alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kerjasama Mata Duit dengan Singapura, Ini Manuver Baru Bank Indonesia Untuk Rupiah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc090a69e7404bb3b8b4573/kerjasama-mata-duit-dengan-singapura-ini-manuver-baru-bank-indonesia-untuk-rupiah

Kerjasama Mata Duit dengan Singapura, Ini Manuver Baru Bank Indonesia Untuk Rupiah

Kerjasama Mata Duit dengan Singapura, Ini Manuver Baru Bank Indonesia Untuk Rupiah

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo Kamis (11/10) kemarin menyebarluaskan kerja sama swap dan repo antara Bank Indonesia (BI) dan bank sentral Singapura atau Otoritas Moneter Singapura (Monetary Authority of Singapore) dengan total sebanyak US$ 10 miliar. Bank Indonesia dan MAS sepakat melakukan kebijakan terkait mata duit.

Kesepakatan itu diambil demi mengantisipasi ketidakpastian yang masuk
hendak menyelimuti pasar keuangan global di masa mendatang. Sebagai sesama negeri ASEAN, kesepakatan ini semoga strategis untuk meminimalisasi sentimen negatif yang menerpa pasar regional.

Ekonom Maybank Myrdal Gunarto berpendapat, kebijakan ini cukup penting sebagai tambahan buffer terhadap likuiditas dollar di BI.

“Setidaknya bisa menjadi penopang buat ketersediaan dollar AS,” kata Myrdal, Kamis (11/10). Tetapi, butuh dilihat juga macam kerja sama swap itu.

Jika konsepnya ialah Bilateral Swap Arrangement (BSA), artinya Indonesia dan Singapura bisa saling menukarkan mata duit lokalnya dengan dollar AS untuk menolong likuiditas dollar di kedua negeri.

Sementara, kalau skema ‘Bilateral Currency Swap Arrangement’ (BCSA) digunakan pada bentuk pertukaran mata duit lokal masing-masing negeri untuk meminimalisir porsi dollar AS pada alternatif devisa kedua negeri.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual menilai, kesepakatan Indonesia dan Singapura untuk menjalankan swap dan repo adalah bentuk antisipasi terhadap potensi mengetatnya likuiditas valuta asing, khususnya dollar Amerika Serikat (AS).

“Ini juga jadi pembangun kepercayaan pasar sebab market jadi mengetahui jika Indonesia miliki secondary buffer selain alternatif devisa,” ujar David, Kamis (11/10).

Sekadar info, alternatif devisa yang tercatat BI per akhir September mencapai US$ 114,8 miliar, turun dari Agustus yang sebanyak US$ 117 miliar

David menyebut, buffer serupa juga sudah dimiliki Indonesia dengan ikut terlibat pada Inisiatif Chiang Mai semenjak 2010 kemudian. Kesepakatan pertukaran mata duit multilateral yang melibatkan sepuluh anggota ASEAN, China, Jepang, dan Korea Selatan.

http://www.infomenarik-terbaru.com/kerjasama-mata-duit-dengan-singapura-ini-manuver-baru-bank-indonesia-untuk-rupiah/

Mantab.
Mantau.

emoticon-Cool
little red dot harus nurut sama big brother emoticon-Traveller

Money laundry & pengusaha yg cabut ke sgp makin untung




















satu lagi sgp makin murah beli pasir ilegal dari indo untuk memperbesar daratan sgp
Rupiah sama $ Singapura kuat Singapura lo
Quote:


Mantau apaan emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:
apa ini cikal bakalnya mata uang asean kek euro gitu?
kalau memang bisa membawa manpaat ya monggo saja
lebih baik indonesia pake usd aja supaya ga ada istilah inflasi mata duit.
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 15
contoh kapitalis paling serakah ada di singapur... hampir sama sekali tak.ada pekerja kasar disana
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 15
Balasan Post suralia
Quote:


Hutang aja lom lunas bikin mata uang asean gimana caranya. Rugilah sangat mereka mata uang asean bisa terbentuk kalau semua di asean setara kekayaannya atau minimal kaya semua.
Balasan Post jerry.m
Quote:


Infrastruktur itu mah kejauhan ngomongnya seakan Indonesia bisa bersaing dengan produktivitas eropa. Indonesia daya beli aja lemah gak perlu bilang infrastruktur dahulu infrastruktur ada kalau gak ada pembeli sama aja bohong.
nyimak aja bre
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 15
Balasan Post jerry.m
Quote:


malaysia kan lagi kelibet hutang kenapa indonesia gabung negara yang kelibet hutang?
ganyang malaysia kalah bukan karena kalah perang. namun karena kemiskinan kalau indonesia perang ya yakin menang secara malaysia negara kecil dibanding indonesia. Tetapi zaman sekarang perang gak masuk akal kecuali kita punya nuklir.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di