alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Single Camera Hingga Triple Camera, Tren Kamera Smartphone Dari Masa ke Masa
4.56 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf5b16902cfe0c598b4571/single-camera-hingga-triple-camera-tren-kamera-smartphone-dari-masa-ke-masa

Single Camera Hingga Triple Camera, Tren Kamera Smartphone Dari Masa ke Masa

Dulu menghasilkan selembar foto rasanya memerlukan proses yang begitu panjang. Untungnya perkembangan teknologi membuat proses ini menjadi lebih singkat dan mudah dilakukan kapan pun yang kamu mau kan Gan. Lihat saja tren beberapa waktu ke belakang. Kepopuleran smartphone sebagai alat untuk menciptakan foto tak bisa lagi dielakkan.  Apalagi banyak orang yang terlanjur nyaman untuk selalu mengambil foto dan mengunggahnya ke media sosial.

 

 Itu makanya produsen-produsen smartphone terus berusaha mengembangkan teknologi kamera yang ada pada produk-produk andalannya demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan foto seperti sekarang ini. Tapi sudah sejauh apakah tren kamera pada smartphone berubah? Coba sedikit nostalgia yuk Gan! 

 

Single Camera 

 

Single Camera Hingga Triple Camera, Tren Kamera Smartphone Dari Masa ke Masa

 

Pada awalnya ponsel lebih berfokus pada fungsinya untuk komunikasi hingga akhirnya teknologi kamera pun mulai perlahan ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan foto para pelanggan. Meski hanya menggunakan kamera tunggal, namun teknologi yang disematkan terus dikembangkan.  Dilansir dalam artikel Brilio.net,  resolusi pada kamera ponsel dengan single kamera pun terus mengalami perkembangan dari tahun 2000 hingga 2018. Mulai dari yang hanya 0,1 MP, 2 MP, 3,2 MP, 5  MP hingga 41 MP. 

 

Perkembangan teknologi kamera ponsel pun tak hanya terjadi di kamera belakang, namun perlahan juga dilakukan pada kamera depan juga. Hal ini tak lepas dari fenomena selfie yang membuat masyarakat semakin membutuhkan kamera depan yang berkualitas. 

 

Dual Camera 

 

Single Camera Hingga Triple Camera, Tren Kamera Smartphone Dari Masa ke Masa 

 

Setelah kamera tunggal  populer dan jadi fitur pasti yang disematkan di ponsel, tren pun mulai bergeser lagi ke dual camera. Penempatan dual camera di bagian belakang smartphone ditujukan untuk membantu para pengguna mendapatkan gambar yang lebih tajam dengan detail yang lebih, mengambil foto dengan mode ultra-wide angle atau membantu memotret object dengan background yang blur atau yang biasa disebut Depth of Field. Meski demikian bukan berarti smartphone dengan dual kamera lebih baik dibanding kamera tunggal karena penggunaan dual kamera memang bisa menawarkan fitur yang lebih kaya tapi hasil kualitasnya belum pasti baik. 

 


Triple Camera 

 

Single Camera Hingga Triple Camera, Tren Kamera Smartphone Dari Masa ke Masa



Setelah dual camera, beberapa waktu belakangan tren ponsel dengan tiga kamera belakang atau triple camera pun banyak diikuti oleh para vendor smartphone. Salah satu contohnya bisa dilihat pada smartphone Samsung Galaxy A7 (2018) yang baru hari ini diluncurkan di Kuala Lumpur. Samsung Galaxy A7 yang memiliki tiga kamera belakang ini sendiri akan segera merapat ke Indonesia loh Gan.  

 

Masing  masing kamera punya sensor yang berbeda. Kamera pertamanya memiliki sensor 8 MP dengan lensa ultra Wide hingga 120 derajat sehingga pengguna bisa mengambil foto dengan bentang seluas sudut pandang mata manusia. Jadi kalau dipakai untuk mengambil foto saat konser musik, megahnya panggung dan suasana di sekitarnya, atau pemandangan yang luas akan tetap bisa diabadikan tanpa takut terpotong Gan. Sementara kamera kedua dan ketiganya masing-masing punya sensor 24 MP dan 5 MP dengan fungsi berbeda. Kamera kedua (utama) lebih fokus mengatasi masalah pencahayaan dan kamera ketiga memakai lensa Depth untuk foto bokeh. Pada kondisi minim cahaya kamera kedua mampu menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel untuk saluran cahaya yang maksimal.Lalu pada kamera belakang terdapat fitur Scene Optimizer yang membantu pengambilan gambar saat goyangan dan mampu mengkategorikan subyek foto serta mengatur warna dan kontras agar hasil foto lebih optimal seketika.

