ya, saat pertanggungjawaban beliau ditolak oleh sidang hewan, dan para anggota hewan ini juga sadar kalau pemimpin pintar ini berkuasa, otomatis jatah mereka bakal berkurang.
karena dulu banyak kebijakan pak Habibie yg tidak menguntungkan para anggota hewan tersebut cmiiw
Perumpamaan yang cocok buat Timor Leste seperti lu berjuang buat cewek ngorbanin tenaga, waktu, materi tapi akhirnya nggak jadian

Lalu apa daya tarik Timor Leste ?
Alam yang indah? Bener
Biar Indo keliatan jagoan? Half true

Timor Leste punya sekitar 30 an lokasi yang potensial untuk pertambangan Migas kalo nggak salah ada di Celah Timor. Cadangan migas tersebut cukup buat beberapa dekade.
Nah sebelum merdeka, sumberdaya di Celah Timor di kuasai bersama (menurut perjanjian Celah Timor antara indo dan Ausie)

Beyond Oil, there are also non-metallic minerals and metals, with metallic mineral deposits identified to date including manganese, chromium, copper and gold, silver and iron sand (sand with a high concentration of iron),

Nah kalo semisal Timor Leste masih ikut Indo, mungkin keadaannya akan lebih baik dari sekarang. Mengingat Timor Leste sekarang belum mampu mengeksploitasi kekayaan alamnya secara mandiri.
Quote:

Ane aja dulu juga punya pemikiran seperti itu. Habibie gagal karena itu tidak bisa mempertahankan timor leste. Ternyata ada fakta lain dibalik semua keputusan beliau tersebut. Memang seharusnya timor leste diberi hak untuk menentukan pilihan sebab sebelumnya kita telah mencaplok negara mereka. Padahal mayoritas rakyat timor leste tak menginginkannya.
nice trit gan
btw ane baru tau indonesia meng Annex Timor Leste ane kira Timor Leste sendiri yang ingin gabung dengan Indonesia, tapi kalau kalau dilihat dari sejarah emang Timor Leste bukan jajahan Belanda
Quote:

Mumpung rezim orde baru sudah berakhir, harusnya hal2 semacam ini harus diluruskan.
Quote:


alasan indonesia nyaplok timles, karena timles sedang dalam masa kekosongan kekuasaan (vacum of power). pemiliknya atau penguasa sahnya gk jelas. portugal sedang krisis dalam negeri, langsung meninggalkan timles begitu aja, wilayahnya gk terurus. timles mau merdeka tapi banyak fraksi2 yg bersitegang, soeharto kirim pasukan perdamaian. mungkin pikir soeharto daripada wilayah timles gk jelas karena gk ada yg ngeklaim mending sekalian dimasukkan saja ke dalam provinsi indonesia, mumpunh direstui barat. begitu pikirnya..
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di