alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sejumlah Ormas Kecam Munculnya Banner Provokatif Jelang Sedekah Laut Cilacap
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbff6f4d9d77053468b4569/sejumlah-ormas-kecam-munculnya-banner-provokatif-jelang-sedekah-laut-cilacap

Sejumlah Ormas Kecam Munculnya Banner Provokatif Jelang Sedekah Laut Cilacap

Sejumlah Ormas Kecam Munculnya Banner Provokatif Jelang Sedekah Laut Cilacap
Cilacap, Gatra.com - Sejumlah spanduk bernada provokatif muncul menjelang gelar budaya sedekah laut di Cilacap. Spanduk ini tersebar di beberapa wilayah kabupaten pesisir selatan Jawa Tengah ini.
Spanduk tersebut antara lain berbunyi, “Jangan Larung Sesaji Karena Bisa Tsunami”, “Rika Sing Gawe Dosa, Aku Melu Cilaka” (Kamu yang berbuat dosa, saya ikut celaka), “Sedekah Karena Selain Allah Mengundang Azab Looh” dan lain sebagainya.
Sejumlah Ormas dan kelompok masyarakat pun menyayangkan munculnya spanduk bernada provokatif yang mengatasnamakan Forum Islam Cilacap (FUI) Cilacap ini.
Sekretaris Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Cilacap, Hazam Bisri mengaku prihatin atas munculnya spanduk yang seolah tak menghargai budaya dan kebiasaan masyarakat yang sudah dilakukan secara turun-temurun ini.
Menurut dia, munculnya spanduk bernada provokatif ini justru membuat masyarakat luas akan berpersepsi bahwa Islam tak menghargai budaya yang sudah dilakukan turun-temurun. Karenanya, ia mengecam kelompok yang membuat dan memasang spanduk-spanduk ini.
“Atas nama PCNU saya ikut prihatin dan menyesalkan spanduk-spanduk provokatif itu. Itu akan menimbulkan menghilangkan simpati masyarakat terhadap ajaran Islam itu sendiri,” tandasnya, Kamis (11/10).
Dia menjelaskan, NU berprinsip bahwa jika sebuah kegiatan tak bermaksud untuk mengubah aqidah, maka hukumnya tetap diperbolehkan. Itu termasuk ritual gelar budaya sedekah laut yang sudah dilakukan turun-temurun oleh masyarakat nelayan.
“Spanduk ini menunjukkan bahwa kita, atau umat Islam, tidak apresiatif dan kurang menghargai terhadap beberapa budaya-budaya masyarakat yang sudah turun-temurun di Cilacap,” ujarnya.
Dakwah, menurut dia, tak mesti dilakukan dengan cara provokatif. Sebab, saat ini pun kelompok-kelompok nelayan sudah memulai forum-forum pengajian atau yasinan, dalam kelompok-kelompok kecil.
“Sekarang kelompok nelayan pun sudah banyak yang pengajian, yasinan. Malam Towong sedekah laut juga nanti diisi dengan doa-doa,” jelasnya.
Sementara, pegiat toleransi dan keberagaman Cilacap, Taufik Hidayatullah, meminta agar spanduk bernada provokatif itu diturunkan. Sebab, spanduk tersebut berpotensi memecah belah masyarakat yang beragam.
Senada dengan Hazam Bisri, Taufik yang juga bekas Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ini juga menyayangkan spanduk-spanduk bernada provokatif ini.
Dia juga meminta, jika ada kelompok yang tak sepakat atau berbeda prinsip dengan gelar budaya sedekah laut, maka ketidaksepakatan tersebut bisa disalurkan melalui tabayun, atau diselesaikan di ruang diskusi.
“Saling menghormati, saling menghargai, kalau kemudian ada prinsip-prinsip yang berbeda, bertemulah di ruang diskusi secara sehat, jangan dengan show force seperti itu caranya,” kata Taufik Hidayatullah.
Ia amat menyayangkan munculnya spanduk yang justru berpotensi memecah belah anak bangsa. Sebab, di luar Islam, masih ada agama dan kepercayaan lain yang hidup di tengah masyarakat Indonesia, khususnya Cilacap.
“Menjaga perasaan bersama, terus menjaga potensi anak bangsa untuk tidak melakukan sesuatu yang berpotensi memecah belah sesama antar anak bangsa,” ujarnya.
Budaya Musyrik

Jangan biarkan kepercayaan lain mendatangkan azab bagi kita emoticon-Mad





Quote:




Diubah oleh unicorn.phenex
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
mungkin mereka pemegang kunci surga n neraka jadi udah punya list nama2 yang masuk
Dah bisa di tebak koq darimana asal tuh spanduk.....emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Enakan ngarab, bangsa dan kebudayaan paling hebat didunia







Biarpun belom ada buktinyaemoticon-Big Grin
Ga ada nama partainya? Biasanya ada?

