alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mobil Esemka Akan Diluncurkan, Ini Kondisi Pabriknya di Cileungsi
2.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc044b91a997521388b456a/mobil-esemka-akan-diluncurkan-ini-kondisi-pabriknya-di-cileungsi

Mobil Esemka Akan Diluncurkan, Ini Kondisi Pabriknya di Cileungsi

Tempo menelusuri pabrik mobil Esemka di Kawasan Industri River Green, Cileungsi, Bogor, 2 Oktober 2018. Saat tiba di sana terlihat plang Kawasan Industri River Green. Namun tidak ada kegiatan apa pun layaknya kawasan industri dengan truk pengangkut bahan material yang berlalu lalang. Hanya terlihat sedikit warga dengan aktivitasnya masing-masing.

Setelah menemukan plang bertuliskan Kawasan Industri River Green itu, Tempo kembali mencari PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yang selama ini menaungi mobil Esemka. Tak jauh dari pintu masuk Kawasan Industri River Green, Tempo menemukan pabrik dengan banyak mobil yang terparkir di dalamnya namun tidak ada plang yang bertuliskan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero.

Baca:

Ma'ruf Amin Sebut Mobil Esemka Akan Diluncurkan Oktober

Akhirnya, Tempo mencoba masuk dan ada tiga orang petugas keamanan yang berjaga. Setelah bertanya dan ngobrol ke salah satu petugas keamanan itu, ternyata benar ini adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yang sempat digalakkan dua tahun silam.

Seorang petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya mengatakan dulu memang sempat digalakkan sekitar tahun 2016. Pintu gerbang dengan papan nama bertuliskan mobil Esemka dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero terpampang jelas di depan pabrik. “Sepanjang jalan kawasan industri dulu juga ramai dengan spanduk-spanduk mobil Esemka,” kata dia.

Bahkan, menurut dia sempat ada interview untuk perekrutan tenaga kerja untuk bagian staff dan tenaga ahli bagian produksi. Sayangnya, setelah masa perekrutan tersebut tak ada kejelasan hingga saat ini. Sekarang pabrik ini hanya dijadikan gudang tempat ratusan mobil cina dengan merek Geely.

Saat ini papan nama PT Adiperkasa Citra Esemka Hero di pintu gerbang sudah tidak ada, yang terlihat hanya gerbang dan plang berwarna hijau tanpa tulisan. Tempo hanya mengamati dari pintu gerbang, karena memang dilarang untuk masuk ke dalam area pabrik.


Ratusan mobil Geely dari sedan, city car, hingga SUV terparkir di area terbuka. Menurut informasi dari petugas, memang tidak ada kegiatan produksi di dalamnya sejak awal berdiri. Sekarang hanya ada segelintir karyawan kurang lebih berjumlah 15 orang terdiri dari petugas keamanan dan petugas yang merawat ratusan mobil tersebut.

Selain reportase di Cileungsi, Tempo juga mengunjungi pabrik mobil Esemka di di wilayah Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, pada Selasa, 2 Oktober 2018. Pabrik yang disebut-sebut untuk perakitan mobil Esemka itu berjarak sekitar lima kilometer di sebelah barat Bandara Adi Soemarmo Solo.

Dari penampilan luarnya, pabrik di tepi Jalan Esemka (sebelumnya bernama Jalan Mangu-Sambi), itu sudah mengalami beberapa perubahan jika dibandingkan pada awal Februari lalu. Sekarang, jalan utama di pabrik itu sudah dilengkapi gerbang besi dan gardu bertuliskan PT Solo Manufaktur Kreasi. Namun, tulisan PT Solo Manufaktur Kreasi itu masih tertutup oleh kain.

“Gardu ini baru dibangun. Belum lama, mungkin sekitar sebulan lalu,” kata seorang satpam yang enggan disebut namanya di gazebo bambu di balik gerbang saat menyambut kedatangan Tempo.

Selain di gardu, tulisan PT Solo Manufaktur Kreasi juga tertera di pagar tembok depan pabrik dan sama-sama masih ditutupi kain.

Adapun pagar besi di sepanjang penampang muka pabrik itu kini telah ditutup rapat. Sehingga segala aktivitas di halaman pabrik, yang kontur tanahnya lebih tinggi dari permukaan jalan cor di depannya, tidak tampak dari luar.

Dari pantauan Tempo sekitar delapan bulan lalu, masih terlihat aktivitas sejumlah pekerja bangunan dan hilir mudik truk-truk pengangkut material di pabrik yang menempati lahan sekitar 11 hektare itu.

Waktu itu, Camat Sambi Hari Hariyanto mengatakan masih ada proses pembangunan di bagian belakang pabrik. “Sekarang bangunan di belakang sudah selesai. Totalnya ada tiga gedung di sini,” kata satpam itu.

Gedung pertama, berada di urutan paling depan, akan digunakan untuk showroom. Adapun dua gedung yang berderet di belakangnya dikabarkan untuk proses produksi atau perakitan mobil Esemka.

