alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KTP Anjing': Program Ahok yang Dibully Pendukung Ahok
2.6 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc08f985a5163f1238b4573/ktp-anjing-program-ahok-yang-dibully-pendukung-ahok

KTP Anjing': Program Ahok yang Dibully Pendukung Ahok

KTP Anjing': Program Ahok yang Dibully Pendukung Ahok

KTP Anjing': Program Ahok yang Dibully Pendukung Ahok

Sedikit selingan dari isu-isu terkait pilpres. Kita lihat isu menarik di DKI, yaitu 'KTP Anjing'. Sejenis identitas atau chip untuk anjing.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menganggarkan Rp 925 juta untuk pengendalian rabies. Anggaran tersebut termasuk untuk pencetakan 'KTP' bagi anjing sebanyak 10 ribu lembar sebesar Rp 20 juta.

Dasarnya adalah Pergub DKI Nomor 199 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies. Artinya, program ini sudah dibuat sejak jaman sebelumnya, yaitu jaman Ahok.

"Kalau kamu mau pelihara hewan di Jakarta, wajib pasang microchip, supaya kita bisa kontrol. Ini kan standar internasional sebetulnya. Termasuk kalau jual hewan enggak boleh kandangnya kecil, itu kacau tuh. Rumah sakit (hewan) kita juga kita minta buka 24 jam," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di sela acara Kesejahteraan Hewan Menuju Jakarta Maju yang digelar di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (7/2/2016).



Setelah melakukan sosialisasi selama setahun pada 2017, Pemprov DKI membagikan 500 microchip gratis pada anjing peliharaan. Entah bagaimana, berita ini menjadi sedikit ramai di media sosial. Kita lihat, sebenarnya apa yang terjadi?

DATA

Dari data Drone Emprit, percakapan tentang anjing yang difilter dengan 'ktp dan identitas' tidak terlalu banyak. Hanya ada 1.7k mention di Twitter selama 3 hari terakhir ini. Dan 44 mention di online news. Awal muncul tanggal 9 Oktober, puncaknya tanggal 10, dan hari berikutnya turun.

SNA

Dari peta SNA hanya tampak adanya satu cluster. User yang paling banyak mendapat engagement adalah: @masasikamu 192
@pengarang_puisi 180
@kaskus 115
@Dennysiregar7 112
@Mey_MeynieJ 50
@makLambeTurah 36

Dari profile mereka, sebenarnya tampak bahwa sebagian besar adalah user yang pro dengan Ahok. Dan dari grafik exposure memperlihatkan pola percakapan oleh user organik, bukan robot.

Sama sekali tak tampak pendukung Anies turun membela. Dan tampaknya juga memang Anies tak memanfaatkan buzzer untuk mensosialisasikan program2 yang dilaksanakan. Jadi apa adanya oleh pemberitaan media dan info di FB page, dan pasrah dengan response netijen yang bakal muncul.

TOPIK

Ide pemasangan chip, atau pembuatan kartu identitas kepemilikan anjing, adalah ide brilian, yang sudah diterapkan di banyak negara maju. Tujuannya untuk mendata hewan ini agar tidak liar, serta mencegah terjadinya penyakit rabies yang disebabkan oleh anjing.

Pemasangan microchip ini merupakan kerjasama Jakarta Aid Animal Network (JAAN) dengan Pemprov DKI. Pergub dibuat tahun 2016, dan baru 2018 terealisasi setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi.

Namun kebanyakan komentar dari netizen yang sebagian besar adalah pro Ahok ini bukannya positif, tetap malah membully. Misalnya berikut ini.

ℙengarang ℙuisi™
@pengarang_puisi Inilah prestasi terbesar yang ditorehkan Gabener DKI.. KTP Anjing.. 👍👍😂😂😂😂 https://t.co/5bwbY6DZhP

Denny Siregar
@Dennysiregar7 "Mana KTP lu, anjing !" Sebentar lagi kata-kata ini akan menjadi kata yang ramah. Indonesia mulai berbenah..

Nona Ahokers Manado
@Mey_MeynieJ Wow kerennnnnnn...jakarta siap2 banjir ya...selamat krn pemimpin anda pinter2 bodoh....gabener lebih memilih ngurusin E ktp anjing dgn anggaran Rp.950 juta dari pada ngurusin warganya..... Bahagia anjingnya,menderita warganya,tertawa gabenernya...tepuk tangan yuk https://t.co/E3jZueTPcb

makLambeTurah
@makLambeTurah mak gak miara anjing soal takut digeruduk...soal tetangga pada sensi juga baperan....jadi miaranya kucing.. KTP bua… https://t.co/SiKk2hlmX3

#FOKUS_JKW&MA'RUF2019_ ❤
@Fokus_Jkw2019__ Di Jakarta akan diadakan KTP khusus Anjing ya .... Pertanyaan saya. ..... Klau anjing2 tsb hrus pindah majikan, apa juga hrus urus SKCK dri Kepolisian setempat .... ???? https://t.co/GDLi7mMTpP

Dan seterusnya, dari top status yang paling banyak diretweet, hampir semua bersentimen negatif atau membully program ini.

