alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc0ac99dad770f2628b4579/merawat-bocah-bulu-dengan-cinta-ala-pijong

[COC PETS]Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong #AslinyaLo

Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong

Hai gansis sekalian, di thread ane kali ini. Saatnya membahas tentang perkucingan.
Simak dulu gansis !


Tak kenal maka tak sayang, jadi kenalan dulu nih sama kucing ane. The one and only obos berbulu di rumah ane. Namanya Kukut ! Mau kepo tentang Kukut lebih lanjut ? Monggo follow ignya di @bulupijong
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong

Ganteng khaaan Kukut


Quote:


Dan kita mulai bagian pentingnya darisini...

Quote:


1. Makanan Basah dan Kering
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Kenapa harus ada makanan basah dan kering ? Karena kandungan gizi pada kedua makanan tersebut beda gansis. Jadi harapannya, kalo kita kasih keduanya. Gizinya bisa saling melengkapi, jadi bocah bulu tidak akan kurang gizi. Senantiasa sehat selalu. Untuk makanan basah, ane selalu bikin sendiri (ane kasih resepnya dibawah). Yang udah pasti ada pada komposisi makanan basah homemade ane adalah ati ayam. Tau dong manfaat ati ayam buat kucing begimana ? Kalau makanan keringnya, ane ga pernah ngasih cuma 1 merk. Karena kucing ane bosenan, lidahnya kaya orang emang. Untuk makanan keringnya, ane ga pernah beli yang mengandung pewarna. Menurut beberapa penelitian yang ane baca, tubuh kucing tidak dapat mencerna pewarna sekalipun pewarna makanan. Nah sama halnya kaya makanan basah, jangan pernah kasih putih telur buat anak bulu. Karena putih telur ga bisa di cerna sama tubuh kucing, kasih kuningnya aja ya gansis.
Quote:


2. Minum
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Jangan lupa gansis, kalo kucing juga butuh minum. Jadi selalu sediakan minum didekat tempat makan bocah bulu kita. Usahakan air matang dan selalu bersih. Cuci wadah makan ataupun minum setiap hari. Karena wadah makan dan minum yang kotor bisa jadi sumber penyakit untuk bocah bulu ! Kucingpun bisa dehidrasi loh kalo kurang minum. Salah satu tanda kucing kurang cairan adalah bagian hidungnya kering.

3. Pupitawati
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Nah bagian ini, ane mau nyampein juga tentang Ilmu Kesehatan Masyarakat sedikit. Tau ga sih gan kalo buang eek sembarangan konotasinya bukan cuma "eek di sembarang tempat, misalnya gali tanah buat eek ataupun eek di sungai". Buang eek dari pampers langsung ke tempat sampah, adalah termasuk buang eek sembarangan loh ! Apalagi kalo gansis suka buang pup bocah bulu pake plastik langsung ke tempat sampah. Sama aja ya dong ? Kebayang ga sih, pup-pup itu nantinya bakal jadi sumber penyakit yang mencemari lingkungan ?!? Kasian juga para tukang sampah dan para pemulung, yang nantinya ga sengaja sentuhan langsung sama limbah pup dari kita. Nah makanya mulai sekarang jangan suka buang pup bocah bulu langsung ke tempat sampah ya. Hargai lingkungan kita. Karena pup bocah bulu bisa dibuang ke toilet kita ko. Saya pribadi buang pup anak bulu selalu ke toilet, yang pastinya nanti ngalirnya ke septic tank.
Jangan sampe males bersihin pasir bocah-bocah bulu. Karena kalo pasirnya bau, biasanya bocah bulu jadi males hajatan di pasirnya sendiri. Alhasil mereka bisa sembarangan hajatan di tempat lain, ogah banget khaaan ? Selain itu, rumah bisa jadi "bau kucing" kalo tempat hajatannya ga sering di bersihin. Pernah ga sih punya temen yang kalo sekolah atau ngampus, badannya bau pipis kucing ? Nah kadang, penyebabnya karena litter box kucingnya jarang di bersihin. Jadi seisi rumah aroma terapinya adalah bau-bauan kucing. Ganggu banget ga sih....dan yang terpenting...pup kucing merupakan sumber parasit toxo berkembang biak. Toxoplasma bisa mampir ke tubuh kita lewat pup kucing yang udah kering. Apakah semua kucing nyebabin toxo ? Jawabannya adalah tidak ! Kucing yang ga main di tanah dan terawat, minim risiko memiliki toxoplasma didalam tubuhnya. Sedangkan kucing yang liar, lebih mungkin bawa-bawa si toxo di dalem badannya. Karena toxoplasma awal hidupnya di tanah. Monggo pelajari lagi siklus hidup toxoplasma !

