alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc01020902cfe26748b456c/10-produk-retail-paling-unik-di-taobao-maker-festival-2018

10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 

10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 

Hangzhou, Tiongkok, IDN Times - Taobao Maker Festival 2018, ajang pameran produk ritel terbesar yang tergabung dalam marketplace Taobao di Tiongkok, diramaikan lebih dari 200 pengusaha muda dengan ratusan produk inovatif dan unik. Acara yang berlangsung pada 13-16 September 2018 di West Lake, Hangzhou, Tiongkok, ini juga menghadirkan brand-brand orisinil, perancang busana muda, penemu produk, hingga pengrajin produk-produk warisan budaya Tiongkok.  Uniknya, dalam pameran ini tidak ada pembayaran cash. Transaksi dilakukan online sekaligus offline. Jadi pembeli hanya memindai barkot di produk yang dijual, kemudian transaksi pembayaran dilakukan secara online. Barang yang sudah dibeli nantinya dikirimkan ke rumahnya. IDN Times berkesempatan meliput festival ketiga dari perusahaan milik Jack Ma ini, yang merupakan acara pameran produk ritel terbesar di Tiongkok itu. Berikut sejumlah produk unik, inovatif, serta kekinian yang pas buat kaum millennials.


1. Pot bunga pintar
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Pot bunga pintar ini bernama The Smart Sun Flower Pot. Sesuai namannya, pot bunga ini menggabungkan seni interaktif, teknologi kreatif, dan desain pengalaman pengguna. Produk-produk buatan Sattva Lab ini telah dipamerkan di Biennale Sanghai Exhibition. Smart Sun Flower Pot sejatinya perangkat pot bunga pintar, yang memungkinkan tanaman bergerak sendiri. Sensor di dalam pot mengidentifikasi cahaya garis, suhu, suhu tanah, dan kelembaban udara, serta membantu tanaman mengidentifikasi lingkungan yang paling sesuai dengan pertumbuhannya. Pot ini juga dilengkapi aplikasi yang terhubung ke pot bunga, yang menggambarkan lingkungan dengan parameter tanaman secara real time. Jika tanaman tidak cukup air, ia akan memberikan tanda, "Saya haus", untuk memberi tahu penggunanya. Buat kamu yang hobi menanam tanaman, harga tanaman ini Rp2,5 juta tidak terlalu mahal. Kamu bisa langsung membeli pot cerdas ini di Taobao secara online.


2. Planet tiga dimensi
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Buat kamu yang hobi dengan tata surya, di pameran ini juga terdapat benda-benda langit, khususnya planet-planet. Seperti di toko AstroReality, yang menjual aneka planet mulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, hingga Pluto. Planet yang dijual di sini tidak seperti globe pada umumnya. Benda-benda langit ini dibuat dengan teknologi printing 3D, sehingga menyerupai wujud aslinya berdasarkan foto hasil NASA. AstroReality dengan produknya, planet 'Bulan' telah memenangkan Silver Award di World AR Competition dan diundang ke NASA Lunar and Planetary Institute. Untuk harga tergantung dari ukurannya. Seperti untuk ukuran Bulan diameter 120 mm seharga kisaran Rp3,2 juta, 80 mm Rp1,2 juta, dan 30 mm Rp450 ribu. Kamu juga bisa membeli sembilan planet sekaligus dengan harga kisaran Rp1,7 juta, tapi dengan ukuran lebih kecil.


3. Kue fondant si Raja Gula China
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Jika kalian biasa melihat kue fondant ulang tahun berbentuk boneka, saya rasa sudah biasa. Kali ini kue yang dijual Zhou Yi di toko miliknya, Kalaien Fondant, menjual aneka kue berbentuk anime. Tekstur hingga warna menyerupai bentuk aslinya. Kamu akan geleng-geleng melihat produk-produk hasil tangan Zhou Yi. Tak heran jika pria yang dikenal sebagai Raja Gula China ini mendapat gelar juara dunia kue fondant. Dia memenangkan Medali Emas dalam Kontes Kue Dunia dengan gaya Tiongkok "Wu Ze Tian". Selain menjual kue, Zhou Yi juga menjual berbagai alat dan bahan-bahannya. Di tempat pameran, dia juga menunjukkan cara membuat kue fondant kepada pengunjung. Sekilas terlihat mudah, tapi membutuhkan keuletan dan kesabaran membuat kue unik ini. Kamu bisa membeli bahan dan alat-alatnya di Taobao. 


4. Kertas 'Hantu'
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Pameran Taobao Maker Festival 2018 tak hanya menampilkan produk berbahan baru, tapi juga bahan daur ulang. Seperti toko bernama ZGUI yang menjual aneka produk dari bahan utama kertas bekas. Tapi kertas daur ulang di sini berbahan khusus kertas kraft, sehingga menghasilkan produk unggulan yang ramah lingkungan. Produk-produk yang dijual di toko ZGUI umumnya 'fashionanble' bagi perempuan seperti tas, topi, hingga dompet. Namun, desainnya unik dengan konsep 'gotik', sehingga toko ini diberi sebutan 'Paper Ghost'. ZGUI didirikan seorang desainer muda yang tertarik menjelajahi hal-hal aneh. Di antaranya tas dengan rambut terurai di belakangnya, seperti kepala menempel. Ada juga tas unik dengan empat tangan sedang memegang rangkaian bunga yang menempel di belakang tas. Tak hanya itu, Zgui juga merancang sekaligus membuat produknya hanya bersama sangi ibunda. Sehingga untuk satu produk bisa memakan waktu yang relatif lama. Meski berbahan kertas, produk-produk di toko ZGUI bisa bertahan sampai lima tahun dan yang paling penting adalah tahan dari air.  Pada saat IDN Times berkunjung ke stannya, Zgui membuktikan langsung dengan memasukan tas ke dalam air yang sudah tersedia, kemudian dia meremas-remas tas itu. Tapi tas itu tetap utuh dan tidak luntur. Keren kan? Produk-produk ZGUI pernah ditampilkan dalam majalah China Handmade 2016. ZGUI yang juga sesuai nama pemiliknya itu memenangkan penghargaan perunggu di Sichan dalam Kompetisi Produk Pariwisata Budaya Panda Global, dengan desain ramah lingkungannya. 


