alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sentra Produksi Alkohol (Ciu) Bekonang, Dari Minuman keras Sampai Industri Farmasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc05a621cbfaa642d8b4567/sentra-produksi-alkohol-ciu-bekonang-dari-minuman-keras-sampai-industri-farmasi

Sentra Produksi Alkohol (Ciu) Bekonang, Dari Minuman keras Sampai Industri Farmasi

Sentra Produksi Alkohol (Ciu) Bekonang, Dari Minuman keras Sampai Industri Farmasi
Sumber: KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Suasana sore hari itu di Desa Bekonang, Kabupaten Sukoharjo tidak jauh berbeda dengan kebanyakan desa di Jawa tengah. Hanya ketika melintas perbedaan mencolok ada pada aroma yang menyerbak di sepanjang jalan Bekonang. Aroma khas alkohol hasil fermentasi sudah menjadi bagian yang tidak terterpisahkan selama berpuluh-puluh tahun dari desa tersebut.
Sentra alkohol bekonang memproduksi minuman beralkohol yang di kenal dengan nama ciu bekonang. Saat ini, ada sekitar 35 industri rumahan yang masih memproduksi alkohol jenis ciu, menurun setengahnya jika dibandingkan dengan Sepuluh tahun yang lalu yang ada 70 industri rumahan, seperti dikutip dari metrotv news.com.

Pada tahun sekitar 2013, Harga ciu bekonang termasuk murah untuk ukuran minuman keras, dengan uang Rp7000 pembeli bisa mendapatkan ciu sebanyak botol aqua ukuran kecil, untuk ukuran botol aqua yang besar dipatok harga sebesar Rp15.000. Namun, kondisi tersebut terjadi beberapa tahun yang lalu, saat ini peredaran dan penjualan ciu bekonang sudah termasuk dalam perdagangan ilegal. Saat ini hanya segelintir oknum yang masih memperdagangkan miras tersebut.
Pemerintah daerah setempat sudah mulai mengetatkan regulasi terkait keberadaan industri rumahan alkohol.saat ini Ciu bekonang sudah dianggap produk yang membahayakan masyarakat sehingga keberadaannya dikaji ulang dan menghasilkan keputusan bahwa alkohol hasil fermentasi yang sudah menjadi minuman ciu atau etanol murni harus diolah kembali untuk keperluan medis atau industri farmasi.

Sentra Produksi Alkohol (Ciu) Bekonang, Dari Minuman keras Sampai Industri Farmasi
Credit: solo.tribunnews.com 


Industri alkohol berskala rumahan sekarang ini banyak yang sudah mendapat ilmu penyulingan untuk menaikan kadar alkohol etanol yang output nya digunakan untuk keperluan medis. Ciu Bekonang terbuat dari fermentasi tetesan tebu, badeg, dan ragi yang kemudian diendapkan selama 7 hari, dan ditempatkan pada sebuah drum dan juga ditempatkan pada tungku-tungku yang digunakan untuk merebus ciu tersebut. Kemudian ciu yang sudah diendapkan akan melalui proses distilasi/Penyulingan tahap dua, proses itu akan menaikkan kadar alkohol dari 30% menjadi 50%. SelanjutnyaPada tahap ketiga tetesan ciu kembali di lakukan penyulingan tahap akhir untuk mendapatkan alkohol/etanol berkadar 90%.

Industri alkohol skala rumahan biasanya dapat memproduksi 60 liter alkohol etanol berkadar 85 sampai 90% dalam sehari. Proses produksi atau penyulingan dengan kapasitas produksi tersebut memakan  waktu selama tiga hari.
Setelah kadar alkohol naik  mencapai 90%, alkohol etanol tersebut dipasarkan ke sejumlah pabrik rokok di Kudus, Jawa Tengah, atau apotek dan pabrik farmasi lain yang berada di sekitar Sukoharjo. Alkohol ini, kata Hari, biasa digunakan untuk bahan sterilisasi peralatan medis atau peralatan industri lainnya.

Sentra Produksi Alkohol (Ciu) Bekonang, Dari Minuman keras Sampai Industri Farmasi
Sumber/Credit: MetroTVNews/Pythag Kurniati

Kendala yang dihadapi dilapangan selain teknologi penyulingan, para perajin mengeluhkan pemasaran alkohol yang sulit. Produk alkohol untuk kebutuhan industri tak selaku alkohol untuk dikonsumsi pribadi. Dengan begitu banyak industri akhirnya kembali memproduksi ciu dikarenakan ciu selain lebih mudah dan singkat proses produksi dan pemasarannya, sehingga lebih mudah untuk mendatangkan keuntungan. 

Sekian.


Persoalan Klasik dan Pekerjaan Rumah buat Pemerintah Daerah emoticon-Big Grin


emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

Spoiler for Quote:



Spoiler for Sumber:



Urutan Terlama
baunya gak nahan 😆
kadar etanol nya berapa gan ? bahaya lo buat liver
tapi sebenarnya bagus juga kalo pemabuk pada koit satu-satu cuma kalo bolak-balik ke rumah sakit kasian kan BPJS
Klo masih banyak yg beli ya pasti ada yg mau produksi...

Sentra Produksi Alkohol (Ciu) Bekonang, Dari Minuman keras Sampai Industri Farmasi
wah ini kayak di film2 luar nih

emoticon-Ngakak
Balasan Post nyongnyongan
Kalo ciu asli bekonangnya mah aman gan emoticon-Big Grin, kecuali kalo di oplos yg aneh2
Balasan Post kingndas
Film apaan gan?emoticon-Big Grin
Ora doyan uyuh setan emoticon-Busa:
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 08
Semoga ditutup aja lah
Sentra Produksi Alkohol (Ciu) Bekonang, Dari Minuman keras Sampai Industri Farmasi
Emang terkenal bgt sih ini
keren nih namanya CIU

kl CIA lain lagi,agen rahasia yg sering dikambing hitamkan..
emoticon-Malu
Quote:


yakin aman? emoticon-Big Grin
Balasan Post edoha
Quote:


not recommended deh hehe


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di