alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Latah Al-Fatekah dan Fenomena di Arab..
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf8d4660e24bea298b4576/latah-al-fatekah-dan-fenomena-di-arab

Latah Al-Fatekah dan Fenomena di Arab..

Latah Al-Fatekah dan Fenomena di Arab..

Entah apa yg terjadi dengan bangsaku, di negeriku. Persoalan kecil begitu cepat berubah jadi besar. Hal sepele begitu cepat menyebar jadi viral. Di ruang publik, keterbelahan umat begitu kuat terasa. Ini biasa mendekati musim pemungutan suara.

Hanya karena perbedaan bunyi, ucapan seorang tokoh politik kemudian jadi bahan olok2an. Padahal petarung Muslim asal Rusia yang lagi tenar di dunia, Khabib Nurmagomedov, tidak pernah ada yg permasalahkan mengapa huruf H di inisial namanya dirubah menjadi kh (خ). Ini sama saja dengan di negara2 lain, bahkan di Arab sendiri.

Latah Al-Fatekah dan Fenomena di Arab..

Di negara Saudi, orang menyebut qohwah dengan gahwah. Pernah saya sempat bingung sesaat, ketika polisi menanyakan igamah. Berulang kali saya tanya maksudnya. Ternyata yg diminta adalah resident permit. Akhirnya ngeh bahwa polisi menanyakan iqamah. Dalam dialek Saudi dan juga Yaman, qa (ق) berubah menjadi ga (غ). Di kampung saya, kawan2 keturunan Arab sering ngajak be-gahwe, maksudnya ngopi, dari kata qohwah (kopi) . Serupa dengan ini, mantan menteri agama, Said Agil al-Munawwar, mungkin tidak ada yg bertanya kenapa agil? Padahal seharusnya aqil.

Di mesir lain lagi. Kata jamal berubah jadi gamal. Suq berubah jd su'. Qahwah berubah ahwah. Dalam logat mesir, huruf (ج) dibaca (غ), huruf (ق) berubah jd (أ).

Perbedaan dialek ini sering kali menimbulkan perbedaan arti dan interpretasi. Karenanya tidak jarang orang Mesir lebih yakin menggunakan bahasa Inggris kepada orang asing yang tidak paham bahasa amiyah (dialek lokal). Kecuali antar sesama mereka orang Arab dari berbagai negara di mana penggunaan dialek segera mengidentifikasi negara asal mereka, mereka akan saling paham.

Belum lagi dengan kesalahan tulis. Tidak jarang orang Arab salah dalam menulis secara gramatikal. Karenanya mereka pun mendapatkan pelajaran Nahwu, dari tingkat sekolah dasar hingga universitas.

Tidak jauh beda dengan kita di Indonesia.  Orang Indonesia terkadang membawa dialek asalnya ketika berbicara dg bahasa Indonesia. Orang Sunda menyebut Zhuhur dengan Lohor, atau Dohor. Teringat dengan mantan Presiden alm. Soeharto yang kental sekali aksen Jawanya. Ia selalu mengganti bunyi 'a' dengan 'e' dalam akhiran kata, seperti: meningkatken, mencanangken, memberdayaken. Tidak jarang juga terjadi kesalahan dalam tulisan di antara kita2. Karenanya mata pelajaran bahasa Indonesia diajarkan juga di bangku sekolah hingga tingkat universitas.

Lalu bagaimana dengan "Alfatekhah"?
Tampaknya ada kesulitan bagi orang Jawa menyebut huruf h (ح). Huruf tersebut secara alamiah berganti dengan bunyi kh (خ). Karenanya kita sering temukan nama Ahmad yang ditulis Akhmad, atau Achmad dalam ejaan lama. Orang Belanda pun demikian. Mereka memanggil nama Ahmad dengan Akhmad karena kesulitan membunyikan huruf ha'. Dugaan saya, jangan2 Khabib sang juara yg berkebangsaan Rusia itu keturunan Jawa. Malah bisa jadi orang2 Belanda keturunan Jawa juga emoticon-Ngakak (S)