 


Single Camera Hingga Triple Camera, Tren Kamera Smartphone Dari Masa ke Masa  

Nggak cuma itu, Galaxy A7  juga dibekali dengan kamera depan beresolusi 24 MP yang bakal memanjakan para pengguna yang gemar selfie lengkap dengan beragam fitur pendukung. Di antaranya ada Selfie Focus untuk mendapatkan efek bokeh saat selfie, Mode Pro Lighting yang memberikan kebebasan untuk mengatur cahaya saat selfie. 



Tak hanya kualitas kamera yang mumpuni, Samsung Galaxy A7 (2018) juga dilengkapi dengan teknologi audio dari Dolby Atmos yang memberikan pengalaman hiburan dengan audio berkualitas. Dapur pacunya sendiri sudah dibekali dengan chipset octa-core 2.2 GHz yang masih belum diumumkan namanya karena disebut-sebut akan berbeda di setiap negara. Untuk mendukung performa lainnya, A7 juga dibekali baterai berkapasitas 3300mAh, OS Android 8.0 Oreo serta fitur lain seperti Bixby, dan Samsung Health. 


 

Untuk yang penasaran melihat dan merasakan langsung triple camera dari Samsung Galaxy A7  harap bersabar ya Gan. Kalian bisa melakukan Pre-Order dan mendapatkan penawaran spesial dari tanggal 12 - 19 Oktober 2018 di www.GalaxyASeries.com. Harga normalnya Rp. 4.499.000 tapi khusus di pre-order besok ada cashback Rp. 500.000! 

Kalau mau intip-intip dan baca  spesifikasi dan keunggulan dari Samsung Galaxy A7 (2018) ini dulu juga boleh loh. 

emoticon-Hai

 

Jadi, gimana pendapatmu nih Gan melihat perkembangan teknologi kamera smartphone dari single camera hingga triple camera seperti yang dimiliki Samsung Galaxy A7  ini? Boleh loh tinggalin komentarmu dengan post reply di thread ini. 











Diubah oleh: drumss
Halaman 1 dari 11
semakin canggih ya gan
bodo amat lah
Pixel 3 single cam
masih belum ada yg mampu nandingin pixel emoticon-Leh Uga
lama kelamaaan hape jd penuh kamera emoticon-Ngakak
bukan kaskus lagi nihh
tapi kassor aka kasak sponsor
abis realme pindah ke a7 besok apa??
lah barusan baca berita,
ada yg launching kamera blkng sampe 4 biji
masih setia ama 1 camera iphone 7

ada yang mau lawan?
Herannya kalau brand premium gk perlu pasang iklan jebakan betmen kek gini ya (Sony, Apple, HTC)
Nanti trend masa depan tuh Kamera ber Smartphone
tinggal bikin yg gangbang camera ya bree..

emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Bodo amat gue make a310 masih aja ada yg bilang tjakeup.
gw beli hp gk pernah lihat spek kamera emoticon-Big Grin
bodo banget bagi ane
Pixel 2 yg satu kamera aja mantep bener hasilnya. Yg banyak kamera kayaknya sering gimmick deh. Keliatan bagus klo diliat di layar hapenya. Pas udh dibawa ke kompu rusak gambarnya
trit ky gni ga di filter ya emoticon-Kaskus Banget


Quote:

Justru langsung auto HT.

Kaskus edan, oppo, real me , Samsung sikat semua emoticon-Cape deeehh emoticon-Kaskus Banget
Diubah oleh mr.kevin95
Quote:


keren ya gan emoticon-Wow
Gembok ya akhi
pengguna SONY dan HTC tak akan sereceh itu oom/tante, SAMSUNG itu doyan bikin handphone, dan per-tahun itu buaanyak.. series-nya, ini baru ngeluarin A7 jelang tiga sampai enam bulan, keluar lagi A7+ (biasa.. dikasih embel-embel simbol biar tambah ... ya gitulah) wkwkwk...
Diubah oleh xoxxxv
Nunggu yg 5 camera
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di