alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Sigaret Kretek "DJI SAM SOE" dan fungsi nya yang terlupakan. :D
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf5896902cfece028b4569/sigaret-kretek-quotdji-sam-soequot-dan-fungsi-nya-yang-terlupakan-d

Sigaret Kretek "DJI SAM SOE" dan fungsi nya yang terlupakan. :D

Sigaret Kretek "DJI SAM SOE" dan fungsi nya yang terlupakan. :D

Bismillah.
Apa kabar agan agan, semoga dalam lindungan dan rahmat Allah pencipta semesta alam.
Saya ingin berbagi kisah mengenai Sigaret Kretek yang laku terjual di berbagai negara. Yang merupakan produksi asli Indonesia.
PT Hanjaya Mandala Dji Sam Soe Tbk atau yang sering kita dengar yaitu h PT HM Sampoerna Tbk (Di baca dengan ejaan yang jelas > Sam Po Er Na)

Dji Samanus Soe adalah sebuah produk kerajinan tangan dari putera Indonesia kelahiran Fujian, Tiongkok bernama Liem Seeng Tee yang ditemukan pada tahun 1913 di Surabaia  (Dibaca dengan ejaan jelas > Sura Ba I A) Rokok ini dibuat di 3 pabrik di Surabaia dan 1 pabrik di Malang (yang juga pabrik Bentoel). Dji Sam Soe mempertahankan kemasannya selama hampir 1 abad.

Pendiri dari perusahaan tersebut sering kita dengar sebagai bapak pembangunan, yang juga merupakan bagian dari Putra Pramuka Indonesia. Beliau menemukan ide untuk membantu anak - anak pramuka di dalam kegiatan mereka menjelajahi alam dan juga untuk membantu masyarakat.

Pada mula nya DJI SAM SOE dibuat untuk pangsa pasar luar negeri. Pada tahun 1915 masyarakat Indonesia masih jauh dari penerangan. Yang menggunakan api untuk keperluan masak dan penerangan. Di Malang banyak terdapat pohon dengan warna daun yang sangat hijau di malam hari, apabila terkena cahaya juga berbau harum. Pada mulanya masyarakat menggunakan daun tersebut dengan di remas dan di balurkan ke kulit untuk mengurangi gigitan serangga.

Pada tahun 1935, daun daun tersebut mulai di tanam secara jamak (dalam jumlah banyak) dan di sebarkan ke masyarakat sekitar. Proses tanam jamak ini kemudia di ikuti oleh masyarakat hingga menyebar ke seluruh pulau pulau di Indonesia.

Pada tahun 1950, di Amerika Serikat berdirilah sebuah tempat produksi film yang bernama Hollandwood. Yang digunakan sebagai tempat untuk mencuci dan memproses film dari semua warta selama perang dunia ke 2. Tempat tersebut berubah fungsi sebagai produksi gambar bergerak pada tahun 1979, dan berubah nama menjadi Bohiemwood.

Berbagai jenis kategori gambar bergerak mulai di pasarkan ke berbagai negara. Pada tahun 1983 Kategori film Cowboy dan suku Asli Amerika, yang bersama sama membasmi kriminalitas sangat booming di pasaran. Akan tetapi film tersebut mengalami kendala dalam pembuatan api unggun ketika rekam adegan malam hari di hutan.

Indonesia kemudian menemukan fungsi lain dari daun yang diberi nama sembilu yang sekarang disebut tembakau. Dengan cara di keringkan dan di cacah hingga kecil dan di bungkus seperti lingkaran (di linting) kemudian di kemas dalam wadah besi karena akan di expor ke Amerika. Fungsi dari DJI SAM SOE tersebut adalah berguna sebagai bahan untuk membuat api unggun, dengan cara:
1. Buka bungkus kertas.
2. Remas - remas kertas tersebut menjadi bentuk bulat kecil.
3. Letakkan di cekungan kayu, dan taburkan daun sembilu kering tersebut.
4. Cari ranting kayu, kemudian tekan ke cekungan yang sudah terisi.
5. Pilin lah ranting kayu tersebut, sehingga cekungan tersebut berasap.
6. Jika sudah berasap, tiup sedikit demi sedikit hingga api menyala.
7. Jika sudah berasap berikan daun dan ranting atau rumput, hingga menjadi api unggun.
8. Sebagian dari remah remah daun di usap kan ke tangan untuk mengurangi gigitan serangga.
9. Dan sebagian lagi di taburi di sekitar kemah, untuk mengusir dari ular dan tikus.

Karena fungsi nya yang begitu banyak, maka Dji Sam Soe di pasarkan di dalam negeri, untuk keperluan Hiking / Camping
bagi anak - anak pramuka. Akan tetapi dilarang untuk di hisap, karena merugikan kesehatan. Begitulah manfaat asli, dari
Sigaret Kretek yang berarti

                                                                              "Di Tiup Boleh, Di hisap jangan"

Demikianlah cerita singkat dari saya.
Kebenaran dan kebaikan datang nya hanya dari Allah pencipta semesta Alam

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di