Sayangnya Tempo dilarang masuk lebih jauh ke dalam pabrik. “Mohon maaf, kami belum bisa memberi izin untuk masuk karena pabrik ini juga belum diresmikan,” kata satpam itu.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo atau Jokowi akan diluncurkan pada Oktober mendatang. "Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis, 27 September 2018.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ma'ruf Amin ketika memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama. "Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional, jadi tidak mustahil. Semua usaha juga dimulai dari kecil," katanya disambut tepuk tangan meriah ratusan orang yang hadir dalam acara silaturahmi itu.

sumur

Spoiler for BARBUK FOTO:


mobil 4 dimensi, ngga keliatan di dunia 3 dimensi


Quote:


bakal ditangkap karena nyebar hoaks nggak yaaaaa emoticon-Ngakak (S)
reserved untuk update berita emoticon-Big Grin
tinggal copot emblem geely berubah jadi esemkah emoticon-Wakaka






makin hancur saja ini kaskus. tampilan barunya jelek maksimal emoticon-Tai
luarbiasa


janji yang akhirnya akan terpenuhi

kalau setahu saya kok pabriknya di boyolali sana.dan pabriknya dah selesai kemaren pas lewat daerah sambi situ. kebetulan deket rumah bapak saya
esemka takut ga laku emoticon-Turut Berduka
Mobil advanced warfare sdh memiliki stealth camouflage
Quote:


dari 2012 sampai sekarang ga jelas kapan diproduksi massal emoticon-Big Grin
emoticon-Big Grin
diproduksi....

ganti nama = produksi...

hmmmmm

Rebrand..
Diubah oleh samudra6969
Balasan Post anangelwings
Quote:

kalo lewat sambi lagi tolong mampir dan longok dalem pabriknya Gan, isinya mobil apa roket ?emoticon-Om Telolet Om!
gelly yg suaranya kaya mesin potong rumput itu ya....jadi inget tetangga ane beli mobil nh..ane setiap pagi kaget..ko ada yg idupin mesin potong rumput setiap hari..ehh pas di liat gelly lagi di panasin
Balasan Post madjazz
Quote:


ga bisa masuk mas. tapi kalau boleh masuk ya pasti foto2 lah. gimana kondisi disana. ada produksi ato ga. kalau terakhir sabtu kemaren sih belum ada aktivitas
Quote:
Showroom nya harus dibuka disetiap provinsi seluruh indonesia
Mobil Esemka Akan Diluncurkan, Ini Kondisi Pabriknya di Cileungsi

'Membedah' Pabrik Mobil Esemka di Boyolali
https://www.cnnindonesia.com/teknolo...ka-di-boyolali

Presiden Joko Widodo pernah memberi mandat kepada mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono untuk memproduksi mobil nasional (mobnas) sesuai rencana PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) sejak 2012.
Lihat juga:Siswa Lulusan SMK Dilibatkan Produksi Esemka
Pada 2015, AM Hendropriyono meresmikan PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) yang merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT SMK. PT ACEH kemudian mendirikan pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. (asa)



Numpang lewat di Trit Penangkaran Kampret emoticon-Mad
Diubah oleh heaven.above
itu mah gudangnya geely. HOAX kok disebarin
Intip 'Daleman' Pabrik Esemka di Boyolali
CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 05/03/2018 10:00 WIB

Mobil Esemka Akan Diluncurkan, Ini Kondisi Pabriknya di Cileungsi
Bagian dalam fasilitas pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. (Screenshot via Instagram/@fxsuryadi77)


Jakarta, CNN Indonesia -- Fasilitas pabrik milik PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) untuk produksi mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah belum rampung sepenuhnya. Pabrik tersebut berdiri di atas lahan seluas 14 hektare.

Berdirinya pabrik tersebut sebagai bukti keseriusan PT ACEH memproduksi massal Esemka di Tanah Air. Namun, hingga kini PT ACEH masih tutup mulut terkait pabrik barunya itu, dan belum bisa dikonfirmasi kebenaran pabrik tersebut.

Seorang sekuriti yang CNNIndonesia.com temui di lokasi pabrik pun tidak memperkenankan kami menjelajahi area pabrik. Kemunculan pabrik itu pun dipertanyakan dan menimbulkan reaksi masyarakat.


Di tengah keraguan masyarakat, tiba-tiba salah satu pemilik akun @fxsuryadi77 mengunggah foto-foto bagian dalam pabrik Esemka di Boyolali. Ia menyatakan dirinya sempat masuk ke dalam pabrik perakitan Esemka dan bertemu dengan sejumlah karyawan pabrik.

Mobil Esemka Akan Diluncurkan, Ini Kondisi Pabriknya di Cileungsi

Dalam akun pribadinya juga menampilkan foto-foto fasilitas pabrik yang merakit model lain, seperti pikap.

Mobil Esemka Akan Diluncurkan, Ini Kondisi Pabriknya di Cileungsi
Pikap Esemka salah satu model yang diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah Foto: Screenshot via Instagram/@fxsuryadi77
Suryadi yang dihubungi CNN.Indonesia.com menjelaskan kehadirannya di sana untuk memenuhi undangan Esemka yang saat itu tengah mencari vendor-vendor otomotif untuk dilibatkan dalam produksi Esemka.

"Saya mewakili Politeknik ATMI Surakarta memenuhi undangan saat itu," jelas Suryadi beberapa waktu lalu. (mik)

https://www.cnnindonesia.com/teknolo...ka-di-boyolali
hahahaha,ajaib pabriknya, peralatan seperti itu bisa bikin mobil,bandingin coba sama pabriknya kebanggaan mainland wuling
biasa aja pabriknya,..

Esemka

Gak tau ini bener apa salah bro.. mobil yang gak tau dari dulu kabarnya tiba2 muncul diproduksi masal. Gak jelas RnD nya seperti apa2 tiba2 nongol tuh modelnya macem2. Kemungkinan ini tinggal rakit aja. Jadi model dan seluruh part-nya sudah ambil dari mana dan tinggal rakit. Dan dilabel ulang. Kalaupun mau bikin design dari awal jelasnya pasti nglibatin pakar yang ahli di bidang otomotif. Lihat saja banyak kampus sudah meneliti dan buat konsep mobil bertahun-tahun juga hanya sebatas prototipe.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di