5. Robot 'Besi Bekas'
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Selain kertas daur ulang, ada juga besi daur ulang yang menjadi produk uggulan. Seperti produk-produk yang dijual di toko Jijatianxia milik Zhang Yiwei, yang memungkinkan kamu membuat robot sendiri, disesuaikan dengan jenis barang pilihan kamu.  Zhang Yiwei membuat aneka robot dari besi bekas dari pabrik-pabrik manufaktur. Meski tidak bisa bergerak seperti robot pada umumnya, robot-robat ini bisa diaplikasikan dengan berbagai kegunaan seperti untuk speaker, tempat ponsel, hingga jam tangan. Berawal dari keinginan memiliki robot namun tidak memiliki uang untuk membelinya, Zhang Yiwei merangkai robot-robot ini dari besi bekas. Sehingga ia dianugerahi penghargaan Kewirausahaan Mahasiswa Guandong atas karya-karyanya, dan produknya pernah dipamerkan di Gu Yuan Art Museum. 


6. Band robot
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Dalam pameran Taobao Maker Festival juga banyak menampilkan robot  sungguhan. Jenis-jenis robot ini bervariasi, tapi umumnya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari robot 'Tangan' untuk menuangkan minuman, robot 'Anjing' untuk menarik kereta, band robot, hingga robot 'monkey' raksasa. Namun, di antara sekian banyak stan robot yang paling unik adalah 'Band' robot. Robot ini seperti layaknya grup band musik. Ada pemain drum, gitar, hingga piano, kecuali vokalis yang dimainkan manusia. Mereka berbentuk menyerupai serangga dan bisa diatur untuk mengiringi vokalis menyanyikan lagu-lagu dan musik tertentu. 


7. Robot peniru suara
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Robot ini lebih simpel dari robot yang lain. Bentuknya juga lucu seperti boneka berwarna merah dengan desain sederhana. Tapi robot ini bisa menirukan suara-suara dan tepuk tangan, bahkan merekem hingga dapat diputar ulang rekaman itu. Jika ada benda mendekati dia, dia akan berbicara sesuai dengan rekaman yang kita mau. Jarak terdekat sekitar radius dua meter. Kamu bisa menggunakan robot ini untuk menjaga rumah, jadi kalau ada tamu datang dia bisa bersuara. Lucu ya. 


8. Jaket hingga kue ulang tahun hewan peliaharaan
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Selain produk robot, ada juga klaster untuk kebutuhan hewan peliaharaan. Di antaranya jaket, sweater, topi, dan baju. Tak hanya pakaian, ada juga stan yang menjual tempat bermain hewan peliaharaan dan tempat tidur. Ada juga stan yang menjual cemilan, minuman, hingga kue ulang tahun khusus untuk hewan kesayangan kamu. Bahkan, ada juga yang menjual obat tapi dengan kemasan berbentuk mainan, sehingga hewan peliaharaan yang susah mengonsumsi obat jadi lebih mudah. Keren ya! 


9. Bantal 'makanan'
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Ada juga bantal 'makanan'. Jika biasanya kita menemukan bantal berbentuk binatang, di sini tersedia bantal berbentuk menyerupai makanan, seperti ayam bakar, udang, dan berbagai jenis makanan seafood lainnya.

Nah, buat kamu yang gemar kuliner, kamu bisa membeli bantal-bantal ini. Sehingga kamar kamu bakal dipenuhi 'makanan'. Jenis ukuran bantal makanan pun bervariatif, ada yang berukuran besar, sedang, hingga kecil. Lucu ya guys


10. Kursi Gamers
10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018 
Nah, buat kamu yang gila games, di pameran Taobao Maker Festival 2018 juga ada kursi gamers. Kursi ini bisa diatur sesuai keinginan kita, mulai dari duduk tegap, setengah telentang, hingga nyaris posisi tidur. Canggihnya, posisi layar monitor menyesuaikan posisi kita. Tak hanya itu, kursi ini juga bisa memijat kaki. Jadi sambil bermain games atau kamu yang suka berselancar di dunia maya, kamu tetap bisa bermalas-malasan sambil tiduran sekaligus bermain games atau berselancar di dunia maya. Harga kursi ini kisaran Rp5-6 juta.  Berminat? Silakan kamu buka saja di marketplace Taobao. Kamu bisa menemukan semua barang-barang retail ini, guys


Sumber : https://www.idntimes.com/business/ec...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018  Jack Ma dan Alibaba Akses Indonesia Pasarkan Produk di Pasar China

- 10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018  Pengalaman Menakjubkan Menyambangi Kantor Jack Ma di Hangzhou

- 10 Produk Retail Paling Unik di Taobao Maker Festival 2018  15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin Nampol Abis

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di