alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc0557762088169168b4569/jokowi-kritik-perang-dagang-lewat-game-of-thrones

Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones

Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones
Presiden Joko Widodo berbicara dalam sesi pleno Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).
Pidato Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo kembali menarik perhatian dalam forum ekonomi dunia. Ia kembali melontarkan kritik atas perang dagang yang saat ini dilakukan oleh negara-negara maju.

Dalam Plenary Session Annual Meeting IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018), Jokowi mengatakan saat ini dunia tengah dibayangi oleh sejumlah permasalahan. Permasalahan tersebut, menurutnya berpotensi membawa dunia dalam ambang krisis ekonomi global.

Sebagai contoh, ia menyebut tren pertumbuhan ekonomi yang dinikmati oleh Amerika Serikat, terjadi di tengah perlambatan pertumbuhan negara berkembang.

Maraknya perang dagang dan pertumbuhan inovasi teknologi yang mengguncang industri turut menambah daftar masalah bagi banyak negara. Hal ini mengakibatkan, negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar.

Jokowi bahkan menganalogikan keadaan ekonomi dunia dengan sebuah serial TV nan epik dan populer, Game of Thrones.

Serial fiksi buatan saluran televisi kabel Home Box Office (HBO) itu mengambil latar belakang cerita kerajaan dengan berbagai macam konflik dalam perebutan kekuasaan dan tahta dalam sebuah benua bernama Westeros yang dipimpin oleh satu kerajaan besar.

Jokowi menggambarkan konflik yang terjadi dalam serial tersebut seperti perang dagang yang tengah dilakukan oleh Tiongkok dan Amerika Serikat.

"Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa: Winter is coming," ujar Jokowi.

Winter is coming (musim dingin segera tiba) adalah salah satu slogan yang kerap diucapkan oleh House Stark-- kepala wilayah utara atau disebut Warden of The North dalam serial Game of Thrones.

Slogan tersebut biasa diucapkan saat ancaman musim salju abadi--yang tidak jelas dan sulit diprediksi--datang melanda kerajaan. Ketika musim salju tiba, seluruh rakyat kerajaan akan mengalami kesengsaraan akibat kelaparan.

Dalam serial tersebut, sejumlah klan dan keluarga kerajaan saling bertarung hebat satu sama lain untuk mengambil alih kursi kekuasaan, The Iron of Thrones. Perebutan kekuasaan tersebut bagaikan sebuah roda besar yang berputar karena masing-masing klan saling menjatuhkan untuk mencapai pucuk kekuasaan.

Namun, akibat terlalu sibuk mengejar kekuasaan, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari Utara.

"Realitanya, saat ini kita sedang menghadapi ancaman global yang tengah meningkat pesat. Perubahan iklim telah meningkatkan intensitas badai dan topan di Amerika Serikat hingga Filipina. Sampah plastik di laut di seluruh penjuru dunia telah mencemari pasokan makanan di banyak tempat," kata Jokowi.

Presiden pun meminta para pemimpin dunia dan pengambil kebijakan waspada dan meningkatkan kerja sama dalam menghadapi perkembangan ekonomi global saat ini.

"Ancaman global yang tumbuh pesat tersebut, hanya bisa kita tanggulangi jika kita bekerja bersama," lanjut Jokowi.

Ini bukan pertama kalinya Jokowi menganalogikan keadaan ekonomi dunia dengan perang fiksi yang digambarkan oleh sebuah film.

Dalam World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center di Vietnam September lalu, Jokowi juga menganalogikan konflik dagang seperti perang dalam film Avengers: Infinity War. Pada saat itu Jokowi menganggap Thanos sebagai sosok yang mengancam setengah populasi Bumi, seperti film tersebut.

"Balance of power (keseimbangan kekuatan) dan aliansi antar negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan. Lemahnya kerja sama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah," ujar Jokowi.
Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones
Presiden Joko Widodo (kanan) berbicara dengan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (kedua kanan) dalam sesi pleno Pertemuan Tahunan IMF dan World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).
Cara pandang Jokowi dalam menggambarkan situasi ekonomi dunia mendapat pujian dari sejumlah tokoh keuangan dunia. Pidato Jokowi tersebut mendapatkan standing applause dari seluruh delegasi, tamu negara, dan media yang hadir.

Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, mengungkapkan rasa malunya karena tidak bisa menyampaikan pesan setegas Presiden Jokowi dalam Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018, terkait dengan apa yang tengah terjadi di dunia dan apa yang harus dilakukan.

"Ini saatnya kita pulang karena kita tidak bisa melakukan lebih baik dari itu," kata Jim diiringi dengan tawa para delegasi.

Saat Managing Director IMF, Christine Lagarde, memberikan sambutan, ia memuji pidato Presiden Jokowi dengan mengatakan "Pidato Presiden Jokowi luar biasa, sudah meningkatkan standar pidato kita-kita."

Lagarde mengungkapkan, eskalasi perang dagang dunia yang terus berlanjut dapat menurunkan 1 persen Produk Domestik Bruto (PDB) global dalam dua tahun ke depan.

Dalam rapat yang dihadiri menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari seluruh dunia itu, Lagarde menegaskan semua negara perlu bekerja sama menangani permasalahan perdagangan.

Oleh sebab itu, demi kepentingan bersama, negara-negara di dunia perlu menurunkan tensi perang dagang dunia, sekaligus mereformasi sistem perdagangan global menuju ke tatanan atau rantai ekonomi yang lebih adil bagi masyarakat luas.

"Ini artinya kita memperbaiki sistem, bersama-sama, bukan merusaknya," tegas Lagarde.
Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ame-of-thrones

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones Misteri hilangnya Khashoggi dan tekanan pada Arab Saudi

- Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones Ekonomi Asia cukup solid, meski tak sepenuhnya aman

- Jokowi kritik perang dagang lewat Game of Thrones Aktivitas di Situbondo langsung normal pascagempa 6,0 SR

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di