Masangnya pasti malem2 trus kabur.
Dah diberdayakan aja itu spanduknya, lmyn kayunya jadi kayu bakar + kainnya bisa di gunakan buat yg lain.
Ngeri ya "azab" nya.. Main bunuh sesuka hati
Rika sing demen gawe hoak, sak negara nanggung cilaka...


Kalo emang gak niat maksiat cuman rame2 doang ya selow aja gak usah digubris itu banner.

Kecuali kalo ada niat ehem2.
Biasanya yang ngambek itu yang punya niat ehem2 tuh
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
subannalloh

Sejumlah Ormas Kecam Munculnya Banner Provokatif Jelang Sedekah Laut Cilacap
Diubah oleh monyet2012
rika sing nyembah batu, aku melu cilaka...
hmm mahzab mana yg paling benar ?

kenapa pada takut ? kan sudah ditancapkan gunung2 yg kokoh

kalo antum ragu akan kekuatan gunung2 yg kokoh berarti ... asudahlah emoticon-Traveller
Diubah oleh pocong.212
sedekah laut kan dah dari dulu
knapa jg protes sekarang
Balasan post albertu5
Quote:


batu meteor yg warna itam itu ?

wan abud cium jembi bareng esdoger kok gak diprotes ?
Diubah oleh pocong.212
Ini agak susah.. sebenarnya acara2 sedekah laut,sedekah bumi,larung dll...itu memang berdoa pada penunggu situ,minta keselamatan,minta selamat..mesti pakai sajen..ayam putih,hitam,atau apa....silahkan mencoba kalau tak percaya..makan daging ayam,nasi dll bekas sesajen itu...rasanya hambar.. seperti tidak ada rasanya..

Kemusrikan ini mungkin yang banyak menentangnya..berbeda kalau budaya nya saja yang di lestarikan..untuk pariwisata,hilangkan unsur2 musriknya..
ini udah bahaya sih. bikin orang2 bodoh, bencana datangnya dari dosa. Indonesia mau lu maksiat mau kagak bakal ada bencana terus.

pemerintah kapan mau revolusi mental, ini udah parah banget


Quote:


astajim emoticon-Nohope

إِن اللهَ عَز وَجَل لاَ يُعَذبُ الْعَامةَ بِعَمَلِ الْخَاصةِ حَتى يَرَوْا الْمُنْكَرَ بَيْنَ ظَهْرَانَيْهِمْ وَهُمْ قَادِرُونَ عَلَى أَنْ يُنْكِرُوهُ فَلاَ يُنْكِرُوهُ فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَذبَ اللهِ الْخَاصةَ وَالْعَامةَ

Sesungguhnya Allah tidak mengazab manusia secara umum karena perbuatan khusus (yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang) hingga mereka melihat kemungkaran di tengah-tengah mereka, mereka mampu mengingkarinya, namun mereka tidak mengingkarinya. Jika itu yang mereka lakukan, Allah mengazab yang umum maupun yang khusus. (HR Ahmad).
sembah eyang dulu
Sejumlah Ormas Kecam Munculnya Banner Provokatif Jelang Sedekah Laut Cilacap
Sejumlah Ormas Kecam Munculnya Banner Provokatif Jelang Sedekah Laut Cilacap
Diubah oleh kasbos


Quote:


ritual ini dilaksanakan oleh kaum kafir yang masih musrik dan belum menemukan hidayah bree emoticon-Mad

diartikelnya ada tuh emoticon-Embarrassment
ini lah pola pikir agama yang keliru

jgn sampe budaya lokal kalah dengan pola pikir segelontor orang yang membawa agama


emoticon-Gregetan
harusnya setor dlu kali ya ke ormas
Quote:


Padahal aslinya kenapa indonesia bisa sering kena bencana soalnya kita berada dijalur ring of fire, gunung berapi kita banyak dan kita berada diantara 2 lempeng tektonik.
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di