alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jangan Korbankan Pertanian demi Pembangunan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc03e9f56e6afd7288b4571/jangan-korbankan-pertanian-demi-pembangunan

Jangan Korbankan Pertanian demi Pembangunan

Spoiler for Mulustrasi:


Ternyata, musuh dari pertanian di Indonesia adalah pembangunan itu sendiri. Salah satu contohnya adalah rencana pengembangan daerah di sekitar jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yakni di Kabupaten Karawang.

Pemerintah berencana mendirikan kawasan bernama Transit Oriented Development di sekitar kawasan yang dilewati proyek kereta cepat tersebut.

Masalahnya, di areal sekitar proyek tersebut, terdapat banyak persawahan dan lahan pertanian lainnya yang menjadi penopang produksi pangan. Khususnya untuk daerah Jakarta dan sekitarnya.

Padahal menurut informasi terakhir, ada 87 ribu hektar lahan pertanian di Kabupaten Karawang yang tidak boleh dialifungsikan hingga tahun 2030 nanti.

Pembangunan itu ibarat cendawan di musim hujan. Ia akan merembet, dan tanpa terasa akan memenuhi suatu wilayah dalam waktu singkat. Bila kita menetapkan segaris wilayah sebagai bagian dari kawasan pengembangan berorientasi transportasi, maka wilayah sekitarnya akan ikut berubah juga. Biasanya dimulai dengan kemunculan warung-warung makan bagi pekerja di kawasan yang dilewati itu.

Dari awalnya bedeng, lalu berubah jadi bangunan semi permanen. Tak lama, muncul kos-kosan untuk tempat tinggal orang-orang yang bekerja di daerah situ. Lalu setelahnya, akan mulai muncul perumahan karena orang-orang mulai memilih untuk menetap secara permanen.

Kalau sudah demikian, maka terjadilah alih fungsi di daerah sekitarnya, dan pada akhirnya kawasan pertanian menghilang seluruhnya. Ketimbang jadi petani, orang-orang di situ akan lebih memilih jadi juragan kosan atau kontrakan. Atau dalam skala kecil-kecilan, jadi penjaga parkir atau toilet umum.

Demi menjaga kesejahteraan petani dan kelangsungan pasokan pangan dari kawasan Karawang, ada baiknya Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman duduk bersama. Merembukkan nasib para petani yang kawasannya akan dilewati oleh proyek kereta cepat itu. selain itu, ada produksi pangan yang dipertaruhkan karena banyak kawasan pertanian yang berpotensi dialihfungsikan demi pembangunan.

Emangnya, rakyat bisa makan kereta cepat bila kelaparan?

Sumur
Quote:


ini opini...? emoticon-Bingung (S)
Terlambat blok. Ngomong no ame orba yang menginisiasi de-agrikulturasi Indonesia, khususnya Jawa. Kalau udah industri udah banyak seperti sekarang udah sulit sekali merelokasinya. Mau ga mau pertaniannya yg direlokasi.
Jangan salahkan pemerintahnya kalau anak-anak petani disekolahkan tinggi bukan untuk melanjutkan kerjaan sang ayah. kebanyakan disekolahin tinggi agar jadi PNS, pegawai swasta dan lainnya. Coba bikin survei, ada gak yang menyekolahkan anak agar jadi petani? Mikir
Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
makanya tuh lulusan2 pertanian

kerja sama sana sama lulusan sipil dan teknologi

bikin lah sawah vertikal, kebun vertikal, hutan vertikal

Jangan Korbankan Pertanian demi Pembangunan
Pilih wowo kereta cepat gak bakal dibangun jalan raya tol juga gak perlu

Naek Becak aja lewat sawah emoticon-Ultah
ya perlu kajian komprehensif lah, jika daerah itu intensifikasi/ekstensifikasi pertanian tidak bisa memakmurkan daerah tersebut dibandingkan jika digenjot jadi sektor pariwisata, industri, peternakan masa iya tega nyuruh orang kudu melarat mulu..
kalo bisa jadi makmur ya lanjutkan..



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di