alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pekerjaan yang Menyenangkan Itu Hobi yang di Bayar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc0a31312e25720068b4567/pekerjaan-yang-menyenangkan-itu-hobi-yang-di-bayar

Pekerjaan yang Menyenangkan Itu Hobi yang di Bayar

Halo selamat malam agan agan kaskus. Perkenalkan namaku Titan Abriansyah Indihatmoko aku seorang mahasiswa Informatika di Universitas Diponegoro Semarang. Pasti tau kan kampusku.

Nah berhubung aku belum pernah bikin thread disini (biasanya liat doang), jadi ada apakah gerangan kok aku bikin thread sekarang ?

Jadi di threadku ini aku pengen cerita tentang hobiku. Aku dulu sempat berfikir kalau hobiku bermain game, nonton, membaca, bermain di alam, tapi sepertinya semua itu tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar, tapi masih terlalu umum untuku. Sebenernya aku baru menyadari hobiku secara spesifik  belakangan ini ketika aku sedang duduk merenung memikirkan masa depanku yang belum aku tahu. Ceritanya waktu itu aku sangat takut dengan pertanyaan Kalau lulus nanti aku mau jadi apa ? Apa yang udah jadi usahaku untuk bisa hidup nyaman ?. Dari pertanyaan itulah aku merenung dan memikirkan apa yang aku punya saat ini. Nah di renunganku itu aku banyak berpikir perjalan hidupku dari aku kecil hingga sekarang. 

Jadi ceritanya seperti ini emoticon-Bingung

Aku ingat pertama kali aku mengenal komputer yaitu ketika aku menginjak kelas 4 SD. Pada saat itu, Bapaku yang menjadi petugas sensus dan pendataan Pajak Bumi Bangunan sering lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya. Suatu ketika bapaku menyuruhku (seorang anak SD ingusan) untuk memasukan beberapa data ke kolom excel. Dari situlah aku merasa senang dan keren karena bisa menggunakan komputer walau sebatas menekan keyboard untuk memasukan data. Setelah kejadian tersebut, aku mulai sering menghabiskan waktu didepan komputer Bapaku untuk bermain - main dengan mencoba aplikasi - aplikasi seperti Ms Word dan keluarganya (waktu itu belum kenal game aja).
 
Setelah kurang lebih 1 tahun, sepertinya Bapaku mulai terganggu dengan kegiatanku yang selalu menghabiskan waktu didepan komputernya yang seringkali Bapaku akan gunakan untuk bekerja. Akhirnya bapaku memutuskan membelikanku sebuah PC (kalau nggak salah harganya 2.5 jt ) dari uang Bapaku ditambah dengan beberapa uang Tabunganku. PC tersebut dibeli dari seorang teknisi komputer langganan Bapaku. Dari komputer itulah, aku mulai mengenal aplikasi - aplikasi lain seperti Adobe Photoshop (waktu itu Cs3), sedikit Corel dan yang sangat menarik adalah aku mengenal Game House. Mulai di titik inilah aku merasa semakin senang berkecimpung dengan komputer.

Lanjut, ketika aku menginjak kelas 6, disini aku pertama kali mengenal Internet. Waktu itu pertama kali ku dengar ada iklan di TV nasional tentang adanya internet yang merambah ke desa (oh iya btw rumahku emang di desa, jauh dari perkotaan) dan saat itu banyak iklan yang mengajak masyarakat untuk mengaktifkan layanan GPRS di ponsel mereka agar dapat menggunakan internet dari situ aku mulai mengenal internet yang kutahu sebatas mengunduh permainan di www.waptrick.com. Di posisi ini aku sangat awam dengan istilah modem. Suatu ketika, aku berkunjung ke rumah saudara sepupuku yang tinggak di kecamatan sebelah (sedikit lebih ada suasana kotanya), disitu aku melihat saudaraku mengakses internet dengan komputernya, disitu aku penasaran bagaimana caranya agar komputerku juga bisa digunakan untuk mengakses internet setelah itu baru kutahu apa itu modem dan fungsinya.

