alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Sharing unek unek rencana setelah SMA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf5f99ddd770bc0d8b4568/sharing-unek-unek-rencana-setelah-sma

Sharing unek unek rencana setelah SMA

Perkenalkan gw anak kelas 3 SMA Negeri, akhir akhir ini, gw bener-bener stress mau ngelanjutin ke mana, padahal tinggal beberapa bulan lgi, gw hrs sudah memutuskan untuk lanjut ke mana. Di sini banyak yg gw jadikan pertimbangan, 
1. STAN 
Setelah lulus, langsung dpt kerjaan, enakkan tidak usah nyari kerja lgi, apalagi skrg banyak sarjana nganggur bahkan dri PTN ternama sekaligus, setidaknya itu kalimat-kalimat yg srg gw dengerin dri orang tua, alumni yg sosialiasi di sekolah gw, dan yg lebih penting lgi tunjangan pensiun bener bener dijamin pemerintah. dan rencna gw akan pilih jurusan D4 akuntansi karna langsung dpt golongan 3a yg notabenenya gaji gedhe walau sampe skrg gw sebenarnya lbh suka jurusan teknik(yg berbau fisika,kimia atau mtk) dan klo masuk STAN , gw takutnya jdi minoritas (chinese) disana( walau sebenarnya gw udah kebiasa sekolah di negeri yg dimana gw minoritas di sini tp kebanyakan temen-temen gw ttp sama sama chinese) , dan peraturan di STAN bener-bener ketat. 
2.Teknik Kimia
Diantara sekian jurusan di PTN yg gw inginkan adalah jurusan teknik kimia, entah mengapa setelah mendengar sharing-sharing dri orang lain klo teknik kimia itu ternyata lbh banyak matematika dan fisiknya ketimbang kimia, gw jdi tambah ingin masuk ke jurusan ini, walau gw denger denger sih skrg teknik kimia krg digrandungi di lap.pekerjaan(katanya), dan andai suruh masuk teknik kimia, gw jga bingung mau masuk ITB, UGM atau ITS.
3.Teknik Industri
walau kayaknya yg dicangkup ama jurusan ini luas bgt, tp paling banyak dibutuhkan di lap.pekerjaan apalagi soal management-management gtu dibanding jurusan teknik lainnya. pilihan ptn jurusan ini jga msh sama (ITB,UGM atau ITS)

Unek-unek lainnya :
gw sebenarnya anak pendiem, intinya jrg sosialisasi lah, bahkan setiap persentasipun, gw slalu dpt porsi yg sedikit untuk menyampaikan sesuatu, mungkin karna rasa percaya diri gw krg bgt, dan gw berharap agar saat kuliah nanti mampu mengubah sifat gw itu, tp jikalau gw kgk berhasil mengubahnya(atau ttp msh pendiem bsk kuliah), gw kgk yakin gw bakal keterima kerja dgn mudah stlh lulus kuliah(andai masuk di PTN jurusan teknik yg gw idamkan), tp klo masuk STAN , gw ttp akan bekerja tanpa takut nganggur. tp sampe skrg gw msh memperjuangkan SBMPTN dgn ngerjain soal-soal sainstek.

Untuk pilihan univ ptn (ITB,UGM,ITS):
Ya itu juga jdi bahan unek-unek gw, klo ITB, gw takut dengan biaya hidup yg tinggi (btw gw tinggal di jawa tengah yg biaya hidupnya kgk mahal-mahal bgt klo dibandingin jabodetabek), walau gw msh tergolong mampu tp ya rasanya takut kan membebani orang tua dan malah membuat gw kgk konsentrasi saat kuliah nanti., tp lulusan ITB cenderung lbh mudah nyari kerja dan dicari perusahaan drpd UGM, atau PTN lainnya

klo UGM, ya karna deket dri kota gw tinggal,dan salah satu PTN dengan jurusan teknik terbaik di Indonesia, biaya hidupnya jga kgk mahal klo dibandingin biaya hidup semasa gw tinggal skrg, 

klo ITS , ya hampir sama dgn UGM, tp skrg kyknya jurusan teknik ITS bgs-bgs dengan tingkat persaingan yg tidak setinggi UGM atau ITB, tp ya itu biaya hidupnya msh mahal 

Sbg cadangan klo gw kgk keterima di STAN atau SBMPTN, msh ada PTS, tp ya gw msh bingung nyari PTS mana yg bagus dgn biaya yg gak bgitu tinggi, stlh gw searching Satya, sadhar, eh malah disuruh ibu gw msk jurusan akuntan internasional, karna kata ibu gw, anaknya temen deketnya ada yg masuk sana, shg seolah seolah apa yg menjadi pilihan temen deketnya ibu gw dianggap sbg pilihan terbaik baginya, intinya dia menjadikan temennya itu sbg panutannya dia.