salam damai... emoticon-Blue Guy Peace


sumber isi: tulisan suami..
sumber gambar: 1 2
Halaman 1 dari 2
dulu sempat heboh dan saling menyalahkan antara kubu yang mengucapkan Insya Allah dan yang mengucapkan Insha Allah

hehehehehe

namanya juga mayoritas sumbu pendek, pendek akal, cetek pengetahuan dan mabok agama
gampang tergiring opini apalagi klo udah menyangkut keyakinan
hal sekecil apapun jadi gede dan bikin mereka pada meleduk kayak petasan DUEEERR !!! emoticon-Leh Uga
hanya masalah logat doang. yg paling parah malah toko sebelah yg demen nyembah kuburan, pernah minta sholat diimami yenny wahid karena yenny wahid putri kyai, bahkan selalu ngeles klo diminta jd imam sholat emoticon-Ngakak
pengen bikin heboh? tinggal kasih yg berbau agama aja..besuk udah rame emoticon-army
Quote:


bkn cman afatekah , tapi lakalaukalukuawata it apakah msk dalm ejaan kn aneh , pernah ngaji apa ga
Quote:

klo itu cm mslh di prbedaan transliterasi aj.. transliterasi internasional huruf ش ditulis 'sh'.. transliterasi skb 2 menteri huruf ش ditulis 'sy'.. poin ny, gk ada mkna yg brbeda.. sama aj.. emoticon-Smilie

Quote:

ada sumbu ny dong gan.. emoticon-Leh Uga

Quote:

mana ada prempuan jd imam sholat.. kcuali utk sesama prempuan.. emoticon-Hammer (S)

Quote:

ada bau kemenyan jg bikin rame gan.. emoticon-Hammer (S)

Quote:

ane jg gk ngerti apa yg agan omongin.. emoticon-Hammer (S)
Quote:


cek aj yg salah ucap gan
goreng goreng goreng..

bentar lagi pasti digoreng pakde pernah nonton film porno di game of thrones emoticon-Ngakak (S)
Quote:

coba tanya sama orang jawa.. ane gk ngrti soal ny.. emoticon-Hammer (S)

Quote:

lbh enak goreng tempe gan.. emoticon-Ngakak (S)
Biasa kurang jauh maennya.
Ga prnah kliling nusantara kalii
seumur-umur bergaul sama orang Jawa, baru kali ini sih gw denger Al-Fatihah jadi Al-Fatekah. emoticon-siul:
banyakan micin makanya banyak yang goblok otak cuma jadi pajangan
kalo diluar negeri kayanya sih fine2 aja gan, cuma beda kalo disini

beda pendapat langsung pada ribet & ribut

beda pelafalan (karena faktor budaya, padahal maksudnya sama) langsung di judge yang aneh2 emoticon-Cape d...
Bagaimana dengan F yang dibaca P? Z yang dibaca J atau S?
Banyak kok masyarakat tertentu yang mengucapkannya seperti itu
Bahkan tadi ane solat jum'at pun fa/fi/fu imamnya baca pa/pi/pu
Tapi tidak ada yg mempermasalahkan untuk hal2 tendensius
emoticon-Traveller
Quote:

jauh gan kliling nusantara.. emoticon-Hammer (S)

Quote:

alhamdulillah.. emoticon-Smilie

Quote:

micin slalu yg disalahkan.. emoticon-Hammer (S)

Quote:

iyya gan.. lidah orang kan gk smua sama.. emoticon-Malu
Quote:

nah kan.. gk smua bs digeneralkan.. mantabh gan.. emoticon-Jempol
Yah disini kan ada banyak yg pintar agama...bahkan tulisan arab kiri kanan di sandal saja dihujat.
Quote:


emoticon-Ngakak

Maklumi bre...santri medsos...
Balasan Post kena.semprot
ini mahluk yg bilang pancasilais??? meremehkan keyakinan.. padahal itu jadi sila pertama...
bilang orang pendek akal padahal sendirinya ngakal ngkalin... :v
Goreng terus....
Klo kompor Mbeledug nanti nyesel lho...

Latah Al-Fatekah dan Fenomena di Arab..
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di