4. Vaksin
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Kalo untuk vaksin, anggaplah kucing seperti manusia. Bahwa mereka juga butuh vaksin sebagai pertahanan untuk perang melawan virus dan bakteri jahat ditubuh mereka. Untuk vaksinnya sama kaya orang. Ada yang cukup sekali dan ada yang perlu ulangan atau booster. Untuk memaksimalkan kerja dari vaksinnya. Syarat vaksinnya juga sama kaya manusia. Vaksin dilakukan kalo kucing dalam keadaan sehat, kalo bisa pas kucing belum dimandiin. Kira-kira 2 minggu dari mandi terakhir.

5. Mandi
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Jangan suka males mandiin kucing, kalo males mandiin sendiri kan bisa tuh ke petshop. Lagian murah juga ko jasa mandiin kucing. Ga lebih mahal dari oli ataupun ongkos creambath di salon. Mandiin kucing cukup 2 minggu sekali sih kalo buat ane, berlaku untuk kucing yang sehari-hari cuma nongki cantik di dalem rumah. Kalo buat kucing yang dilepas liar, alangkah baik jika mereka dimandiin seminggu sekali. Kenapa mandi perlu ? Karena bakteri dan telur cacing yang tak kasat mata. Udah pasti mungkin banget ada di sekitar kita, meskipun di dalem rumah. Soalnya pasti selalu ada aktifitas dari luar rumah ke dalem rumah dan sebaliknya. Jadi tidak menutup kemungkinan bakteri dan telur cacing kebawa ke dalem rumah. Nah terus anak-anak bulu goler-golerin badan sembarang. Nempelah sudah dengan sukses si bakteri dan telur cacing di bulu mereka. Jadinya kalo mereka rajin di mandiin, setidaknya berkurang lah bakteri dan telur cacing yang ketelen.

6. Mainan
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Semua kucing pasti suka kalo di ajak main dan di kasih mainan. Apalagi kitten, ah udahlah pasti mau. Menurut ane, mainan bisa jadi sarana bonding buat bocah bulu dan mami papinya. Gerakan-gerakan yang timbul dari bermain, bisa ngurangin stres pada kucing loh gansis. Terutama buat bocah bulu yang sehari-hari cuma bisa main di dalem rumah. Apalagi bocah bulu yang setiap hari cuma idup di dalem kandang. Pasti bosen ga sih...kita aja yang manusia kalo cuma diem di rumah bosen. Kucing juga sama...bosen...makanya kasih mainan dong mami papi...

7. Tempat Tidur
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Duh ini sih krusial banget emang. Kebanyakan dari kita pasti punya bocah bulu yang tidurnya jarambah a.k.a dimana-mana alias sembarangan. Padahal udah kita sediain tempat yang keliatannya nyaman dan sedap dipandang mata. Kalo soal tempat tidur buat kucing, ane juga sempet pusing ko. Why gitu bocah bulu ane maunya tidur di sembarang tempat. Entah itu di kasur ane, di kasur emak babeh ane, di atas sajadah, di sofa, di kursi meja makan, di atas pot (ini ngeselin sih), di atas berkas kerja, di dalem laci (ane masih bingung begimane masuknya) dan di tempat lainnya yang udah pasti ga kalah epik.
Setelah melalui banyak pengamatan, ane menyimpulkan bahwa...bocah bulu bakal tidur di sembarang tempat karena kitanya ga ngedisiplinin mereka. Iya kitanya ga ngajarin dispilin. Selain itu, seringnya kita nyediain tempat tidur yang ga nyaman buat bocah bulu. Salah satunya bahan kasur kucing yang bikin gerah, inget loh kucing udah berbulu. Kalo di kasih alas tidur yang gerah, mereka pasti jadi males tidur diatas alas yang udah kita sediain. Jadi carilah alas tidur kucing yang breathable, yang adem gituloh shay.

8. KANDANG
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Kenapa bagian ini ditebelin ? Soalnya ane paling ga suka sama orang yang senengnya miara hewan cuma buat di kandangin seumur hidup hewan peliharaannya dengan alasan apapun. Kebayang ga sih kita udah ngerampas kebebasan mereka, kita aja kalo diem di kamar doang udah sumpek.
Nah tapi kita tetep butuh kandang loh gansis, ko gitu ? Fungsi kandang adalah karantina waktu bocah bulu sakit.
Waktu kucing sakit, usahain mereka ga banyak gerak. Supaya proses recoverynya cepet. Selain itu kalo kita punya banyak bocah bulu di rumah, kandang bisa jadi tempat karantian supaya bocah bulu lainnya ga ketularan penyakitnya.

9. Sisir
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Kalo nyisirin bulu kucing, manfaatnya adalah...kita bisa bantu mereka buat ngebuang bulu-bulu yang udah mati di badan mereka. Nantinya bulu-bulu yang mati ini bakalan rontok, dan jadi musuh utama kita. Karena bulu-bulu ini bisa terbang dan nempel-nempel di segala tempat. Nempel di baju, kursi dan bahkan ada di makanan. Kan idih banget ya.
Nyisirin bulu mereka juga bisa ngebantu supaya bulu-bulu ga banyak masuk ke saluran cerna kucing kita. Jadi risiko gumpalan bulu ngehambat sistem pencernaan merekapun bisa terminimaliris. Yoi banget kan.