Bisa dibilang ibu gw, krg sukak klo gw masuk teknik, dia pengen bgt gw msk stan, menurut dia yg lulusan PTS th 90an, klo dia punya temen lulusan UGM yg skrg mlh nganggur, skrg jdi pns dgn gaji yg gak seberapa (itu fakta sih), jdi dia menganggap klo gw msk ptn sebenarnya sia sia aja, dan menurutnya masuk STAN adalah kebanggan yg besar, dan mampu menaikkan derajat keluarga, setiap gw memberi tahu dia data-data prospek kerja setiap jurusan yg gw inginin, dia bersikap acuh tak acuh, mlh gw suruh msuk akuntansi, klo gak akuntansi PTS  ya STAN.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nyenengin orang tua gimana caranya
Kamu sudah mempertimbangkan jalan yang harus kamu tempuh untuk masa depan yang cemerlang, ini langkah yang bagus.

List kamu bukan dalam bentuk excel dan agak belepotan, jadi dengan membaca sekilas g gak memorize secara jelas.

Bisa berhasil masuk STAN tentu jauh lebih baik dibanding opsi2 lain. Tapi kekhawatiran kamu cukup realistis. Apakah muka kamu chinese banget? Jika tidak (dalam artian secara umum orang yang melihat kamu tidak langsung ngeh kamu chinese / muka kamu pribumi), g sangat menyarankan kamu mencoba masuk ke STAN.

Kamu lulusan universitas mana, IPK kamu berapa, sangat menentukan masa depan kamu. Jika memang orang tua ada dana, jangan merasa gak enak untuk minta kuliah di luar negeri. Ingat, semakin besar gaji kamu nantinya, semakin banyak kamu bisa membantu ekonomi orang tua kamu, dan biaya pendidikan kamu adalah investasi yang harus dibayar oleh orang tua kamu. Pastikan kamu diskusikan dulu dengan jelas mengenai seberapa banyak dana yang sanggup dikeluarkan orang tua kamu. Dengan begitu, opsi kamu terlihat jelas.

Belajar yang benar, jangan sia-siakan uang orang tua kamu. Masa depan yang cerah sudah menunggumu.
hidup mu tanggung jawab mu

even pilihan org yg kau terpaksa tempuh pun adalah tanggung jawab mu...

salah sendiri lbh memilih pilihan terpaksa, ketimbang menyadari hati nurani/logika sendiri emoticon-Big Grin

klo buat ane, semua pilihan dan jalur hidup itu sama aja, yg penting bisa ane pertanggung jawabkan emoticon-Big Grin
langsung kimpoi brehhemoticon-2 Jempolemoticon-Cendol Gan
agan perjuangin aja semuanya dulu, jangan pilah pilih dulu, rejeki gada yg tau, jangan sampe ujung2nya malah ga lanjut sekolah atau malah kuliah di tempat yg agan ga expect sebelumnya cuma karna terlalu ribet nentuin yg blm pasti. nanti mana yg udah dapet, barulah pertimbangin mau milih yg mana.
Diubah oleh bellsnyaw
klo mw masuk teknik mending ambil yg institut.
jangan masuk univ.
Which are its or itb.
Coba kamu pilih jurusan yg kamu sukai.
Serta komit n niat keluar kampus cuma dengan wisuda.
Supaya pas ngejalanin kuliah kamu gak malas2 or mutung.
Di aq jurusan yg kamu sukai itu bagus dan sama aja.
Coba dech kamu di masa depan pingin nya jadi apa?
Dulu aq pingin nya jadi dokter, cuma karena suatu hal akhirnya jadi engineer.
Lalu bisa gak kamu achieve buat cita2 mu?
Effort nya apa?
Andai gagal nich apa plan B nya?
Itu dasar dari manajemen hidup sederhana.
Lagipula sekarang nyari kursi kampus byk opsi nya, spmb, um or pmdk.