Sementara status yang netral atau mendukung adalah:

detikcom
@detikcom Ini Bentuk 'KTP' Anjing yang Diterbitkan Pemprov DKI https://t.co/5LfIzZkrjI via @detik_foto https://t.co/mTmlzDRQEo

soulusi.com
@SoulusiID Pemprov DKI merilis KTP untuk anjing peliharaan dalam rangka Hari Rabies Sedunia disertai dengan pemasangan 100 microchip gratis di Jakarta Utara. #savedog #HariRabiesSedunia https://t.co/JGTaEeHRW1

tirto.id
@TirtoID Pendiri LSM JAAN menjelaskan, guna microchip adalah untuk pendataan pemerintah, khususnya soal status kesehatan hewan terkait vaksin rabies. Sedangkan "KTP” anjing untuk memberi nilai lebih pada pemilik hewannya. https://t.co/IUHWfrCtgW https://t.co/9a2MH5pVHx

Historia
@historia_id Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan "KTP" untuk anjing. Dulu, pemilik anjing harus mendata dan membayar pajak anjing peliharaannya. https://t.co/Xp9jPhvQzl

Kebanyakan yang netral dan positif adalah media online. Mereka masih berbasis data dan fakta di lapangan.

ANALISIS

Bullying terhadap program KTP Anjing ini adalah contoh nyata dari post-truth. Netijen melakukan standard ganda. Jika yang membuat dan merealisasikan adalah Ahok, maka itu positif dan dipuji. Namun entah karena mereka lupa, ternyata yang mewujudkan program ini adalah Anies. Maka mereka 'merasa' apa yang dilakukan Anies ini adalah absurd. Untuk apa anjing diberi KTP, apakah akan diikutkan program OKEOCE, misalnya.

Kebenaran ukurannya bukan fakta lagi. Meskipun dalam berita sudah disebutkan bahwa ini dasarnya adlaah pergub yang dibuat Ahok. Tetap, peluncuran program ini terus dibuly, karena tidak cocok dengan perasaan mereka.

Fenomena post-truth semacam ini mirip dengan komentar sebagian netijen terhadap penyelenggaraan pertemuan IMF. Digoreng habis oleh oposisi. Padahal pelaksanaan acara IMF agar diadakan di Indonesia ini adalah ide dari masa presiden sebelumnya.

CLOSING

Selamat hari rabies sedunia!

cebong.ner

Anjink yg ini dikasih KTP juga gak niehh??

KTP Anjing': Program Ahok yang Dibully Pendukung Ahok

Yg bikin program mereka... yang bully programnya yaa mereka juga...


Tuolol
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Jadi kelihatan kualitas orang-orang macam mak lambe turah dan denny siregar...
ide 2016 ... release 2018 akhir
Hmm sepertinya ts ini salah satu anjing yg dikecewakan ahok krn tak kunjung mendapat ktp.. emoticon-cystg
Berita 2016 jing
Dongok lu jing
emoticon-Imlek
bukan masalah programnya
program apapun kalo yg jalani gubernur gw percaya
kalo yg jalanin gabener gw gak percaya
sampe sekarang jg gak ada satupun yg berhasil
udah gitu ajah

emoticon-Ngakak
Itu netizen islamist yg mencla mencle
kalo bisa ditarik kepolitik, uda berat wanabud mau berkuasa diindo.
Uda ga bisa lepas die dari tempelan islamist kaya wowo.


padahal anis cuma menjalankan warisan ahok, kenapa malah ahoker yg terguncang? idiot sekali mereka itu emoticon-Traveller
Balasan post banditsd
Quote:


Itu screenshot program Ahok pada tahun 2016 yg jd masalah.. beritanya mahh hari ini..


Cebong memang tuolol.. makanya baca..

Jari lu lebih cepat daripada kemampuan otak lu
Balasan post antiketek
Quote:


Nah ini bener.

Anies mau lakuin apapun pasti salah, karena citranya adalah gabener yang gak bisa kerja, gak punya skala prioritas, cuma bisa retorika, gila hormat, punya ide aneh, sering kongkalikong sama ormas preman, sering jualan agama, dst.

Dibandingin sama gubernur Ahok mah jauh.
gabener tolol anjing banggsat
Sekalian yg suka demo biar gampang dilacak emoticon-Ngakak
Diubah oleh trimusketeers
Quote:
Apa bedanya ktp anjing dengan ktp nasbung?

Jawabannya: ga ada beda. Sama persis emoticon-Big Grin
jadi politik kebencian itu milik siapa?
Balasan post dukun..beranak
Quote:


Wowo itu warga cina, makanya disamperin dubes cina ke hambalang waktu perayaan independence day cina..presiden favorit Prabowo subianto itu donald trump hehehe
guk guk guk

Balasan post trimusketeers
Quote:


Terutama yg dulu demo nangis-nangis dan Walk out saat BBM naik..

Kemudia diam kaya kucing basah saat BBM dinaikin si plongo
Quote:


Anjing2 tukang demo dikasih microchip biar ketahuan kabur dari demo emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Awas bangkemu nanti diancam
ahokers kupret mah moto hidupnya attack attack attack
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di