alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
12-10-2002: Jejak Kelam Tragedi Bom Bali I
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc08055620881a2108b4567/12-10-2002-jejak-kelam-tragedi-bom-bali-i

12-10-2002: Jejak Kelam Tragedi Bom Bali I

12-10-2002: Jejak Kelam Tragedi Bom Bali I

Liputan6.com, Bali - Hari ini, tepat 16 tahun silam, dua buah bom mengguncang kawasan Kuta, menyebabkan 202 orang tweas.

Di antara mereka yang tewas di Paddy's Irish Bar dan Sari Club di dekatnya adalah turis dari 21 negara, termasuk 88 warga Australia, 38 orang Indonesia, dan 28 warga Inggris.

Sepuluh bulan sebelumnya, benih-benih plot Bom Bali I kemungkinan telah ditanam di sebuah kamar hotel di Thailand selatan, demikian laporan investigasi oleh Kepolisian Republik Indonesia, sebagaimana Today in History dikutip oleh BBC pada Kamis (11/10/2018).

Pada pertemuan rahasia para pelaku operasi dari jaringan militan Asia Tenggara, Jemaah Islamiah (JI), Riduan Isamuddin, yang juga dikenal sebagai Hambali, diyakini telah memerintahkan strategi baru mengenai sasaran-sasaran lunak, seperti kelab malam dan bar, dibandingkan tempat dengan keamanan tinggi, seperti kedutaan asing.

Menurut Ali Imron, yang dijebloskan ke dalam penjara pada tahun 2003, mengatakan bahwa kemantapan untuk melakukan serangan Bom Bali I ditetapkan dalam sebuah pertemuan di Surakarta, Jawa Tengah. Di sana, Imron mengatakan bahwa "komandan lapangan" Imam Samudra mengumumkan rencana untuk mengebom target wisata di Bali.

Ditambahkan oleh Imron, bahwa Pulau Dewata sengaja dipilih "karena sering dikunjungi oleh orang Amerika dan rekan mereka". Dia mengutip pernyataan Imam Samudra yang menyebut rencana itu sebagai bagian dari jihad, atau perang suci, untuk "membela rakyat Afghanistan atas penindasan AS".

Faktanya, lebih banyak orang Australia dan Indonesia yang meninggal daripada warga AS, sehingga mendorong spekulasi bahwa komplotan itu kurang mendapat informasi atau dimanipulasi oleh pihak lain.

Hambali, yang saat ini berada dalam tahanan AS di Teluk Guantanamo, diyakini merupakan kontak Asia Tenggara untuk jaringan Al Qaeda yang dipimpin mendiang Osama Bin Laden.
Tapi dia tidak berpikir untuk memainkan peran aktif di plot Bali.

Sebaliknya, Mukhlas, seorang guru agama berusia 43 tahun, juga dikenal sebagai Ali Ghufron, ditangkap atas tuduhan sebagai koordinator keseluruhan serangan Bom Bali I.

Jaksa penuntut mengatakan dia menyetujui target dan menjamin pendanaan untuk pemboman itu. Mukhlas sendiri mengaku dia hanya memberi pembom panduan agama.
Dia juga merekrut dua adik lelakinya, Amrozi dan Ali Imron, untuk memainkan peran kunci dalam serangan itu.

https://www.liputan6.com/global/read...edi-bom-bali-i

Diubah oleh: ghennadi
Urutan Terlama
yg tadinya bukan siapa2 jadi terkenal.. bahkan dikenang.. bikin pengen yg lain aja..
Bom Bali 1... "menempelak" seorang Wapres yg saat itu bilang tak ada jaringan teroris di Indonesia emoticon-Malu

pasca kejadian Bom, atas bantuan Australia - Amerika - Inggris, berhasil mereformasi Kepolisian jadi memiliki passus spesialisasi anti terorisme yg d segani di Asean emoticon-Smilie
Juga atas bantuan Australia, RS Sanglah bisa d tingkatkan kualitasnya (saat kejadian akibat terbatasnya fasilitas yg ada, banyak korban WNA di terbangkan ke Australia dan Singapore emoticon-Embarrassment ) emoticon-thumbsup
thx teroris islamis




bom bali 1 dan 2 cukup buat bikin gue begadang menangani pasien berhari hari di rsup sanglah😊
Thank god. Iam atheist emoticon-Smilie
Quote:


bisa nyambung ya emangnya emoticon-Big Grin
amrozi giting
Kaum 4L itu emoticon-Big Grin
Waspada selalu dengan gerombolan barbar tukang halo halo apa kabar duar duar bakar bantai bunuh teror demi orgy bidadari.
Siapa yg mau gw traktirin emoticon-Angkat Beer
Makanya gue selalu waspada terutama sama cosplay ninja dan jenggot panjang hehehe
Gila emang ane salah satu korban dari redupnya pariwisata bali pasca bom bali, khontoll lah kalian para bajingan teroris
Untukku agamaku untukmu aturan agamaku.emoticon-Nyepi
Quote:


emoticon-Request
Mayoritas panasbung pks masih mendoakan para teroris sampe sekarang, wong tujuanya sama kok
waktu itu gw masih TK kayanya..
pernah cek monumennya ada orang indonesia juga yg jadi korban..


Sepi bgt ya thread yg ngga nyindir salah satu paslon pres..


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di