alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Jurnalis Khashoggi Hilang, AS Tingkatkan Tekanan terhadap Arab Saudi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf7bca2e04c8d3648b4567/jurnalis-khashoggi-hilang-as-tingkatkan-tekanan-terhadap-arab-saudi

Jurnalis Khashoggi Hilang, AS Tingkatkan Tekanan terhadap Arab Saudi

Jurnalis Khashoggi Hilang, AS Tingkatkan Tekanan terhadap Arab Saudi

Washington - Hilangnya Jamal Khashoggi telah mendorong senator AS untuk menggelar penyelidikan terhadap para pejabat Arab Saudi. Khashoggi diduga tewas dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul.
Kongres AS meningkatkan tekanan terhadap Arab Saudi untuk menjelaskan apa yang terjadi pada Jamal Khashoggi, seorang wartawan Saudi terkemuka, yang menghilang setelah memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober.

Rabu (10/10/18) kemarin, 22 Senator AS mengirim surat kepada Presiden AS Donald Trump menuntut adanya penyelidikan atas hilangnya wartawan yang bekerja bagi Washington Post. Dalam surat tersebut, para senator menuntut agar Gedung Putih "memutuskan apakah seorang warga negara asing bertanggung jawab atas pembunuhan di luar hukum, penyiksaan atau pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia." Administrasi Trump diberi waktu selam 120 hari untuk membuat laporan bagi Kongres.

Para pejabat Turki mengatakan, mereka yakin Khashoggi dibunuh saat berada di konsulat. Arab Saudi membantah tuduhan ini dan menyatakan tidak mengetahui sama sekali tentang keberadaan Khashoggi, setelah ia meninggalkan gedung konsulat. Namun tidak ada rekaman kamera pengawas yang memperlihatkan Khashoggi meninggalkan konsulat.

Trump mengatakan kepada wartawan, Rabu (10/10/18), bahwa ia telah berbicara "lebih dari sekali" dan "pada tingkat tertinggi" dengan para pejabat Saudi.

"Ini adalah situasi yang sangat serius bagi kami dan Gedung Putih," kata Trump. "Kami tidak senang dengan apa yang terjadi. Sekarang, seperti yang Anda tahu, mereka mengatakan 'Kami tidak terlibat dengan hal ini'", Trump menambahkan. "Tak seorangpun mengetahui apa yang terjadi. Kami belum tahu apa yang terjadi."

Semua Mengarah pada Arab Saudi

Sebelumnya, Senator Bob Corker, yang juga merupakan Ketua Komite Hubungan Luar Negeri di Senat AS, mengatakan, berdasarkan laporan intelijen AS, "kemungkinan Khashoggi dibunuh pada hari dia masuk ke konsulat" dan, apa pun terjadi pada Khashoggi "ada keterlibatan Saudi".

"Arab Saudi harus memberikan penjelasan, karena semua indikasi menunjukkan bahwa mereka terlibat, setidaknya dengan kepergiannya," kata Corker kepada The Associated Press. "Semuanya mengarah pada mereka."

The Washington Post melaporkan bahwa intelijen AS telah mengetahui rencana Saudi untuk menculik Khashoggi, seorang pengritik Arab Saudi yang melarikan diri ke pengasingan tahun lalu.

Turan Kislakci, seorang rekan Khashoggi yang mengepalai Asosiasi Media Turki-Arab, mengatakan kepada DW bahwa Khashoggi "dibunuh karena pendapatnya tentang perang di Yaman dan Suriah."

"Pemerintah Saudi merasa "terganggu" oleh dia. Jadi mereka berusaha menyingkirkannya," kata Kislakci. "Dia dibunuh di dalam konsulat. Dan kami berasumsi bahwa dia dimutilasi, mereka memasukkan bagian-bagian tubuhnya ke dalam tas, dan dibuang."


Tim Pembunuh Didatangkan dari Saudi?

Media Turki pada hari Rabu (10/10) menerbitkan identitas 15 anggota tim yang diduga dikirim untuk membunuh Khashoggi. Media Turki juga merilis video pengawas, yang menunjukkan apa yang dikatakan sebagai "regu pembunuh" Saudi. Video itu memperlihatkan salah satu dari dua jet pribadi tiba di Bandara Ataturk Istanbul pagi hari pada 2 Oktober, hari ketika Khashoggi menghilang setelah memasuki konsulat untuk mengurus surat pernikahan.

Video CCTV, yang belum diverifikasi, menunjukkan sembilan orang melewati kontrol paspor diplomatik. Video itu kemudian memperlihatkan beberapa pria meninggalkan hotel dekat konsulat Saudi dan Khashoggi memasuki konsulat. Sekitar dua jam kemudian, sebuah mobil Mercedes hitam dengan pelat diplomatik meninggalkan konsulat menuju kediaman konsul jenderal Saudi. Ke-15 pria itu dilaporkan meninggalkan Turki pada malam yang sama.


