alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Kenapa Awan Tidak Bisa Jatuh, Kan Ada Gravitasi?
5 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc005bd1cbfaaab578b4572/kenapa-awan-tidak-bisa-jatuh-kan-ada-gravitasi

Kenapa Awan Tidak Bisa Jatuh, Kan Ada Gravitasi?

Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace

Kenapa Awan Tidak Bisa Jatuh, Kan Ada Gravitasi?

Pasti waktu kecil atau mungkin sekarang ini, Agan masih bertanya-tanya bagi yang belum tau, mengapa awan tidak bisa jatuh? Kenapa apel bisa jatuh ke tanah, manusia juga, tapi awan tidak? Kan ada gaya gravitasi? Apakah awan punya kekuatan super, jadi tidak bisa jatuh dan melayang bebas?

Sebelum ke pembahasan, Agan harus tahu dahulu bagaimana awan yang nampak indah tersebut bisa terbentuk di udara. Apakah itu? Berikut ulasannya gan.

1.Awan sendiri terbentuk sebab pertemuan antara 2 jenis massa udara yang beda gan. Awan akan terbentuk sebab ada pertemuan antara udara yang begitu lembap serta banyak mengandung uap air serta udara kering. Pertemuan dari 2 jenis massa udara tersebut, yaitu massa udara basah serta massa udara kering akan membentuk sebuah awan.

2. Awan bisa terbentuk sebab adanya gunung gan. Udara yang bergerak horizontal bakal terhalang ataupun terbentur dengan gunung. Ketika terbentur tersebut, udara bakal dipaksa naik ketas oleh gunung. Maksudnya, dipaksa naik itu disebabkan udara hangat tadi, bertemu dengan udara yang amat dingin, jadi pembentukan awan pun bisa terjadi lebih cepat.

3. Awan juga bisa terbentuk sebab pemanasan permukaan oleh Matahari gan. Proses ini juga umum disebut konveksi. Konveksi bisa terjadi sebab pemanasan Matahari yang akan membuat suhu udara jadi lebih tinggi, maka beratnya pun jadi lebih ringan daripada sekitarnya, sehingga akan menjadikan udara mampu bergerak naik.

4. Awan dapat terbentuk sebab terjadinya pertemuan angin atau disebut juga konvergensi. Konvergensi angin laut yang bertiup dari laut menuju darat, serta angin dari darat bisa terbentuk di wilayah pantai ketika siang hari. Sebab udara yang berlawanan arah tersebut saling bertemu serta mendekat, jadi tak ada cara lain selain udara bergerak naik bersama, sehingga awan pun terbentuk.

Kenapa Awan Tidak Bisa Jatuh, Kan Ada Gravitasi?

Setelah Agan tahu bagaimana awan itu terbentuk, lalu kembali ke pembahasan. Bagaimana awan tidak bisa jatuh kebawah?

Sebetulnya, awan itu bisa kebawah loh gan! Tapi bukan "jatuh", melainkan "turun". Ketika malam hari serta menjelang pagi hari, kalau tekanan udara rendah yang umum terjadi di wilayah pegunungan, awan bisa kebawah dengan maksud turun ke bumi dalam bentuk kabut atau sebuah awan yang tak pekat.

Di wilayah pegunungan dengan ketinggian di atas 3000 mdpl, gumpalan awan pekat pun memiliki peluang turun ke permukaan bumi, dan menutupi puncak gunung, tapi tidak langsung jatuh GUBRAK gitu. Nah, ketika sinar matahari pagi mulai bersinar, suhu udara pun berangsur-angsur naik, kemudian perlahan-lahan kabut yang menyelimuti puncak gunung bakal naik ke langit.

Oke, jadi begini penjelasan awan tidak bisa jatuh. Awan akan tetap terjaga di atas sebab awan berasal dari kumpulan udara yang naik akibat densitasnya lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Lalu, kalau suhu udara di dalam awan masih amat dingin atau 0 derajat celcius kebawah, jadi proses pembentukan es bisa terus berlangsung dengan berbagai cara.

Seperti, banyaknya partikel kecil yang ada di sana, saling bergabung, atau menumbuk, bahkan memisah, dan lain sebagainya. Jadi faktanya, awan itu sangat ramai dan heboh gan, tidak diam seperti yang Agan lihat. Singkatnya, tekanan dari udara panas di bumi dalam membentuk aliran udara ke atas, mampu menopang berat ataupun menahan gravitasi, jadi awan pun tidak jatuh.

Kenapa Awan Tidak Bisa Jatuh, Kan Ada Gravitasi?

Kenapa Awan Tidak Bisa Jatuh, Kan Ada Gravitasi?

Kenapa Awan Tidak Bisa Jatuh, Kan Ada Gravitasi?
Diubah oleh junleon
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
kalo awan kinton terbuat dr apa bre? emoticon-Thinking
Quote:

gumpalan air punya nya avatar itu, makanya bisa sakti terbang2 ndiriemoticon-Ngakak
Kalo bisa jatuh bakal berabe urusannya
Quote:

Sekolah dan kuliah di liburkanemoticon-Goyang
Diubah oleh junleon
Awan oh awan kenapa engkau tak jatuh..
Sudah lama tahu.
Tapi nice trit lah.
emoticon-Cendol Gan
Quote:

Macem mane aku tak jatuh, langit tarik aku langit tarik aku..
Quote:

Hehe thanks ganemoticon-Rate 5 Star
Harusnya kaskus ngadain forum buat anak2 SD
Jadi diatas awan masih ada awan lagi ya gan emoticon-Cool
Balasan post ommoeza
yoi gan, awan kintonemoticon-Monggo
Quote:


Awan terbuat dari panas tubuh manusia tuh emoticon-Ngakak
Mungkin dia lagi di awan awan gan 🤔🤔🤔
karena aku sayang kamu emoticon-Leh Uga
Awan..

Atu..

Atri..

emoticon-Hammer2
oke gan terima kasih infonya ya
klo awan jagung sama enak gan
"Dan Allah, Dialah Yang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awan itu kesuatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya dengan hujan itu. Demikianlah kebangkitan itu."

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan."
Diubah oleh ntapzzz
Huuujaaaannnnn, huujaaannnn, datang laagiiiiii.... Sambil nyanyi ngeliatin awan mendung diantara awan2 pekiwan. emoticon-Malu
Diubah oleh hendrawan1989
Ada yang tau tukang duplikat kunci gembok di sekitar sini??? emoticon-Bingung
Diubah oleh hendrawan1989
pertanyaannya seharusnya kenapa yang menyebabkan jatuh itu selalu kambing hitamnya si gravitasi? padahal gravitasi itu masih teoritis, belum diketahui wujudnya dan asal usulnya secara pasti.
Diubah oleh karyanakbangs4
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di