Tahapan selanjutnya yaitu ketika aku menginjak bangku SMP, pada masa ini mulai muncul banyak Warnet - warnet di dekat rumahku selain itu bapaku membelikan sebuah Laptop pada saat aku ulangtahun, dari situ aku mulai sering menghabiskan waktuku untuk bermain di warnet dan mencari titik - titik internet gratis. Awal aku mengenal warnet aku menggunakannya untuk berselancar di Google, mencari hal - hal unik yang membuatku sangat penasaran bahkan terkadang aku membuat daftar di kertas tentang hal - hal apa saja yang ingin kucari di google. Setelah lama bergelimpungan di warnet, aku mulai mengenal game online, saat itu aku tertarik untuk bermain Point Blank, untungnya aku tidak terlalu kecanduan dengan game tersebut, jadi aman lah, internetku masih sehat.

Lanjut ketika aku masuk SMA, ketika SMA aku memilih bersekolah jauh dari rumah, alasanya waktu itu aku ingin memperluas pertemananku. Ternyata benar disini aku mulai terbuka pemikiran dengan bertemu orang - orang 1 frekuensi yang gemar berurusan dengan dunia komputer. Di SMA aku mulai penasaran dengan cara kerja hacker meretas sebuah jaringan, sering aku mencari tutorial di internet untuk bisa menjadi hacker (impian anak alay komputer masa muda hehe..) dan hasilnya belum bisa sampai sekarang emoticon-Frown. Selain itu aku juga mulai tertarik mengenal Blogger dan bagaimana membuat aplikasi didukung oleh Om ku yang juga menggeluti dunia Blogger (Pernah jadi juara design blog lho~). Oh iya mungkin karena aku selalu membawa laptop ke sekolah, jadi aku dianggap sebagai orang yang paling jago komputer, aku ingat saat itu ada lomba untuk membuat blog di SMA, aku pun menjadi salah satu pesertanya bersama beberapa temanku. Selain membuat blog, aku juga mulai diberi tugas untuk membuat design grafis (walau sebenernya aku tidak terlalu jago dibagian ini).

Setelah menginjak kelas 3 SMA, disitulah mulai timbul kebingungan untuk memilih Jurusan dan Universitas. Saat itu aku sangat bingung jurusan apa yang aku pilih, disaat teman - temanku sudah menentukan pilihan aku masih bingung mencari pilihan apa yang tepat. Secara aku anak ipa tetapi nggak suka dengan Biologi, Fisika, Kimia dan keluarganya. Akhirnya aku menentukan untuk memilih Informatika, pertama itu berhubungan dengan komputer, yang kedua peluang bertemu dengan Biologi, Fisika, Kimia sangat kecil, paling mentok cuma Fisika. Setelah itu aku pun mantap mendaftarkan diriku ke STEI (Universitasnya pasti Tau lah Ya). Tapi sayangnya gagal, aku mencoba berbagai jalur SBM, UM di berbagai universitas namun dengan pilihan yang tetap yaitu Informatika, dan akhirnya aku diterima di 2 tempat yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  dan Universitas Diponegoro (Milih undipnya dong, soalnya di UMY jurusannya tidak sesuai pilihanku).

Masa - masa Semester 1, di semester 1 bayanganku akan diajari programing dengan bahasa yang keren dan membuat aplikasi yang keren, ternyata saat itu diberikan dasar - dasar matematika dan dasar - dasar pemrograman sangat diluar ekspektasi. Mulai pertengahan semester aku memikirkan bagaimana caranya agar aku bisa membuat aplikasi lebih cepat, sebelum aku mendapat materinya (kalau kubaca dikurikulum baru diajarkan pemrograman berbasis platform di semester 5). Akhirnya aku melihat ada peluang yaitu dengan begabung menjadi Penngurus Himpunan Mahasiswa Informatika di Bagian Kominfo. Akhirnya ku memilih untuk gabung. Tanggung jawabku sebagai Kominfo adalah memastikan Web milik Himpunan selalu update dan bisa diakses serta menjamin keamanan dari peretas. Disini aku sebenarnya masih awam dengan PHP, yang baru sedikit ku tahu html dan sedikit javascript, karena tanggungjawab itulah aku mulai belajar PHP dan dilanjutkan belajar Framework.