10. Vacum Cleaner
Merawat Bocah Bulu Dengan Cinta Ala Pijong


Ini penting sih buat semua orang yang punya peliharaan berbulu !
Soalnya bulu-bulu bocah kucing udah pasti suka terbang-terbangan ke segala tempat. Makanya ngebersihin rumah pake vacum cleaner adalah wajib menurut ane. Ane pribadi selalu ngebersihin area bocah bulu main sehari 2 kali pake vacum cleaner. Terus.....ga enak banget sih kalo ngeliat orang yang dibajunya ada aksesoris tambahan berupa bulu kucing.

Quote:

Diubah oleh hijong
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
tips perawatannya ok ganemoticon-Jempol


Buat mamot, cepet pulang ya nak, kasihan emak drumah nungguin, si kukut jga nggak ada teman lgiemoticon-kucingemoticon-kucingemoticon-kucing
Quote:


Aamiin gan, semoga aja.
Selain itu, alangkah bijaknya kita adopsi hewan peliharaan ketimbang harus beli. Apalagi kalo adopsinya kucing domestik. Karena menurut ane, semua kucing sama. Sama lucunya, sama ngegemesinnya dan sama-sama bisa ngasih kita kebahagiaan. Dan dengan kita adopsi kucing domestik, kita bisa mengurangi kucing-kucing terlantar yang suka ngacak-ngacak sampah loh hehehe.

Iya periwitinnya klo kucing ras kudu ekstra, makannya pun g bisa sembarangan. Daya tahan tubuhnya jg kuat kucing kampung gan, dl pernah kucing saudara saya jg yg anggora tiap hari d kandang hidupnya. Saya ajak mainan sapu lidi itu dia lari kanan kiri, sekitar 5-10 menit habis itu suaranya ngos2an kyk kehabisan napas emoticon-Hammer kedengeran banget suaranya, padahal masih blm begitu dewasa si mpus.
Diubah oleh amikurnia
Quote:


iya sih gan, terutama makanan emang ga bisa sembarangan. tapi kalo punyanya kucing domestik juga gpp ko kalo perlakuannya istimewa hehehe
emoticon-linux

emoticon-linux2 emoticon-linux2

emoticon-linux2 emoticon-linux2 emoticon-linux2

emoticon-linux2 emoticon-linux2 emoticon-linux2 emoticon-linux2

emoticon-kucing selamat berkompetisi ya... emoticon-kucing

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

emoticon-Ngacir Tubrukan

emoticon-Bingung
Quote:


terima kasih gan 🙏
Kebetulan ane lagi miara kucing kamfung

CENDOLIN ANE DONG
ane sukanya kucing Jepang yang mirip manusia itu gan
Quote:


makanannya beda sama kucing liarr :V
Diubah oleh basri503
empuuuuussss... emoticon-Matabelo
lengkap bener ye perawatan nya
bocah berbulu emoticon-Bingung
ane lbh suka piara kucing lokal yg punya jiwa pembunuh..bisa berburu tikus dirumah, rumah ane pinggir sawah, banyak tikus sawah sering mampir rumah, tikusnya kecil2 dan lincah, gak seperti tikus kota yg segede gaban emoticon-Hammer2
Diubah oleh abangijokuning
saiya demen kucing
yah hampir semua anggota keluarga saiya suka kucing terutama yg kecil
tapi buat miara masih mikir2
gag tahan bau pupnya
.jadi ya biasanya cuman ngasih makan kucing2 tetangga yg maen ke rumah.
nais inpoh gan emoticon-2 Jempol
Kucing ane udah gede ga semanja waktu kecil, tapi tingkahnya tetep lucu. Makan kudu dikasihin langsung & ditungguin, minum susu kelamaan dikit gamau harus fresh dituangin lgs & ditungguin, mau main keluar rumah kudu dianterin sampe pintu garasi pdhl pintuny udah dibuka emoticon-Hammer lagi jalan dicegat tiba2 tidur dikaki, kudu ditungguin ampe bangun ga tega banguninnya. Tapi jadi kesayangan sekeluarga dari kecil emoticon-Big Grin
ribet juga ngurus kucing ye gan, kucing ane cuma kadang dimandiin en kasih makan doang, yang aneh kucing ane doyan sayuran sawi direbus gan, suer dah seumur-umur puluhan kali miara kucing baru kali ini ada yang demen sayuran rebus, bahkan daun singkong rebus pun diembat emoticon-Wow
Ane melihara kucing kampung aja gan, makananya paling ikan2 trus dan dry food.
Gak pernah aku mandii apalagi aku vaksin gan
gembok pejwan
Si meong memang menggoda
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di