Secara umum aja.
Stan itu aq kurang tau gimana.
Emg denger2 dapat kerja klo lulus.
Tapi ngitung duit sementara duit nya itu duit gaib or duit nya itu bukan punya mu itu hal menjengkelkan lhoo.
Beneran.
Tekim justru banyak fisika.
Matematika nya include matematika dasar lalu matematika teknik.
Matematika teknik 1 dan 2.
Ada gambar teknik.
Teknik industri, lebih banyak manajemen. Orang industri pernah cerita, dia mesti mempelajari a whole study di kampus sementara jurusan lain cuma belajar yg lebih spesifik.
kuliah masi dibayarin ortu kan? tanya mereka lah.
Pilih jurusan yang paling disenangi.. Ketimbang memilih jurusan yang dipaksakan, nyeselnya nanti pas sudah kuliah emoticon-Smilie Banyak sekali kasus mahasiswa salah jurusan.. Agan jangan jadi salah satu dari mereka ya.. Choose wisely emoticon-Kiss (S)
untuk ukuran anak sma lu termasuk cerdas

sebagai orang yang pernah lewati itu gw cuma bilang pilih semua & teruskan mana yang dapat

jika lu lulus semuanya pilihlah no 1 stan jangan takut dianggap minor

jika lu cuma lulus salah satu dari itu atau malah lulus di tempat gak inginkan ambil itu, test itu diadakan untuk kelayakan jadi ketika gagal berarti lu belum layak & jangan naif jika hal itu akan terjadi

hidup terus berjalan waktu itu gak menunggu kita setiap periode akan ada aja orang terlahir & meninggal, orang yang naik & turun, dll jadi bertindaklah dinamis dalam menjalani pilihan hidup
gue mau jawab bagian rencana lo mau masuk stan aja gan.

pertama, lo nggak bisa milih dan merencanakan mau masuk d4 atau d3 atau d1. begitu lo lolos semua seleksi, kampus yg milihin lo masuk jurusan mana.

terus masalah lo chinese, why? kok takut jadi minoritas? di stan nggak serasis itu kok. temen sekelas gue aja hampir dari seluruh pulau di indonesia ada. papua, ntt, maluku, kalimantan, jawa, bali, sumatera. dan belum pernah gue denger isu rasis atau yg masalah dengan minoritas emoticon-Hammer

masalah kerjaan. kalo lo emang nggak mau ribet dan hidup lempeng untuk awal awal (sebagai fondasi di masa depan) 100% cocok masuk stan. bener begitu kerja bukan lo yang nyari kerjaan, tapi kerjaan yg nyariin elo emoticon-Ngakak (S) auto PNS berarti ya tunjangan sampe tua aman, gaji stabil, tapi ya minusnya lo tau sendiri lah pns itu zona nyaman kadang bikin terlena terus jadi males mengembangkan diri. kalo lo masuk d4 sih oke banget udah sangat sangat aman. tapi berbeda ketika masuk d3 atau d1. untuk naik pangkat ya kudu sekolah lagi. dan kalau elo masuk KEMENKEU jalan satu satunya yg pasti adalah ikut masuk STAN lagi ngambil d3 atau d4 khusus karena sistem di KEMENKEU 'lebih sulit' buat dapet izin belajar di univ 'ecek ecek', ngerti lah ya.

dan btw, lulusan stan setelah 2015 itu bukan lagi cuma disebar di seluruh eselon 1 KEMENKEU. tapi ke seluruh kementerian pusat di Indonesia. so kalo lo punya hasrat terpendam masum stan pengen juga masuk KEMENKEU. turunin dikit ekspektasinya.

goodluck brother
emoticon-Angkat Beer

ps: tambahan dari opini gue, di STAN lo nggak bakalan ngerasain yg namanya salah jurusan, karena semua mahasiswanya rata2 mulai dari nol kayak spbu emoticon-Ngakak (S) polos semua, yg ada adalah nanti siapa duluan yg cepet nangkep setiap matkulnya. Jadi kalo lo tipe orang yg masih kagak tau jurusan apa yg bener2 lo pengen di universitas umum, masuk stan udah cocokss. karena matkul2 di stan juga khusus kok kecuali jurusan akuntansi, jurusan lainnya lo bakal ketemu sama matkul2 khusus di bidang pemerintahan. dan buat gue, itu yg bikin anak2 stan jarang ada yg ngerasa salah jurusan kaya di universitas2 umum karena ya materinya gitu, paling ntar yg bikin lo stress cuma gara2 dosen killer emoticon-Ngacir sedikit saran gue, kalo lo nggak mau pusing2 banget waktu kuliah di stan pengen kuliah yg selo biar lo bisa ikut banyak kegiatan diluar perkuliahan, masukin jurusan akuntansi sebagai prioritas terakhir lo dan masukin jurusan Manajemen Keuangan/Pajak sebagai prioritas pertama lo emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh leoril


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di