Setelah menginjak semester 3-4 aku sudah familiar dengan PHP, aku mulai berani membuat aplikasi web sederhana. Dulu aku merasa senang untuk mencoba hal baru terkait dengan pembuatan aplikasi di Web. Aku sering  tidur hingga dini hari sekedar menyelesaikan masalah pemrograman di Web. Namun entah mengapa aku merasa senang.

Setelah semester 6 aku mengambil mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL), saat itu aku melakukan PKL di sebuah instansi negri, pada PKL aku mendapat Project untuk membuat aplikasi Web untuk penilaian kinerja pegawai secara otomatis aku mengerjakan dengan bertemu masalah - masalah baru, tapi aku senang karena semakin aku mengeksplorasi kemampuanku programming. Setelah 1 bulan, aku selesai mengerjakan project tersebut, setelah aku berikan programmnya dan kupresentasikan, aku disuruh menghadap Direktur, katanya ada project tambahan yang bisa ku kerjakan dengan syarat aku harus menandatangani kontrak, namun saat itu aku masih memilih untuk menyelesaikan kuliah.

 Nah, untuk semester 7 ini aku diberi kesempatan untuk menjadi staf di salah satu Unit IT di fakultasku, disini aku dihitung sebagai pegawai fakultas meski bersetatus sebagai honorer. Di unit ini aku semakin familiar dengan dunia pengembangan perangkat lunak ditambah berkenalan dengan infrastruktur jaringan serta familiar untuk melakukan pemasangan dan instalasi server. Selain itu aku juga diberi kesempatan menjadi Anggota Divisi Riset di jurusanku, disini aku bertugas membantu dosen melakukan riset atau pengembangan risetnya. Menyinggung skripsiku, aku mengerjakan skripsi dengan topic music emotion recognition, hal yang menurutku menantang dan sangat yakin dapat menambah pengalamanku dalam dunia pemrograman khususnya. Selain hal tersebut terkadang juga masih mengerjakan project - project dengan skala kecil hingga menengah dari usaha - usaha rintisan atau instansi - instansi yang membutuhkan perangkat lunak. 

Nah dari cerita itu, dapat kusimpulkan kalau hobiku itu hal - hal yang berkaitan dengan Komputer, Khususnyaa dengan hal yang berbau Programming karena hingga saat ini aku sangat menikmati kegiatan ini. Hingga sekarang aku masih senang melakukan eksplorasi - eksplorasi tren pengembangan aplikasi saat ini. 

Dari situ juga aku percaya dengan perkataan "Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah Hobi yang dibayar".

Nah setelah renungan itu sekarang aku semakin semangat untuk menjalani kehidupan dengan hobi yang jalani saat in, semoga bisa menjadikan berkahku dimasa yang akan datang.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bekerja sesuai passion 😌
Kalau pekerjaan kita bukan hobi kita gimana, nganggur aja gitu sampai dapat pekerjaan sesuai passion kita, au kapan dapatnya emoticon-Ngacir
ada pernah orang hobinya tarung mulut silat lidah sekarang sudah di kerangkeng di tinggal anak istri
Bisa juga bukan melulu soal pekerjaan tetap gan, misal kita sebagai karyawan, trus punya hobi A, nah dari hobi A itu kita diajak atau ditawarin job sampingan yg akhirnya dpt duit, itu nikmat bgt rasanya.





FAKTA JAKARTA 2039
Quote:


ya, lebih baik menganggur saja sambil menjalankan hobi emoticon-Hansip
sing penting oleh duit gawe bayar cicilan emoticon-Wakaka


emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di