alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Ucapan Alfatekah Jokowi, Nusron: Jangan Dipermasalahkan
2.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc0b94cded770813b8b457d/soal-ucapan-alfatekah-jokowi-nusron-jangan-dipermasalahkan

Soal Ucapan Alfatekah Jokowi, Nusron: Jangan Dipermasalahkan

Soal Ucapan Alfatekah Jokowi, Nusron: Jangan Dipermasalahkan

Politikus Partai Golkar Nusron Wahid meminta publik tidak mempermasalahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tidak fasih mengucapkan Al-Fatihah. Menurut dia, pihak yang menyindir Jokowi karena pelafalannya itu tidak memahami keragaman Indonesia.

"Kalau ada yang mempersoalkan seperti itu ya belum paham tentang anatomi multikulturalnya Indonesia, betapa luasnya bahasa di Indonesia ini," kata Nusron di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 9 Oktober 2018.

Nusron menjelaskan orang suku Jawa terbiasa tidak fasih dalam mengucapkan sejumlah kata-kata dari bahasa Arab seperti Al-Fatihah, Alhamdulillah, Laa haula wa laa quata, dan Ya Allah. Logat Jawa yang kental, kata Nusron, terkadang membuat pelafalan kata-kata itu tidak sempurna.

"Orang Jawa kayak gitu biasa, gak usah dipersoalkan. Kecuali dalam salat itu harus fasih," ucapnya.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ini menyebut tidak hanya Jokowi yang tidak fasih melafalkan kata-kata bahasa arab. Ia mencontohkan orang-orang yang lebih tua dari Jokowi juga mengalami kesulitan.

"Apakah kita kemudian protes juga sama mbok-mbok yang seperti itu? Kan yang angel (susah) mulut orang Jawa ngomong seperti itu. Yang penting tajwid dipakai ketika membaca Alquran," ucap Nusron.

Sebelumnya Presiden Jokowi saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXVII di Medan, Sumatera Utara, sempat meminta hadirin untuk berdoa sejenak bagi korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Saat hendak memimpin pembacaan surat Al-Fatihah, Jokowi menyebutnya Al-Fatekah.

https://nasional.tempo.co/read/11344...n/full&view=ok

SEUMUR2 TINGGAL DI JAWA
BARU DENGER NAMA ALFATEKAH

LUCU-LUCUAN APALAGI INI emoticon-Leh Uga
Diubah oleh: nevertalk
Halaman 1 dari 3
Sudahlah, sama2 bacanya masih yerjemahan aja pada sombong bener nih nasbung2 ngehe
Jadi nasbung diam saja soal Prabowo sujud ke kuburan?
Kalau Jokowi salah soal agama, kita tinggal kasih teguran. Begitu juga pada Prabowo emoticon-Big Grin
ALPATEKAH SEK BEN SLAMET SRI...

Nusron ini yang berani beraninya melototin ulama itu kan
Ana yakin suara golkar akan babak belur di 2019 nanti, liat aja kadernya aja begini modelnya
emoticon-Ngakak
Ya gak masalah namanya logat dari lahir..

Selama pakde gak jadi imam sholat gak masalah kok..
alpa tekah
ngibul puas, hoax pas
memang umum dalam dialektika jawa yg berbasis honocoroko akan terjadi pelokalan lafadz. sama seperti dialek sunda yang tidak ada bunyi huruf F adalah hal yang wajar dilingkungannya.
Kalo mau ngasih alesan yahh yg berbobot dikit ngapa. Alesan kek. Cadel gitu . Lah alesan kok aksen wkwk #2019golput
Bukannya salah pelafalan juga akan salah arti ya.
Maaf bukannya sok tau cuma saya pernah dengar kata2 begitu salah satu huruf aja akan membuat makna bahasa arab berubah artinya
Jokowi ini sepertinya kalo soal agama memang terlalu sensitif salah sedikit lgsg dihajar beda sama prabowo dia mau nyupang ke siluman monyet jg tetap yg paling sholehemoticon-Ngakak
kita semua sama2 masih belajar gan
Sebenarnya orang yang nggak tahu fonetik Bahasa Arab mungkin juga keliru mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Arab.

Fonetik Bahasa Indonesia berbeda dengan fonetik Bahasa Arab.

Kira-kira ada yang tahu nggak perbedaan pengucapan antara:
- Huruf "alif" dengan huruf "ain"
- Hurud "dzal" dengan huruf "za"
- Huruf "qof" dengan huruf "kaf"
- Huruf "kha" (setelah jim) dengan huruf "ha" (setelah wau)

Itu sebabnya Al-Quran dalam tulisan latin tetap ditulis Quran (menggunakan huruf Q) bukan ditulis Kuran. Karena huruf Q dengan huruf K, berbeda pengucapannya dalam Bahasa Arab. Tapi orang Indonesia dan orang Inggris banyak yang sama mengucapkan huruf Q dengan huruf K. "Qa" dibaca sama seperti "Ka", "Qi" dibaca sama seperti "Ki", "Qu" dibaca sama seperti "Ku", padahal salah.



Fonetik Bahasa Indonesia juga berbeda dengan fonetik Bahasa Inggris:

Kira-kira ada yang tahu nggak perbedaan pengucapan antara:
- Kata "she" dengan kata "see"
- Kata "three" dengan kata "tree"
- Kata "bed" dengan kata "bad"
- Huruf "V" dengan huruf "F"

Pasangan kata-kata tersebut sebenarnya berbeda pengucapannya, tapi banyak orang Indonesia sama mengucapkannya. Dalam Bahasa Inggris, huruf "V" dengan huruf "F" juga berbeda pengucapannya, tapi orang Indonesia banyak yang sama mengucapkannya. Kata "van" berbeda pengucapannya dengan kata "fan"
Diubah oleh app.developer
Soal Ucapan Alfatekah Jokowi, Nusron: Jangan Dipermasalahkan

emoticon-Leh Uga
Balasan Post bandar.sundel
Quote:

Prabowo sujud ke arah kuburan saja nasbung pada diam seribu bahasa:
wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Quote:
kata TGB pelafalan pak Jokowi nya bikin terharu

emoticon-pencet
udah asli nya seperti itu
Quote:


bener gan, jangan jadi imam sholat
ane asli jogja ngrasa biasa aja sih,,wong2 tuo,,mbah2 muni alkhamdulilah,alfatekah biasa ae koyone,.mungkin wong sing doyan sara wae koyo ngono gae geguyon,,sing penting kan tujuan e,
Diubah oleh bukanbungtak
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di