alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Plus Minus Minum Alkohol Buat Jantungmu!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbfc2ded44f9f0e468b4567/plus-minus-minum-alkohol-buat-jantungmu

Plus Minus Minum Alkohol Buat Jantungmu!

Source : Ir. Hassan Harahap - Director RS GR Setra Canon Medicinae Indonesia


Jika Anda bertanya dengan dokter tentang cara mencegah penyakit jantung, Anda akan mendengarkan banyak nasihat yang kedengarannya jelas. Lemak jenuh dan trans: buruk. Merokok: sangat buruk. Olahraga: bagus sekali.


Namun, jika Anda mencari info tentang alkohol dan jantung, jawabannya bervariasi. Tergantung penggunaannya, alkohol dapat melindungi ataupun menghancurkan jantung. Jadi, seandainya Anda menyukai alkohol, Anda mungkin dapat menambah batas hidup Anda selama beberapa tahun dengan mempelajari perbedaan antara aktivitas menyehatkan dan kebiasaan yang mengancam nyawa.

Bagaimana Minum Banyak Alkohol Membahayakan Jantung?


Sebagai permulaan, alkohol dalam jumlah besar (lebih dari dua gelas sehari) dapat meningkatkan tekanan darah sampai level yang tidak sehat. Jika, misalnya, Anda minum setara dengan enam kotak bir, segelas whiskey, atau 1 ½ botol wine setiap hari selama 10 tahun, kebiasaan tersebut akan merusak sebagian jantung. Hasilnya sering kali berupa cardiomyopathy, kondisi di mana otot jantung melemah. Bahkan, setelah arteri tersumbat, alkohol adalah penyebab kedua paling umum cardiomyopathy.

Jantung yang rusak tidak dapat memompa dengan efisien, serta rentan terhadap penggumpalan darah dan ritme yang ganjil (aritmia), terutama saat minuman banyak alkohol. (Beberapa dokter menyebut episode aritmia ini sebagai “jantung libur”.). Jika Anda terus minum, dampaknya parah. Sekitar setengah pecandu alkohol yang tetap minum setelah mulai mengalami cardiomyopathy meninggal dalam 4 tahun.

Kabar baiknya adalah sebagian besar kerusakan dapat diperbaiki. Jika pecandu alkohol dengan cardiomyopathy pantang minum, tekanan darah menurun dan jantung dapat tumbuh lebih kuat dengan lebih cepat. Hal terbaik adalah lebih dari 90% pecandu alkohol masih akan hidup 4 tahun berikutnya.

Minum banyak alkohol—biasanya digambarkan sebagai minum 3 atau lebih gelas sehari—sepanjang periode waktu yang lama juga telah dihubungkan dengan hipertensi, stroke, aritmia jantung, dan kematian mendadak.

Bagaimana Minum Secukupnya Melindungi Jantung?


Minum tidak berlebihan mungkin merupakan senjata ampuh melawan penyakit jantung. Lebih dari 60 studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol secukupnya berhubungan dengan berkurangnya risiko penyakit arteri koroner. Jika Anda minum tidak berlebihan, Anda bahkan 40% lebih rendah mengalami penyakit jantung koroner daripada orang yang tidak minum.

Pengertian minum secukupnya adalah maksimal 2 gelas per hari bagi pria dan 1 gelas per hari bagi wanita. Rekomendasi berbeda ini diakibatkan oleh tubuh wanita yang memecahkan alkohol lebih lambat daripada pria.

Alkohol memiliki beberapa manfaat bagi jantung. Alkohol terutama sekali meningkatkan kadar HDL (kolesterol “baik”) dalam darah. Senyawa ini membantu mencegah penumpukan LDL (kolesterol “jahat”), lemak penghambat arteri yang menyediakan bahan mentah untuk serangan jantung. Namun, Asosiasi Jantung Amerika (AHA) menegaskan bahwa aktivitas fisik secara teratur juga meningkatkan HDL, sehingga pergi ke gym daripada minum adalah pilihan yang lebih baik. Alkohol juga mengencerkan darah, mengurangi risiko penggumpalan darah yang berbahaya. Sejumlah kecil alkohol mungkin sedikit menurunkan tekanan darah, tapi mungkin tidak cukup membuat perbedaan berarti.

Apakah Beberapa Jenis Alkohol Lebih Baik Daripada Yang Lainnya?

Buktinya tidak jelas, tapi beberapa studi menyatakan bahwa wine –terutama anggur merah atau red wine sedikit lebih baik bagi jantung daripada minuman alkohol lainnya. Anggur merah mengandung senyawa antioksidan, termasuk yang disebut resveratrol dengan mengurangi penumpukan platelet (yang dapat meningkatkan risiko penebalan dan penggumpalan darah).

Namun, menurut penasihat wine dan penyakit jantung dari AHA, tidak ada indikasi pasti bahwa anggur merah lebih bermanfaat bagi jantung daripada anggur putih, bir, atau minuman alkohol lainnya. AHA juga menasihati bahwa jika anggur memang bermanfaat, manfaat yang sama mungkin juga didapatkan melalui jus anggur yang tidak beralkohol.

Apakah Kita Harus Mulai Minum atau Tetap Minum Alkohol?


Tentu saja tidak. Faktanya, semua organisasi menyarankan untuk tidak minum alkohol sama sekali untuk mendapatkan manfaat yang mungkin ada. AHA menekankan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa alkohol mampu menggantikan diet sehat atau olahraga terkait dengan kesehatan jantung.

Orang yang tidak minum alkohol mungkin sanggup mengurangi risiko serangan jantung dengan minum bir, wine, atau spirit apa gunanya? Beberapa mungkin menghindari alkohol dengan alasan yang masuk akal: Beberapa gelas wine “untuk jantung” mungkin dapat berlanjut ke kecanduan alkohol, dengan akibat yang mematikan.

Selain itu, meski dikonsumsi secukupnya , alkohol dapat meningkatkan risiko kecelakaan mobil, kanker tertentu (termasuk kanker payudara dan usus besar), dan, jika dikonsumsi oleh wanita hamil, bayi lahir dengan kelainan.

Anda juga harus berbicara dengan dokter bila Anda adalah pria dengan riwayat jangka panjang mengonsumsi lebih dari 2 gelas setiap hari atau wanita yang minum lebih dari 1 gelas. Walaupun Anda tidak sampai mengembangkan cardiomyopathy, Anda bisa saja membahayakan kesehatan Anda sendiri. Melindungi jantung adalah ide yang bagus—tapi tidak sampai mengorbankan bagian tubuh lainnya.

TS sama sekali tidak menyarankan agan-agan minum alkohol yaaa, hanya sekedar pengetahuan belaka emoticon-Smilieemoticon-Cipok

Jika berkenan, TS gak masalah ditimpuk Cendol emoticon-Smilieemoticon-Cipokemoticon-Leh Uga

SEMOGA BERMANFAAT KASKUSERemoticon-Cipok
Urutan Terlama
UP UPemoticon-Ultahemoticon-Sundul Up


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di