Posisi Turki Sulit

Hubungan antara Turki dan Arab Saudi telah tegang karena perbedaan kebijakan regional, meskipun Arab Saudi adalah investor utama perekonomian Turki.

Turki mendukung Qatar, yang bersengketa dengan Arab Saudi. Kedua negara juga berselisih tentang peran Iran di wilayah tersebut dan juga seputar Ikhwanul Muslimin, yang keduanya dianggap Arab Saudi sebagai ancaman.

Para pakar mengatakan bahwa meskipun marah atas kemungkinan pembunuhan Khashoggi, namun Turki tidak ingin melawan Arab Saudi sendiri, sehingga mencari dukungan politik dari Amerika Serikat dan sekutu lainnya.

Kasus yang lebih memanaskan hubungan Turki Arab Saudi ini terjadi ketika ekonomi Turki berada dalam kesulitan. Dan saat ini Turki juga terisolasi di Timur Tengah dan di antara sekutunya, termasuk oleh Amerika Serikat karena kebijakan Turki soal Suriah dan penahanan seorang pendeta Amerika.

sumur

Code:
https://news.detik.com/dw/d-4252415/jurnalis-khashoggi-hilang-as-tingkatkan-tekanan-terhadap-arab-saudi


dibunuh emoticon-Matabelo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Jurnalis Khashoggi Hilang, AS Tingkatkan Tekanan terhadap Arab Saudi
yahud
panutanku ternyata suka bungkam jurnalis
emoticon-Mewek
Diubah oleh LukmanurHakim.H
Majikan ternyata gitu ya kelakuannya
Dari awal ane gak pernah percaya Saudi bakal makin progresif. Nih MBS klo naik tahta kayaknya bakal jadi Saddam Hussein versi Saudi.
Udah mirip kek Orba aja Saudi... emoticon-Takut
kok hebat ya
gampang banget 15orang teridentifikasi....
Hilang di Konsulat Saudi Arabia di Istambul-Turkey? Bakal membuat panas hubungan Turkey dan Saudi Arabia..
emoticon-Ngacir
Diubah oleh dishfire
Quote:


imo sih emank ada kubu yg bertentangan di keluarga kerajaan
ngga semuanya pengen saudi lebih progresif
Balasan post lyndonbaines
Quote:


Iraq jaman Saddam terkenal punya penjara dan ruang penyiksaan di Kedubesnya di Amerika dan Konjen nya di NY emoticon-Takut (S)
bukan gak mungkin Kedubes Saudi juga punya saat ini emoticon-Malu
begitulah resiko jadi jurnalis antara kenak teror ato kenak karung emoticon-Matabelo
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
King Salman buat janji Saudi nak jadi lebih kuat ke masa depan.
Ni pasal pun cuma keciklah. Penting negeri berjayae. emoticon-shakehand

Ramai orang tau KSA tu, Kahkbah, Islam Mohammad, Camel, Sorban, Oil, Hukum barbar, Teroris, wahhabism, dan pemikiran terbatas macamtu.
Presepsi tu pun berlaku pada MBS.
Mereka sangka (orang-orang kafir & musyrik), merka tu dalam kemenangan & kesenangan.

HM Prince Muhammad pernah kata 'Khamenei adalah Hitler Middle east'. Tapi menurut kami 'MBS adalah Stalin Middle east.' emoticon-Big Grin
Tapi beliau lembut sangat pada rakyatnya.
Kalo di Asia tenggara Sukarno tu Hitlernya. emoticon-Big Grin

Mampus bidah, matilah Iran, terkutuklah atheis-sosialis, jayalah Islam.
Balasan post lyndonbaines
Quote:


Reformasi utama KSA buat Ekonomi.
Pantai negara Arab, macam Saudi dan UAE tak kalah dari Ibiza. emoticon-Selamat

Betul, betul, beliau adalah Qadisiyah Muhammad!
Tanya dong, itu kan TKP di dalam kedubes Saudi, apa pemerintah Turkey punya hak untuk investigasi kasus ini (sampai pada geledah TKP & intrograsi orang2 di kedubes Saudi)? Soale pernah baca dimana gitu, kedubes itu representasi negara, jadi hukum yg berlaku adalah hukum negara yg punya kedubes itu (CMIIW).
junjungan nasbung ternyata mirip orba



emoticon-Wakaka
kek jaman orba ya, kalo gak dikarungin ya di sniper aja... 😅
sepatu jaman wa sd dulu ni
saingannya pro att


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di